BIOLOGI ONLINE

blog pendidikan biologi

Pengukuran kepuasan pernikahan

Dari hasil membaca literatur tentang penelitian-penelitian mengenai kepuasan pernikahan, peneliti memperoleh bebrapa instrument untuk mengukur kepuasan pernikahan, diantaranya yaitu:
1. Dynamic Adjusment Scale (DAS) yang dibuat oleh Spainer (1976)
2. Marital Comparison Level Inventory
3. ENRICH/PREPARE (Fowers & Olson, dalam Olson & Larsen 1989).

Adapun penjelasan mengenai instrument-instrument tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, Dyadic Adjusment Scale (DAS) yang dibuat oleh Spainer (1976). DAS tersiri dari 32 item dengan nilai koefisien alfa cronbach .96. Item item dalam alat ukur ini sesuai dengan empat komponen kepuasan pernikahan yaitu, consensus, cohesion , satisfaction , dan affectional expression.

Kedua, Marital Comparison Level Inventory yang terdiri dari 32 item dan digunakan untuk menilai persepsi suami istri mengenai kualitas hubungan pernikahan mereka. Instrumen ini digunakan memberikan ukuran antara pengalaman dan harapan dari pernikahan.

Dan yang terakhir adalah ENRICH marital inventory(Fowers & Olson, 1986 dalam Olson & Larsen 1989), yang terdiri dari 125 item untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan hubungan dalam 11 area yaitu:
harapan, kepribadian, komunikasi, resolusi konflik, finansial, aktivitas bersama, hubungan seksual, anak, keluarga dan teman, pola equalitarian, dan orientasi religius.

Dari beberapa alat ukur yang dipaparkan di atas, peneliti akan menggunakan Dyadic Adjusment Scale (DAS) yang dibuat oleh Spainer (1976) dalam penelitian ini. Hal ini dikarenakan DAS sesuai dengan teori yang peneliti gunakan pada penelitian ini. Selain itu, instrument ini sudah banyak digunakan dan teruji secara baik pada penelitian-penelitian terdahulu.

03/04/2015 - Posted by | CONTOH LKTM | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar