BIOLOGI ONLINE

blog pendidikan biologi

Contoh Langkah Pembelajaran pakem mata pelajaran BIOLOGI

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/I
Standar Kompetensi : Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi Ruang Lingkup Biologi
Alokasi Waktu : 2×45 Menit (1x pertemuan)
Indikator : – Dengan teka-teki siswa diharapkan mampu Mengidentifikasi macam – macam ruang lingkup Biologi dari lingkungan
Dengan diskusi siswa diharapkan mampu menyebutkan macam-macam ruang lingkup Biologi
Dengan diskusi dan presentasi siswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian dan bagian – bagian dari ruang lingkup Biologi.
Tujuan Pembelajaran : – Siswa mampu menyebutkan ruang lingkup biologi dari lingkungan
– Siswa mampu menjelaskan manfaat ruang lingkup yang ada pada biologi.
– Siswa mampu menjelaskan bagian-bagian penting dari ruang lingkup Biologi.
Materi Ajar : Identifikasi Ruang Lingkup Biologi

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.Kegiatan Awal (15 Menit)
Guru menyampaikan salam kemudian mengajak siswa berdoa dengan dipimpin oleh ketua kelas.
Guru mengecek kehadiran siswa
Guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Guru memusatkan pikiran siswa dengan mengajukan beberapa teka-teki diantaranya: – aku cukup beruntung di dunia. Aku merupakan cabang dari biologi yang ditugaskan untuk mempelajari bagian-bagian dari tumbuhan seperti ciri-ciri, kehidupan, siapakah aku?
– aku merupakan makhluk hidup yang berukuran sangat kecil, aku punya banyak manfaat tapi aku juga punya banyak kerugian. Cabang ilmu biologi apa sih yang mempelajari aku?
– Setelah siswa selesai menjawab teka-teki yang diajukan oleh guru menggali lagi pengetahuan awal siswa dengan mengkaitkannya dengan materi pelajaran biologi apa sajakah yang didapatkan oleh siswa selama smp.
b. Kegiatan Inti (60 Menit)
– Guru membagi siswa kedalam 5 kelompok sesuai dengan ruang lingkup biologi yang akan dipelajari yaitu botani, zoologi, mikrobiologi, sitologi,dan histology dengan cara menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa soal dan bagian lainnya berupa jawaban yang dibuat berdasarkan pembagian dari ruang lingkup biologi.
– Setiap siswa yang mendapat satu buah kartu akan memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang dan kemudian setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban). Selain itu juga para siswa dalam hal ini dituntut untuk mengenali dirinya termasuk dalam bagian ruang lingkup biologi yang mana.
– Setelah menemukan pasangannya para siswa dituntut untuk bergabung dalam kelompok besar sesuai denga ruang lingkup biologi yang sesuai dnegan kartu yang diberikan oleh guru.
– Setelah bergabung dalam kelompok besar. Siswa diharuskan melakukan diskusi dan membuat kesimpulan tentang ruang lingkup biologi yang harus dia bahas seperti kelompok yang mendapat tema botani harus membahas tentang ruang lingkup botani yang meliputi tumbuhan.
– Setelah selesai melakukan diskusi dan membuat kesimpulan. Hasil kesimpulan tersebut diletakkan di depan kelas agar bias dilihat oleh semua siswa.
– Setelah langkah tersebut tiap kelompok menunjuk satu orang siswa sebagai tutor untuk menjelaskan ruang lingkup biologi yang menjadi pembahasannya.
– Guru Memberikan kesempatan siswa/peserta tiap kelompok untuk menjelaskan kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya.
– Setelah kegiataan diatas selesai guru menyegarkan pikiran siswa dengan mengajak siswa melihat film yang berhubungan dengan Biologi dan ruang lingkupnya.
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Guru menentun siswa untuk bersama-sama membuat kesimpulan
Guru memberikan penguatan terhadap kesimpulan yang telah diberikan oleh siswa.
Guru melakukan penilaian kepada siswa dengan cara memberi tes atau kuis seacara kelompok dan individu.
Penetapan tim yang dianggap paling baik dalam pelajaran
Guru menutup pembelajaran hari ini.

07/06/2009 - Posted by | SBM

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: