BIOLOGI ONLINE

blog pendidikan biologi

Metode Group To Group Exchange

2.2 Metode Group To Group Exchange

Strategi  group to group exchange merupakan pemberian tugas yang berbeda kepada kelompok siswa yang berbeda. Masing-masing kelompok mengajarkan apa yang dipelajari untuk sisa kelas (Silberman, 2006) Adapun  langkah-langkah strategi Group to group exchange sebagai berikut :

a.  Memilih sebuah topik yang mencakup perbedaan ide, kejadian posisi, konsep,pendekatan untuk ditugaskan. Topik haruslah  sesuatu yang mengembangkan sebuah pertukaran.

b.  Membagi kelas kedalam kelompok sesuai jumlah tugas.

c.  Masing-masing kelompok mempersiapkan untuk mengujikan topik yang mereka kerjakan.

d.  Kelompok memilih presenter untuk menyampaikan kepada kelompok lain.

e.  Setelah presentasi singkat, siswa dari kelompok lain diberi kesempatan untuk bertanya atau tawarkan pandangan mereka sendiri

f.  Melanjutkan sisa presentasi agar setiap kelompok memberikan informasi dan merespon pertanyaan juga komentar peserta

Menurut Sagala (2006), kelebihan dan kekurangan kerja kelompok yaitu

sebagai berikut :

a.  Kebihannya adalah : 1) membiasakan siswa bekerja sama menurut paham demokrasi, memberikan kesempatan pada mereka untuk mengembangkan sikap musyawarah dan tanggung jawab, 2) menimbulkan rasa kompetitif yang sehat, 3) guru tidak perlu mengawasi masing-masing murid cukup memperhatikan kelompok, 4) melatih ketua untuk melaksanakan tugas kewajiban sebagai siswa yang patuh peraturan.

b.  Kelemahannya adalah : 1) sulit menyusun kelompok yang homogen, terkadang siswa merasa tidak enak dengan anggota kelompok yang dipilih oleh guru, 2) dalam kerja kelompok terkadang pemimpin kelompok sulit menjelaskan dan mengadakan pembagian kerja, anggota kelompok kadang-kadang tidak mematuhi tugas yang diberikan oleh pemimpin kelompok dan dalam belajar kelompok sering tidak terkendali sehingga menyimpang dari rencana yang telah ditentukan.

Strategi  group to group exchange merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif yang memanfaatkan kelompok belajar untuk memaksimalkan belajar. Kelompok dibuat heterogen untuk menghindari penguasaan pada proses pembelajaran oleh salah satu kelompok. Masing-masing kelompok mendapatkan topik yang berbeda. Strategi group to group exchange merupakan gabungan dari metode diskusi, Tanya jawab dan mengajarkan teman sebaya. Penerapan dari strategi ini mempunyai kelebihan yaitu membiasakan siswa untuk bekerja sama, bermusyawarah, bertanggung jawab, menghormati pandangan atau tanggapan siswa lain, menumbuhkan sikap ketergantungan positif dan memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan potensinya. Adapun kekurangannya yaitu sulit menyusun kelompok yang heterogen dan menjadikan siswa kurang mandiri.

Kelemahan-kelemahan yang melekat dan yang akan ditemui dalam metode ini, bukannya berarti untuk melemahkan penggunaannya melainkan agfar dapat diambil langkah buat mengatasinya. Langkah-langkah untuk mengatasinya menurut Mansyur (1996) antara lain adalah 1) guru haruslah berusaha memperoleh pengetahuan yang luas dalam hal cara menyusun kelompok, baik melalui buku atau dengan bertanya kepada mereka yang telah berpengalaman; 2) kumpulan data tentang siswa untuk menunjang tugas-tugas guru; 3) adakan tes sosiometri dan buatlah sosiogram dari kelas bersangkutan untuk mengetahui klik atau ada murid yang terisolasi; 4) Bimbingan terhadap kelompok harus dilakukan terus menerus; 5) arahkan  agar jumlah kelompok itu tak terlalu besar dan anggotanya dalam waktu tertentu berganti-ganti dan 6) dalam memberikan motivasi haruslah menuju kepada kompetensi yang sehat.

Iklan

12/02/2011 - Posted by | PTK

4 Komentar »

  1. apakah ada buku referensi tentang group to group exchange selain mel silbermen??

    Komentar oleh marco | 12/16/2011

  2. Setelah yakin bahwa siswa sudah berada pada tahap 0, guru mulai membimbing dan mengarahkan siswa untuk memberikan nama pada setiap kelompok.

    Komentar oleh Emily Dunarausi | 12/20/2011

  3. referensinya dari buku apa ya,,?

    Komentar oleh dwi wj | 04/12/2012

  4. Tlong share dong, buku referensinya apa?
    Makasih..

    Komentar oleh tina geremiswati | 01/17/2015


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: