BIOLOGI ONLINE

blog pendidikan biologi

Instrumen Penilaian Hasil Belajar

Belajar Iklan Di Facebook 468x60

A. Instrumen Penilaian Hasil Belajar
a. Penilaian Sikap

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN OBSERVASI

Satuan Pendidikan : SMA Negeri 7 Bandung
Mata Pelajaran : Fisika (Peminatan)
Kelas/Semester : X-MIA/2
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan : Pada saat Pelaksanaan pembelajaran.
Kompetensi Dasar : 2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi.

Indikator : 1. Tanggung jawab 4. Obyektif
2. Memiliki rasa ingin tahu 5. Teliti
3. Jujur 6. Cermat
Rubrik:
Indikator sikap tanggung jawab dalam pembelajaran (dasa darma pramuka nomor 9 ) :
1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap memiliki rasa ingin tahu dalam kegiatan kelompok.( dasa darma pramuka no.6)
1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk memiliki sikap rasa ingin tahu dalam kegiatan kelompok.
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk memiliki sikap rasa ingin tahu dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk memiliki sikap rasa ingin tahu dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha untuk memiliki sikap rasa ingin tahu dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap jujur terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. (sku no.1 dan dasa darma pramuka no.1 dan no.9)
1. Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap jujur terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bersikap jujur terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap jujur terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap jujur terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap obyektif terhadap proses pembelajara. (dasa darma pramuka no.9 dan sku no.14)
1. Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap obyektif selama proses pembelajaran.
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bersikap obyektif selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap obyektif selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap obyektif selama proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap teliti terhadap proses pembelajaran. (dasa darma pramuka no.8 dan sku no. 2 dan no. 3 )
1. Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap teliti selama proses pembelajaran.
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bersikap teliti selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap teliti selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan ada usaha untuk bersikap teliti selama proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap cermat dalam menyampaikan gagasan/ide/pendapat. (dasa darma pramuka no.7 dan sku no. 2, 3, 7 dan 14 )
1. Kurang baik jika sama sekali tidak cermat dalam mengemukakan pendapatnya saat diskusi (diam saja)
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit sikap cermat dalam mengemukakan pendapatnya tetapi masih belum ajeg/konsisten (hanya menyampaikan lewat kawannya supaya gagasannya tersampaikan)
3. Baik jika menunjukkan sudah ada sikap cermat dalam mengemukakan pendapatnya tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan sudah cermat dalam mengemukakan pendapatnyasecara terus menerus dan ajeg/konsisten.(mampu mengemukakan pendapatnya)

 

LEMBAR PENILAIAN SIKAP

PENILAIAN DIRI

 

Satuan Pendidikan   :  SMANegeri 7 Bandung

Mata Pelajaran         : Fisika (Peminatan)

Kelas/Semester        :  X-MIA/2

Tahun Pelajaran       :  2013/2014

Kompetensi Dasar    : 2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin

tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;

bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif

dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari

sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan

percobaan dan berdiskusi.

Indikator:

  1. Memiliki motivasi internal selama proses pembelajaran (dasa darma pramuka no. 1, 2, 3 dan 6)
  2. Menunjukan tanggungjawab dalam menyelesaikan tugas kelompok (dasa darma prmuka no. 9)
  3. Menunjukkan sikap jujur dalam menerapkan aturan (dasa darma pramuka no.1 dan no.  9 serta sku no.1)
  4. Menunjukkan sikap teliti dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok. (dasa darma pramuka no. 7 dan 8 serta sku no. 2 dan no.3)
  5. Menunjukkan  sikap kritis dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi. (sku no. 2, 3 , 7 dan 14)
  6. Menunjukkan sikap obyektif terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah. ( dasa darma 3, 4, 6, 7 dan 8 )

 

PENILAIAN DIRI
Nama                : …………………………….……………
Kelompok         : …………………………………………,
Untuk pertanyaan 1 sampai dengan 6, tulis masing-masing huruf sesuai dengan pendapatmu!
 
  • A = Selalu
 
  • B = Sering
 
  • C = Jarang
 
  • D = Tidak pernah
1   saya memiliki motivasi dalam diri saya sendiri selama proses pembelajaran
2 Saya bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas kelompok
3   Saya menunjukkan jujur dalam menerapkan aturan
 

4

Saya menunjukkan sikap teliti dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
 

5

6

  Saya menunjukkan sikap kritis dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi

Menunjukkan sikap obyektif terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah

Selama kegiatan pembelajaran, tugas apa yang kamu lakukan?
 

 

Pedoman Penskoran:

 
Skor 4, jika A = Selalu            Skor 2, jika C = Jarang  
Skor 3, jika B = Sering            Skor 1, jika D = Tidak pernah  

Skor Perolehan  =

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN SIKAP

PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK

 

Satuan Pendidikan  : SMANegeri 7 Bandung

Mata Pelajaran        : Fisika (Peminatan)

Kelas/Semester       : X-MIA/2

Kompetensi Dasar: 2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin

tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;

bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif

dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari

sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan

percobaan dan berdiskusi.

Indikator:

  1. Tidak mencontek (jujur) hasil kerja teman ketika mengerjakan tugas individu materi elastisitas bahan dan gaya pegas. (dasa darma pramuka no.1 dan no.  9 serta sku no.1)
  2. Teliti dalam menyelesaikan masalah terkait materi elatisitas bahan dan gaya pegas. (dasa darma pramuka no. 7 dan 8 serta sku no. 2 dan no.3)
  3. Menunjukkan sikap kritis dalam diskusi kelompok maupun klasikal. (sku no. 2, 3 , 7 dan 14)
  4. Menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok terkait materi elastisitas bahan dan gaya pegas. (dasa darma pramuka no. 7)
  5. Menunjukan sikap beratngungjawab dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok terkait materi elastisitas bahan dan gaya pegas. (dasa darma pramuka no.9)

Instrumen :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN SIKAP

PENILAIAN JURNAL

 

Satuan Pendidikan    : SMANegeri7 Bandung

Mata Pelajaran           : Fisika (Peminatan)

Kelas/Semester         : X-MIA/2

 

Kompetensi Dasar   : 2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin

tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;

bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif

dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari

sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan

percobaan dan berdiskusi.

 

Indikator:

  1. Menunjukkan sikap tanggungjawab dengan orang lain(dasa darma pramuka no.9)
  2. Menunjukkan sikap jujur (dasa darma pramuka no.1, 9, 10 dan sku no.1)
  3. Menunjukkan sikap terbuka dalam perbedaan (dasa darma pramuka no.4 serta sku no.3 dan 4)

 

Jangka Waktu Pengamatan :

 

Format Jurnal

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes Tulis (Bentuk Uraian)

Satuan Pendidikan    :   SMANegeri 7 Bandung

Mata Pelajaran           :   Fisika (Peminatan)

Kelas/Semester         :   X-MIA/2

Kompetensi dasar       :

3.6   Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari

Indikator                   :

3.6.1    Menjelaskan karakteristik benda elastis dan tidak elastis

3.6.2   Menentukan tegangan, regangan, dan modulus elastisitas

 

Soal

 

 

 

 

 

No Kunci Jawaban Skor
 

 

 

 

 

 

Elastisitas adalah sifat benda yang cenderung mengembalikan keadaan ke bentuk semula setelah mengalami perubahan bentuk karena pengaruh gaya (tekanan atau tarikan) dari luar. Benda-benda yang memiliki elastisitas atau bersifat elastis, seperti karet gelang, pegas, dan pelat logam disebut benda elastis.

 

Adapun benda-benda yang tidak memiliki elastisitas(tidak kembali ke bentuk awalnya) disebut benda plastis.

Contoh benda plastis adalah tanah liat dan plastisin (lilin mainan).

Ketika diberi gaya, suatu benda akan mengalami deformasi, yaitu perubahan ukuran atau bentuk. Karena mendapat gaya, molekul-molekul benda akan bereaksi dan memberikan gaya untuk menghambat deformasi. Gaya yang diberikan kepada benda dinamakan gaya luar, sedangkan gaya reaksi oleh molekul-molekul dinamakan gaya dalam. Ketika gaya luar dihilangkan, gaya dalam cenderung untuk mengembalikan bentuk dan ukuran benda ke keadaan semula.

  25

 

 

 

 

 

25

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   2.  

10

 

 

10

 

10

 

20

   
Skor maksimum 100

 

 

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN

TES LISAN

 

Satuan Pendidikan    : SMANegeri7 Bandung

Mata Pelajaran          :  Fisika (Peminatan)

Kelas/Semester        : X-MIA/2

 

A. Kompetensi Dasar :

3

3.6 Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari.

 

B. Indikator :

3.6.3   Menentukan konstanta pegas melalui percobaan Hukum Hooke.

3.6.4  Menyimpulkan hasil percobaan Hukum Hooke.

3

3.3

C. Rubrik Penilaian Tes Lisan

 

DAFTAR ALTERNATIF PERTANYAAN :

 

KRITERIA YANG DINILAI/

ALTERNATIF PERTANYAAN

SKOR MAKSIMAL
 

 

A

  • Menentukan konstanta pegas melalui percobaan hukum Hooke
  • Menghitung konstanta pegas bila pegas dirangkai seri dan paralel

5

5

 

 

 

 

B

  • Menyimpulkan hasil percobaan hukum Hooke
  • Menyimpulkan bunyi hukum Hooke
 

5

10

 

 

SKOR MAKSIMAL 25

 

 

PEDOMAN PENSKORAN

 

KRITERIA YANG DINILAI/

ALTERNATIF PERTANYAAN

SKOR MAKSIMAL
Siswa dapat  menyimpulkan  dengan benar dan lengkap bunyi hukum Hooke yang berkaitan dengan  hasil percobaan. 4
Siswa dapat  menyimpulkan dengan benar  bunyi hukum Hooke yang berkaitan dengan hasil percobaan, tapi kurang lengkap. 3
Siswa dapat menyimpulkan dengan benar  bunyi hukum Hooke yang berkaitan dengan hasil percobaan, tapi salah sebagian besar. 2
Siswa tidak dapat menyimpulkan dengan benar bunyi hukum Hooke yang berkaitan dengan hasil percobaan 1

 

 

 

 

 

 

 

Format Penilaian dengan Tes Lisan

 

NO Nama Siswa Bahan Elastis Gaya Pegas Skor Total Nilai
P1 P2 P3 P1 P2 P3
1 Ani                
2 Adi                
3                

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

PENILAIAN PROJEK

 

 

Satuan Pendidikan         : SMANegeri7 Bandung

Mata Pelajaran               : Fisika (Peminatan)

Kelas/Semester             : X-MIA/2

Kompetensi dasar            :

4.6   Mengolah dan menganalisis hasil percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan

Indikato:

1.6.1    Melakukan percobaan Hukum Hooke

1.6.2    Mengolah dan menyajikan data percobaan hukum Hooke

1.6.3    Menyajikan hasil percobaan hukum Hooke

 

Materi     :Percobaan hukum Hooke

 

Tugas

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian

 

Kriteria Kelompok
4 3 2 1
1 Kesesuaian dengan percobaan hukum Hooke        
2 Ketepatan memilih bahan elasstisitas (pegas)        
3 Kreativitas        
4 Ketepatan waktu pengumpulan tugas        
5 Kerapihan hasil        
Jumlahskor  

         

Keterangan:4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1 = kurang baik

Nilai Perolehan =x 100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

PENILAIAN PORTOFOLIO

 

SatuanPendidikan    :  SMANegeri7 Bandung

Mata Pelajaran         :  Fisika  (Peminatan)

Kelas/Semester       :  X-MIA/2

 

Kompetensi dasar :

4.6   Mengolah dan menganalisis hasil percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan

 

Indikator          :

1.6.4    Melakukan percobaan susunan seri dan paralel pegas

1.6.5    Mengolah dan menyajikan data percobaansusunan seri dan paralel pegas

1.6.6    Menyajikan hasil percobaansusunan seri dan paralel pegas

 

 

Jenis Portofolio         :   

Individual dengan input dan bantuan kelompok kooperatif (terdiri dari 3 orang)

 

 

Tujuan Portofolio      :   

Memantau perkembangan kemampuan, keterampilan, dan komunikasi

 

Tugas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian

Nama siswa:  …………………………………………………

Kelas           : ………………………………………………….

 

No Kategori Skor Alasan
1 1. Apakahportofoliolengkap dan sesuaidenganrencana?    
2 2. Apakahlembarisian yang dibuatsesuai?    
3 3. Apakahterdapaturaiantentangprosedurpengukuran/pengamatan yang dilakukan?    
4 Apakahisianhasilpengukuran/pengamatandilakukan secara benar?    
Apakah data dan fakta yang disajikanakurat?    
Apakahinterpretasi dan kesimpulan yang dibuat logis?    
Apakahtulisan disajikan secara menarik?    
Apakahbahasa yang digunakanuntukmenginterpretasikanlugas, sederhana, runtut dan sesuaidengankaidah EYD?    
Jumlah    

 

Kriteria:

5 = sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang,  dan 1 = sangatkurang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran

  1. Lembar Observasi dan kinerja presentasi

 

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI

DAN KINERJA PRESENTASI

 

Mata Pelajaran: Fisika

Kelas/Program  :  X/MIA

Kompetensi       : KD 3.6 dan 4.6

Kelas                :  …………………..

 

No Nama Peserta didik Observasi Kinerja Presentasi Jml

Skor

NilaI
Akt tgjwb Kerjsm Prnsrt Visual Isi
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
Abdul Syukur 4 4 3 4 3 3 21  
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                   

 

Keterangan pengisian skor

  1. Sangat tinggi
  2. Tinggi
  3. Cukup tinggi
  4. Kurang
    1. Pretes/postes

Pretes/Postes Pertama

  1. Berilah tanda ceklist pada kolom Benar atau Salah
No Pernyataan Benar Salah
Dalam keadaan apa pun benda elastis pasti kembali ke bentuk semula    
Karet selalu bersifat elastis    
Batang kayu selalu bersifat plastis    
Satuan stress identik dengan Pascal    
Kekuatan pegas dinyatakan dengan konstanta pegas    
Menurut Hooke makin besar gaya pegas, makin besar pertambahan panjangnya    

 

  1. Jawablah petanyaan berikut ini

 

  1. Sebuah pegas mula-mula panjangnya 20,0 cm, ditarik dengan gaya 2,1 N panjangnya menjadi 23,0 cm. Berapa besar konstanta pegas? Berapa besar gaya pegas saat panjang pegas yang ditarik menjadi 25,0 cm?

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Contoh Tes Uraian

 

  1. A sign (m = 200 kg) hangs from the end of vertical steel girder with cross-sectional area of 0.5 cm2 and 50 cm of length. The additional of length is 2.5 cm in this situation
    1. What is the strain and stress on the girder?
    2. Calculate the modulus Young!

 

  1. Perhatikan data percobaan berikut

Perhatikan data percobaan tentang pegas yang diberi beban (g = 10 m.s-2).

Exp Mass (gram) Panjang pegas (cm)
1) 50 32.0
2) 100 34.5
3) 250 42.0
4) x 45.0
  1. Berapa konstanta pegas (k)!
  2. Perkirakan nila x pada percobaan ke 4!

 

  1. Sebuah pegas mula-mula panjangnya 27,0 cm. Ketika diberi beban 100 gram panjang pegas menjadi 29,5 cm. Berapa panjang pegas jika masa beban yang digantungkan 170 gram?

 

 

 

  1. Lembar Kerja Praktik

Timbang seluruh massa beban gantung kombinasi berikut dengan pengaitnya (Mo)

  1. Susun alat seperti gambar
  2. Baca skala yang ditunjukan mistar pada bagian bawah beban pada posisi awal (Lo)
  3. Ambil satu beban dan catat massanya (m), kemudian baca skala pada mistar (L)
  4. Lakukan percobaan dengan terus menerus mengambil masa beban. Lakukan pengukuran dengan cermat dan teliti. Kemudian masukan data percobaan ke dalam tabel berikut ini

Data Percobaan

Mo = …………….. kilogram

Lo = ……………..meter

 

Perc Ke Total masa yang diambil

(m)

Bacaan Mistar

(L)

0  
0,02  
   
   
   

 

  1. Buatlah grafik dengan m sebagai sumbu x dan L sebagai sumbu y
  2. Jawablah pertanyaan berikut ini
    1. Tuliskan persamaan grafik yang terbentuk
    2. Hitung gradiennya
    3. Amati data percobaan, kemudian hitung besar konstanta pegas (k)
    4. Tentukan titik potong sumbu X (Xo) dan titik potong sumbu Y (Yo)
    5. Jika sebuah tetapan Q = grad x k, hitunglah nilai tetapan Q!

Catatan:

Kontrol ketelitian dan kejujuran data adalah: grafik berbentuk turun, gradien negatif dan nilai Q mendekati nilai percepatan gravitasi.

  1. Buatlah laporan praktik dengan struktur seperti berikut. Gunakan laptop/komputer atau kalkulator (scientific calculator) untuk mendapatkan grafik dan persamaan garis yang akurat. Kirim laporan melalui email : sakimmpd@yahoo.com

Struktur laporan adalah sebagai berikut

  1. Judul
  2. Tujuan
  3. Landasan teori
  4. Alat dan bahan (sertakan dengan gambar atau foto)
  5. Langkah kerja
  6. Data percobaan
  7. Jawaban pertanyaan
  8. Kesimpulan
  9. Referensi

FORMAT PENILAIAN LAPORAN PRAKTIKUM

(PORTOFOLIO)

 

Mata Pelajaran      : Fisika

Kelas/Peminatan   : X/MIA-1

Materi Pokok                   : Elastisitas dan Gaya Pegas

 

No Nama Peserta didik Aspek Penilaian Skor rata-rata Nilai
Visual Ketelitian Kejujuran Penyajian Data Bentuk Regresi Jawaban Pertanyaan
Abdul Syukur 3 4 4 3 3 3 3,33 83
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 

 

 

 

 

IKLAN

CV ZAIF ILMIAH (BIRO JASA PEMBUATAN PTK, KARYA ILMIAH, PPT PEMBELAJARAN, RPP, SILABUS, DLL))

Ingin membuat PTK tapi merasa sulit???? Ingin membuat Karya Ilmiah tetapi kesusahan??? Ingin membuat presentasi powerpoint untu pembelajaran merasa sulit dan gaptek????? Ingin membuat RPP dan silabus serta perangkat pembelajaran tetapi susah????? Kini tidak usah bingung lagi ada Pak Zaif yang siap membantu berbagai kesulitan dan kesusahan yang anda hadapi di bidang pendidikan di CV Zaif Ilmiah semua masalah anda di bidang pendidikan akan dibantu, ingin membuat PTK saya bantu, membuat Karya Ilmiah saya bantu, membuat berbagai perangkat pembelajaran saya bantu untuk info lebih lanjut hubungi Contact Person 081938633462 INSYA ALLAH semua kesulitan dan kesusahan anda akan ada solusinya jangan lupa hubungi Pak Zaif di nomer 081938633462 ATAU lewat E-mail di zaifbio@gmail.com. DIJAMIN PTK ATAU KARYA ILMIAHNYA BARU LANGSUNG DIBIKINKAN BUKAN STOK LAMA ATAU COPY PASTE SEHINGGA DIJAMIN ORIGINALITASNYA TERIMA KASIH DAN SALAM GURU SUKSES PAK ZAIF

IKLAN

Ingin kaos bertema BELAJAR, PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN?, bosan dengan kaos yang ada?, ingin mengedukasi keluarga atau murid dengan pembelajaran. HANYA KAMI SATU-SATUNYA DI INDONESIA PERTAMA KALI KAOS BERTEMA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN COCOK DIPAKAI UNTUK SEMUA KALANGAN DAN MEMBERI KESAN EDUKASI DAN PEMBELAJARAN DALAM SETIAP PEMAKAIAANYA

like juga FP kami di https://www.facebook.com/Kaospembelajaran?ref=hl untuk melihat berbagai kolkesi kaos belajar kami

Fast Respon CP : 081938633462 dan 082331864747 WA: 081615875217

KAOS BELAJAR

07/10/2014 - Posted by | Belajar Dan Pembelajaran

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: