BIOLOGI ONLINE

blog pendidikan biologi

MEMBANGUN JIWA MANDIRI MAHASISWA MELALUI USAHA TUKAR TAMBAH DAN REPARASI PERANGKAT KOMPUTER DI LINGKUNAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

1. JUDUL PROGRAM

Membangun Jiwa Mandiri Mahasiswa Melalui Usaha Tukar Tambah dan Reparasi Peralatan Komputer Bekas di Lingkungan Universitas Muhammdiyah Malang

2. LATAR BELAKANG MASALAH
Kemampuan dan kemauan untuk membuka usaha bukan hanya didominasi kalangan swasta, mahasiswa seharusnya memiliki etos kerja selayaknya seorang pengusaaha atau wiraswasta. Memasuki era pasar bebas, mahasiswa dituntut untuk lebih kompetitif dan menguasai berbagai macam teknologi. Harapan dengan penguasaan teknologi tersebut mahasiswa mampu mengembangkan potensi diri dan mengaplikasikannya didalam dunia usaha. Dewasa ini, mahasiswa harusnya lebih kreatif dalam berpikir, dalam artian bukanlah zamannya lagi mahasiswa datang dikampus hanya untuk kuliah, menyerahkan tugas lalu pulang makan dan tidur. Harusnya diluar perkuliahan mahasiswa mencari aktivitas pendukung yang bermanfaat, baik dari segi materi ataupun imateri. Apabila aktifitas tersebut adalah kegiatan yang digemari. Selain hobi mahasiswa dapat tersalurkan, bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan tentunya wawasan pasti bertambah. Salah satu hobi tersebut adalah di bidang Teknologi khusunya Elektronika Komputer.
Tahun 2007 Universitas Muhammdiyah Malang memiliki jumlah mahasiswa kurang lebih 21.850 (Buku Panduan Informasi Perkuliahan UMM). Sudah tidak dipungkiri sebagian besar (>80 %) dari jumlah mahasiswa diatas memiliki komputer sendiri-sendiri (Hasil Survei Kos-Kosan, 2005). Setiap tahun mahasiswa baru masuk (± 3500) di UMM dan setiap tahun pula UMM mewisuda mahasiswanya. Mahasiswa baru tersebut akan berusaha memiliki komputer sendiri. Saat ini untuk mendapatkan komputer baru Pentium 4 mahasiswa harus mengeluarkan uang minimal Rp. 3.000.000 ( Harga Komuter Tergantung Spesifikasi Yang Diminta Dan Nilai Tukar Rupiah). Bagi mahasiswa yang orang tuanya mampu, uang Rp. 3.000.000 tidaklah masalah, namun bagi mahasiswa yang orang tuanya kurang mampu, harga komputer tersebut mungkin cukup mahal. Belum lagi teknologi-teknologi terbaru didalam dunia komputer yang setiap tahun bermunculan. Berbagai perusahaan-perusahan dunia, produsen perangkat keras komputer dunia selalu berlomba-lomba memperkenalkan produk-produk terbarunya. Sehingga tak jarang kita jumpai di media masa maupun media elektronik tentang produk-produk terbaru mereka. Seiring dengan kemunculan teknologi-teknologi terbaru tersebut, maka tidak menutup kemungkinan konsumen-konsumen yang mampu dari segi finansial akan mengganti komputer mereka dengan teknologi terbaru. Selain itu juga dengan banyaknya teknologi didunia komputer maka akan banyak pula kerusakan-kerusakan yang terjadi pada peralatan atau unit komputer tersebut. Olehnya itu penulis mencoba melakukan terobosan dengan membuka Usaha Tukar Tambah dan Reparasi Perangkat Komputer di Lingkungan Universitas Muhammdiyah Malang.

3. RUMUSAN MASALAH

1. Bagaimana bentuk usaha tukar tambah dan reparasi perangkat komputer yang akan dirancang?
2. Bagaimana teknis pelaksanaan usaha dijalankan?
3. Bagaimana perhitungan hasil usaha di lingkungan sekitar kampus UMM?
4. Bagaimana bentuk evalauasinya?

4. TUJUAN PROGRAM

Setiap aktivitas amnusia yang dialakukan secara sadar, pastilah memiliki tujuan, begitu pula dengan pengajuan proposal ini. Diharapkan setelah proposal ini disetujui, penulis bisa (1) mengembangkan usaha tukar tambah dan reparsi komputer disekitar kampus Universitas Muahmmdiyah malang, (2) melayani mahasiswa yang membeli komputer bekas maupun maupun mahasiswa yang akan tukar tambah komputernya dengan komputer baru, (3) mengaplikasikan ilmu di bidang komputer dan elektronika sebagai penunjang daripada perkuliahan, (4) serta memembuka lapangan pekerjaan bagi mahasiswa sehingga dapat mengurangi ketergantungan kepada orang tua, (5) serta membangun jiwa mandiri dan wirausaha untuk setiap lulusan.

5. LUARAN YANG DIHARAPKAN
Kelak luaran daripada Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan ini adalah berupa sebuah komputer yang dirakit dari komponen-komponen bekas bahkan komponen-komponen rusak yang sebelumnya telah diperbaiki, yang diperuntukan bagi calon konsumen dengan garansi selama 1 (satu) bulan / unitnya. Adapun pendapatan bersih dari usaha ini sekitar Rp. 3.000.000 / bulan.
6. KEGUNAAN PROGRAM

6.1 Aspek Ekonomi
Masyarakat kampus khusunya mahasiswa akan terbantu dengan adanya usaha ini. Karena dengan adanya usaha ini sekiranya mahasiswa yang kurang mampu untuk membeli komputer baru yang harganya agak mahal, dapat memilih alternative untuk memilih membeli sebuah komputer bekas (second) bergaransi, yang mana harganya sudah pasti dibawah harga komputer baru. Pada umumnya harga komnputer ini mulai dari Rp.1.500.000 per unit (Harga Bisa Berubah Tergantung Spesifikasi Yang Diminta).
Di sini kami menyediakan 2 (dua) jenis paket rakitan komputer, yakni komputer bekas dan komputer baru. Seterusnya konsumen tinggal menyesuaikan dengan kondisi keuanganya komputer mana yang sanggup dibelinya. Dari sinilah mahasiswa yang kurang mampu dari segi ekonomi dapat memiliki sebuah komnputer bekas yang kualitasnya tidak jauh berbeda dengan komputer baru.
Dalam setiap perakitan komputer bekas kami dapat memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan komputer baru. Untuk komputer bekas kami bisa mendaptkan keuntungan maksimal Rp. 500.000 / unitnya, sedangkan untuk komputer baru keuntungan maksimalnya Rp. 300.000 / unitnya. Jika jumlah permintaan konsumen akan perakitan komputer bekas mencapai 4 unit / bulanya, dan komputer baru 6 unit / bulannya, maka kami dapat memperoleh keuntungan bersih sebesar Rp. 3.800.000 / bulannya. Keuntungan ini belum termasuk biaya perbaikan lain-lain.

6.2 Aspek Ketenagakerjaan
Usaha ini dapat berjalan dengan jumlah tenaga kerja yang sedikit. Dengan bermodalkan 2 (dua) atau 3(tiga) orang saja usaha ini sudah bisa berjalan selayaknya sebuah CV.
6.3 Aspek Keilmuan dan Keterampilan
Mahasiswa yang terjun di dunia usaha secara langsung, khususnya mahsiswa Teknik Elekrtro yang mahir dan berpengalaman dibidang elektronika, sehingga mereka yang terjun langsung dapat mengaplikasikan dan mengasa disiplin ilmunya, khusunya di bidang elektronika. Sehinnga selain membawa gelar sarjana saat lulus, maka merekapun sudah memiliki bekal keterampilan dalam berwirausaha.

7. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

Setiap tahun jumlah mahasiswa baru yang masuk di Universitas Muhammdiyah Malang ( ± 3.500 maba ), dan pasti ( >80 % ) akan membutuhkan komputer. Mereka hanya bisa memiliki sebuah komputer dari pemberian atau membeli. Berdasar dari kedua moment di atas kita dapat membaca adanya peluang usaha. Mahasiswa yang menerima komputer bekas biasanya akan mengupdate atau menambah beberapa perangkat keras komputernya dengan teknologi yang baru saat itu, bahkan tak jarang pula mereka menukar tambah komputernya dengan komputer baru. Selanjutnya bagi mahasiswa yang membeli komputer baru maupun bekas di sini kami bisa melayaninya.
Bagi masyrakat kampus yang salah satu perangkat komputernya (hardware) rusak di sini bisa diperbaiki bahkan akan dibeli jika pihak konsumen menjualnya. Bukan hanya itu, di sini melayani penginstalan ulang komputer rusak. Bahkan untuk penginstalan ulang kami tidak tanggung-tanggung mendatangi kos-kosan mahasiswa. Mereka tinggal menghubungi nomor telepon yang telah disediakan. Apalagi pada saat ini kerusakan komputer baik perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) sangatlah banyak dan beragam. Kerusakan ini pada umunya disebakan oleh virus. Jika setiap penginstalan ulang dipatok harga Rp.30.000 dan dalam sehari ada dua komputer yang diinstal ulang, maka dapat dikalkulasi pendapatan perhari minimal Rp.60.000, sehingga perbulannya didapat Rp.1.800.000. Sementara modal awal untuk penginstalan ulang tidak ada. Jika ada order perbaikan perangkat keras (hardware) seperti Motherboot, VGA-Card, Flashdisk, Printer dan sebagainya yang biaya perbaikan minimalnya Rp.35.000 per unit. Jika kerusakan dalam sehari ada 1 (satu) unit saja, maka perbulannya didapat Rp.1.050.000. Jika dalam jangka waktu sebulan ada pesanan perakitan komputer baru ataupun bekas, dimana kentungannya minimal perakitannya mulai Rp.200.000 per unitnya, sehingga dapat dikalkulasi pemasukan selama sebulan minimal adalah Rp.2.050.000.
Selain dari keuntungan materil tersebut, waktu mahasiswa ntuk menyelesaikan semua order di atas tidak akan menggagu proses perkuliahan. Hal ini bisa kita lihat, waktu untuk penginstalan ulang komputer memerlukan waktu kurang lebih 2 (dua) jam, waktu penyediaan perangkat sampai dengan perakiatn kurang lebih 4 (empat) jam, sedangkan yang cukup memakan waktu lama adalah waktu memperbaiki kerusakan pada perangkat kerasnya (hardware), minimal 8 jam bahkan sampai sehari penuh tergantung parah atau tidaknya kerusakannya. Akan tetapi bisa disisati dengan membuat perjanjian beberapa hari.
Jika kita melihat dari keseluruhan peluang yang ada di atas, maka bisa dikatakan usaha ini sangatlah cocok untuk dikembangkan. Walaupun sudah banyak yang membuka usaha perakitan komputer di kota Malang, akan tetapi usaha tukar tambah dan reparasi seperti ini belum banyak tersedia di kota Malang. Apalagi di lingkungan sekitar kampus Universitas Muhammdiyah Malang. Selain itu usaha tukar tambah dan reparasi perangkat komputer ini, dilakukan dengan bekerja sama dengan pihak Bintang Fajar Club (BFC), sebagai agen penjual perangkat-perangkat komputer (hardware) dengan harga murah.

8. METODE PELAKSANAAN PROGRAM
a. Melakukan pendekatan secara organisatoris terhadap pihak kampus dalam hal ini bagian perlengkapan di lingkungan universitas, fakultas ataupun jurusan serta organisasi-organisasi (Unit Kegiatan Mahasiswa), himpunan-himpunan mahasiswa jurusan yang ada di lingkungan bidang kemahasiswaan.
b. Mempromosikan usaha tukar tambah dan reparasi perangkat komputer kepada mahsiswa yang ada dilembaga-lembaga intra kampus.
c. Membagikan selebaran kepada mahasiswa serta menempel pengumuman di tempat-tempat yang banyak dikunjungi oleh mahasiswa.
d. Melakukan pelatihan reparasi dan perakitan kepada mahasiswa yang memiliki ketertarikan dibidang ini, sehingga diharapkan mahasiswa yang sudah mengikuti pelatihan ini dapat mengembangkan usaha sejenis.

9. JADWAL KEGIATAN PROGRAM

Jadwal Kegiatan Program
Kegiatan Bulan ke-
1 2 3 4
1. Persiapan
Perijinan Usaha x
Persiapan dan penetapan lokasi usahaa x
Persiapan peralatan dan bahan usaha xx
Promosi dan strategi pengadaan Usaha xxx x
Evalusi tahap 1 (pertama) x

2. Pelaksanaan
Penjaringan konsumen/pemakai jasa xxxx xxx
Pelayanan jasa dan konsumen xx xxxx
Pengembangan usaha dan investasi xx
Evaluasi tahap 2 (kedua) x
Pelaporan kegiatan usaha x
Tabel 1

10. NAMA DAN BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA KELOMPOK

Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama : Laode .M. Ali Akbar .A.
b. NIM : 05530039
c. Fakultas/Program Studi : Teknik / Elekronika
d. Perguruan Tinggi : Universitas Muhammdiyah Malang
e. Alamat Rumah : Jl. Basuki Rachmat No.1, Kec. Katobu, Kab. Muna,
Raha – Sulawesi Tenggara
f. Nomor hand phone : 085234876809
g. Waktu PKM : 12 jam/ Minggu

Anggota Pelaksana
a. Nama : Amir Ruslan
b. NIM : 05530043
c. Fakultas/Program Studi : Teknik / Elekronika
d. Perguruan Tinggi : Universitas Muhammdiyah Malang
e. Alamat Rumah : Jl. Sebelah Barat SMUN I Pakong
Pamekasan-Madura
f. Nomor hand phone : 081805076206
g. Waktu PKM : 12 jam/ Minggu

a. Nama : Dina Yulida
b. NIM : 06530039
c. Fakultas/Program Studi : Teknik / Elekronika
d. Perguruan Tinggi : Universitas Muhammdiyah Malang
e. Alamat Rumah : Jl. Pada Karya Gg. Partisipasi II No.1 Tanah Grogot,
Kab. Pasir
f. Nomor hand phone : 08990308065
g. Waktu PKM : 12 jam/Minggu

11. NAMA DAN BIODATA DOSEN PENDAMPING
a. Nama Lengkap : Ir. Nur Alif M, MT
b. NIP : 108 920 30257
c. Golongan Pangkat : III B
d. Jabatan Fungsional : Ass
e. Jabatan Struktural : Kepala Lab.
f. Fakultas/Program Studi : Teknik/Elektronika
g. Perguruan Tinggi : Universitas Muhammdiyah Malang
h. Bidang Keahlian : Elektro
i. Waktu Untuk Kegiatan : 12 jam/Minggu

11. RENCANA PEMBIAYAAN
No Jenis Kegiatan Anggaran
A. Pra Kegiatan
1 Perijinan Rp. 100.000
2 Persiapan lokasi Rp. 50.000
3 Persiapan alat dan bahan Rp. 800.000
4 Publikasi Rp. 200.000
5 Pengadaan proposal dan seminar Rp. 200.000
B. Pelaksanaan
1 Solder Rp. 50.000
Multitester Rp. 100.000
Windows Xp 2 Rp. 2.000.000
2 Transportasi Rp. 400.000
3 Telepon (4 bulan) Rp. 400.000
4 listrik (4 bulan) Rp. 800.000
5 Administrasi dan managemen Rp 200.000
C.Laporan
1 Penyusunan laporan Rp. 200.000
2 Penggandaan laporan Rp. 100.000
3 Seminar Rp. 400.000
Jumlah Rp. 6.000.000

Tabel 2

13. LAMPIRAN
13.1 Analisis Usaha Tukar Tambah dan Reparasi Perangkat Komputer
Bagi masyarakat kampus khususnya mahasiswa dapat menjual peralatan komputer atau komputer yang masih layak pakai atau dapat menukarnya dengan peralatan yang baru. Biasanya harga disesuaikan dengan jenis barang yang dijual dan melihat bagaimana kondisi kelayakan barang. Sedangkan bagi mereka yang ingin mengupdate komputernya dengan komputer baru akan lebih mudah, tinggal melakukan negosiasi antara pemilik barang dan pembeli. Selanjutnya jika sudah ada kesepakatan kedua bela pihak maka harga komputer baru akan dikurangi dengan nilai jual komputer lama, selanjutnya sisanya dibayar dengan uang. Misalnya harga komputer baru Pentium IV(empat) Rp.3.000.000 (Harga Bisa Berubah Tergantung Spesifikasi Yang Diminta), sementara harga jual komputer lama Rp.1.500.000 (Harga Disesuaikan Dengan Kondisi Barang), sehingga untuk membeli komputer baru kita cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 1.800.000.

Perbandingan komputer baru dengan komputer bekas
Pertimbangan
Spesifikasi Komputer (paket) Komputer Baru
Komputer Bekas
Keterangan

Biaya Pengadaan
Pentium IV LGA 3.06 HZ
DDR II 512 MB, ASUS P5VD2 PC 5300,SEGATE Rp. 2.800.000
Rp. 1.500.000
Harga Sewaktu-waktu bisa berubah
Harga Pasar
80 G,CD-RW Lite On, Cassing Mentari, Monitor Rp. 3.000.000 Rp. 2.000.000
Keuntungan Bersih 15 In Frac, Key+Mouse+Speaker Rp. 300.000 Rp. 500.000
Garansi +Stavol 220 Volt 1 Tahun 1 Bulan
Tabel 3
13.2 Analisis SWOT Usaha Tukar Tambah dan Reparasi Perangkat Komputer
13.2.1 Kelebihan (Strenghten)
Jumlah mahasiswa UMM saat ini kurang lebih 21.850 (Sumber Buku Panduan Informasi Perkuliahan UMM 2007), dari jumlah mahasiswa yang sebanyak ini, mahasiswa yang memiliki komputer pribadi bisa diprediksikan sebanyak 80 %. Nilai ini bersumber dari hasil survey kos-kosan yang dilakukan oleh penulis bulan Desember 2005, dengan cara mengambil sampel pada 50 orang mahasiswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komputer saat ini adalah kebutuhan utama yang semestinya dimiliki oleh setiap mahasiswa. Dari kesekian jumlah diatas tidak menutup kemungkinan mahasiswa yang sudah memiliki komputer akan mengalami kerusakan, bahkan akan mengganti komputer mereka dengan komputer teknologi terbaru saat ini. Karena masih kurangnya Toko Komputer yang berada disekitar kampus yang menerima tukar tambah komputer bahakan pembelian peralatan komputer bekas, olehnya itu peneliti berusaha menawarkan alternative baru yaitu usaha tukar tambah dan reparasi komputer. Tawaran usaha ini sangat memungkinkan seorang konsumen dapat memperbaiki atau memperoleh komputer dengan biaya yang relatif murah. Pengemabangan usaha ini sangatlah beragam. Pengusul program bisa menerima tawaran lain selain tukar tambah dan reparasi perealatan komputer. Tawaran yang bisa dikerjakan meliputi, (1) perakitan komputer baru atau bekas, (2) perbaikan peralatan tambahan komputer seperti printer, (3) pengisian aplikasi telpon seluller (handphone).
13.2.2 Kelemahan (Wekness)
Usaha ini sebenarnya membutuhkan modal awal yang sangat besar, yaitu modal untuk pembelian peralatan komputer bekas. Bila dikalkulasikan dana yang dibutuhkan adalah 6 juta rupiah. Karena keterbatasan etimasi dana yang diajukan, maka penyusul menyiasatinya dengan bekerjasama dengan rekanan, yakini pihak BFC (Bintang Fajar Club) sebagai agen penjualan peralatan (hadware) bekas mapun baru.
13.2.3 Kesempatan (Oportunity)
Dengan modal usaha yang bisa ditekan semaksimal mungkin, usaha ini bisa menghasilkan keuntungan yang reratif banyak. Tanggapan pasar diharapkan terbuka dan bisa menerimanya, memungkinkan usaha ini bisa berkembang dengan baik. Bisa kita saksikan bersama lokasi atau tempat usaha berada pada daerah strategis, yakni di Kampus UMM, yang diasumsikan bahwa mahasiswa sebagai masyarakat konsumtifnya.
13.2.4 Tantangan atau Ancaman (Threaten)
Tantangan dan ancaman kedepan adalah akan banyaknya usaha-usaha sejenis yang akan didirikan disekitar kampus. Selain itu tantangan global perkembangan teknologi komputer yang semakin cepat. Olehnya itu dalam usaha sangatlah diperlukan sumber daya manusia yang bermutu dan berkompeten dibidang teknologi komputer.

13.3 Gambaran Produk Usaha Tukar Tambah dan Reparasi Peralatan Komputer
Usaha ini memiliki kemiripan dengan usaha perakitan komputer pada umumnaya. Akan tetapi perbedaannya adalah, didalam usaha ini pengusul memberikan pelayanan lebih kepada pihak konsumen. Disamping pengusul menyedikan layan serupa seperti diatas, pengusul menyedikan layanan tambahan seperti (1) reparasi atau perbaikan peralatan komputer, (2) tukar tambah komputer bekas dengan komputer baru.
Masukan dari usaha ini adalah berupa peralatan (hardware) komputer bekas bahkan peralatan (hardware) komputer rusak, yang kemudian diperbaiki selanjutnya dirakit lalu dijual kembali dengan garansi 7 (tujuh) hari sampai dengan 1 (bulan).
13.4 Contoh Model Promosi dan Selebaran
UMM-COMPUTER & ACCESSORIES
Jl Raya Tlogomas No 246 Telp (0341) 7090052 Psw 127 Hp:(085234876809)
E-mail : laode_ali86yahoo.com

“Spesifikasi bisa disesuakn kebutuhan”
Juga Melayani Tukar Tambah (upgrade), Service Monitor, Mainboard, Memory, Hard Disk, Flash Disk, Speaker, Stavolt, Printer

Iklan

07/07/2009 - Posted by | Contoh PKM

1 Komentar »

  1. […] Article Title: Membangun jiwa mandiri mahasiswa melalui usaha tukar Source: zaifbio.wordpress.com » « […]

    Ping balik oleh evolusi di bidang aplikasi komputer | Kumpulan Semua Info | 02/26/2015


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: