BIOLOGI ONLINE

blog pendidikan biologi

Konsep Genogram

1. Sejarah Genogram
Genogram pertama kali diperkenalkan oleh Murray Bowen pada tahun
1950 sebagai alat yang digunakan dalam terapi keluarga (Peluso, 2003: 287).
Bowen meyakini bahwa proses keluarga dapat mengungkap persoalan emosional
individu yang belum terpecahkan.
Kemudian pengunaan genogram diperluas oleh banyak peneliti, di
antaranya: Okiishi (1985) , Halevy (1988), Hardy andLaszloffy (1995), Dunn and
Levitt (2000), Malott andMagnuson (2004), dan Peluso (2006).
Okiishi (Supriatna, 2009: 61), mengembangkan genogram sebagai alat
bantu di dalam wawancara konseling karier. Dalam wawancara genogram dapat
dianalisis berbagai aspek yang berkaitan dengan pengenalan diri dan lingkungan,
khususnya dunia kerja. Hal-hal yang dapat dianalisantara lain mengenai: (a) isi
pengamatan diri konseli; (b) pemahaman lingkungan dan dunia kerja; (c) proses
pembuatan keputusan; (d) model-model pola hidup; dan (e) model-model
okupasional.
Halevy (1988), menggunakan genogram pada pelatihankonseling lintas-budaya untuk memfasilitasi para siswa dalam memahami dirinya. Malott and
Magnuson (2004), menggunakan genogram untuk mengeksplorasi perkembangan
karier konseli, dan Dunn andLevitt (2000), menggunakan genogram untuk
17
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
mengungkap kolaborasi yang saling menguntungkan di antara anggota keluarga
(Lim, 2008: 35).
Secara klinis, penggunaan genogram terkadang hanya terbatas pada data-data tentang informasi konisi/keadaan yang dialami keluarga seperti: tanggal
lahir, status pernikahan/perceraian, dan kematian selama prosedur penilaian awal
berlangsung. Namun, lebih luas genogram dapat digunakan untuk mengungkap:
(a) reaksi dari setiap anggota keluarga terhadap peristiwa penting yang terjadi
dalam keluarga; (b) gambaran dari berbagai persepsitentang pola-pola hubungan
dalam keluarga; dan (c) informasi yang lebih luas dalam konteks sosial.
(Magnuson dan Shaw, 2003: 46).
2. Pengertian
Genogram memiliki pengertian secara etimologis dan konseptual. Secara
etimologis, genogram berarti silsilah, yaitu gambarasal-usul keluarga konseli
sebanyak tiga generasi (Supriatna dan Ilfiandra, 2006: 11). Secara konseptual,
genogram diartikan beragam oleh para ahli. Adapunbeberapa ahli tersebut,yaitu
sebagai berikut.
Menurut McGoldrick andGerson (Kerka, 2000), genogram merupakan
suatu pola untuk menggambar pohon keluarga yang menyimpan informasi tentang
anggota dan hubungan diantara keluarga sepanjang tiga generasi (online).
Menurut Peluso (2003: 287), genogram merupakan alatyang tepat untuk
memahami pengaruh asal-usul keluarga konseli. Selain itu, genogram juga
18
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
berfungsi untuk memberikan feedbackkepada konseli tentang dinamika
keluarganya.
Genogram yang dikembangkan Okiishi (Supriatna, 2009: 61), merupakan
alat yang dipersiapkan untuk membantu konselor-konseli ketika wawancara karier
berlangsung. Penggunaan genogram dalam proses konseling karier tersebut
ditempuh melalui tiga tahapan, yakni: (1) membentukgenogram; (2)
mengidentifikasi pekerjaan-pekerjaan yang ditunjukkan dalam genogram; dan (3)
mengeksplorasi individu-individu yang dinyatakan dalam genogram, dengan
memberikan catatan mengenai model-model peranan itu.
Berdasarkan pemaparan dari beberapa ahli di atas, dapat disimpulkan
bahwa genogram adalah suatu model grafis yang menyimpan informasi tentang
anggota keluarga dan hubungan di antara mereka sepanjang tiga generasi.
3. Konstruk Genogram
Pada konstruk genogram terdapat sejumlah bentuk khusus/simbol yang
digunakan untuk menunjukkan posisi individu dan anggota keluarga serta
hubungan yang terjadi di antara mereka sepanjang tiga generasi. Posisi bentuk
tersebut secara khusus disebut dengan peta struktur(Mcgoldrick, et. al., 1999:
20).
Peta struktur tersusun dari beberapa simbol yang berbentuk kotak,
lingkaran, dan garis-garis. Adapun penjelasan darisimbol tersebut, yakni sebagai
berikut.
19
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
Kotak menunjukkan pria, dan lingkaran wanita (Gambar 2.1). Untuk
membedakan penunjuk orang atau identified patient(IP) yang dijadikan konseli
dalam konstruk genogram, pada kotak atau lingkaran (tergantung gender konseli)
digunakan garis rangkap. Bagi anggota keluarga yang sudah meninggal diberi
tanda X di dalam kotak/lingkaran. Selain itu, terdapat garis yang menghubungkan
antar anggota dalam keluarga. Garis ini menunjukkan bahwa terdapat ikatan
biologis dan ipar di antara mereka. Dua orang yangtelah menikah ditunjukkan
dengan garis yang menurun/kebawah dan membentang kekiri atau kanan, dengan
posisi suami di sebelah kiri dan istri di sebelah kanan. Garis pernikahan akan
berubah jika terjadi perceraian (divorced) yaitu dengan menambahkan dua garis
yang memotong garis pernikahan.
Gambar 2.1
Contoh Genogram
20
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
Gambar 2.2
Penjelasan Bentuk-Bentuk yang Digunakan dalam Genogram
Terdapat bentuk lain yang digunakan untuk menunjukkan anggota
keluarga dengan kondisi berbeda, seperti: kembar (twins), anak adopsi (adopted),
anak angkat (fraternal), dan wanita hamil (pregnancy). Adapun bentuk-bentuk
tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Gambar 2.3
Bentuk untuk Anak angkat, adopsi, kembar,
dan wanita hamil
Fraternal twins adopted pregnancy
21
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
B. Penggunaan Genogram dalam Konseling
1. Keragamanan
Pada konseling, genogram dapat dijadikan alat intervensi yang beragam.
Keragaman ini disesuaikan dengan kondisi konseli yang ditangani. Menurut
Magnuson dan Shaw (2003: 47-51), terdapat beberapa kegunaan genogram dalam
menangani permasalahan-permasalahan konseli, di antaranya meliputi
penggunaan genogram untuk: (a) Pra-nikah, (b) remaja, (c) karier, (d) hubungan
seksualitas dan permasalahan yang berkaitan dengannya, (e) menjelaskan secara
lengkap tentang dinamika gender, (f) menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi
alkohol.
Adapun penjelasan dari setiap penggunaan genogram tersebut, yakni
sebagai berikut.
a. Genogram Pra-nikah
Menurut Wood dan Stroup (Magnuson dan Shaw, 2003: 47), penggunaan
genogram dalam konseling pra-nikah berfungsi untuk mengungkap secara lebih
luas mengenai silsilah keluarga dari pasangan, sehingga satu sama lain dapat
saling memahami dan mengidentifikasi tentang tradisi dominan, pola hubungan,
peran-peran gender, nilai-nilai, garis kekuatan dankewibaan, pengekspresian
emosi, strategi penyelesaian masalah, dan gaya pengambilan keputusan yang
terdapat dalam keluarga dari pasangan.
Dengan mengikutsertakan asal-usul keluarga dalam konseling pra-nikah,
pasangan yang dilanda masalah akan memperoleh petunjuk yang lebih spesifik
dalam menemukan solusi penyelesaiannya.
22
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
b. Genogram pada remaja
Nims (Magnuson and Shaw, 2003: 50), menggunakan genogram sebagai
alat konseling kelompok pada remaja untuk membangunidentitas ego melalui
proses penyamaan self-differentiationdengan resolusi tugas perkembangan.
Pada proses penyamaan Self-Differentiation, Nims memperkenalkan
prinsip-prinsip sistematik yang berhubungan dengan complexitykeluarga,
kedekatan dan jarak, peran keluarga, urutan kelahiran, dan potensi yang
mempengaruhi pengalaman keluarga.
c. Genogram dalam konseling karier
Penggunaan genogram dalam konseling karier mulai dipopulerkan oleh
Rae Wiemers Okiishi (Supriatna dan Ilfiandra, 2006:11), dalam tulisannya yang
berjudulThe Genogram as a Tool in Career Counseling dimuat dalam Journal of
Counselling and Development, Volume 66. Secara etimologis, genogram berarti
silsilah, yaitu gambar asal-usul keluarga konseli sebanyak tiga generasi.
Penggunaan teknik genogram dilandasi oleh asumsi bahwa ada pengaruh dari
orang lain yang berarti (significant other) terhadap individu dalam identifikasi
perencanaan dan pemilihan karier. Konselor atau pembimbing berupaya
mengidentifikasi orang yang berarti bagi diri konseli.
Pada dasarnya penggunaan genogram ini lebih merupakan teknik awal
untuk memasuki konseling karier, oleh karena itu pelaksanaannya pun bersifat
individual. Namun tidak menutup kemungkinan, wawancara genogram dapat
dipandang sebagai proses konseling karier manakala dalam wawancara tersebut
23
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
konselor (pembimbing) menerapkan prinsip-prinsip dan teknik-teknik konseling
yang terfokus pada pemecahan masalah karier konseli(Supriatna dan Ilfiandra,
2006).
Lebih jauh Sueyoshi, et. al.(2001: 656) menyatakan bahwa genogram
sangat berguna dan efektif dalam wawancara konseling karier dengan berbagai
konseli yang memiliki keragaman budaya. Terdapat beberapa alasan yang
melatarbelakangi pendapat Sueyoshi, et. al. tersebut, yaitu genogram: (1)
menggambarkan pengaruh keluarga dan orangtua oleh karena itu tidak
menganggap bahwa keputusan karier dan gaya hidup hanya berorientasi pada
seorang individu saja; (2) dapat dilihat (visual) dan kurang mengandalkan
komunikasi verbal; (3) menunjukkan informasi secaraterstruktur dan terorganisir,
serta memberikan konseli sesuatu yang “konkrit” tentang informasi yang ada
dalam keluarga; dan (4) dapat berpotensi membuka perkembangan identitas
individu secara akulturasi dan rasial/minoritas.
Pada konseling karier, genogram ditujukan untuk memaparkan suatu
metode yang membantu konseli dalam wawancara yang bersuasana
menyenangkan, sehingga konseli dapat mengungkapkan dirinya dan beroleh
informasi yang memadai serta terorganisasi tentang aspirasi karier dan latar
belakang silsilah keluarganya sepanjang tiga generasi (Supriatna, 2009: 61).
Dalam wawancara genogram dapat dianalisis beberapa aspek yang
berkaitan dengan pengenalan diri dan lingkungan,khususnya dunia kerja. Hal-hal
yang dapat di analisis antara lain mengenai: (a) isi pengamatan diri konseli; (b)
pemahaman lingkungan atau dunia kerja; (c) proses pembuatan keputusan; (d)
24
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
model-model pola hidup; (e) model-model okupasional. Atas dasar analisis
tersebut, konselor dapat membantu konseli dalam membuat perencanaan karier di
masa depannya (Supriatna, 2009: 63).
Penerapan teknik genogram ditempuh dalam tiga tahap, yaitu: (1)
konstruksi genogram, (2) identifikasi jabatan, dan (3) eksplorasi konseli.
d. Genogram untuk mengungkap hubungan seksualitas dan
permasalahan yang berkaitan dengannya
Hof dan Berman (Magnuson dan Shaw, 2003: 47), menyatukan prinsip-prinsip yang ada dalam terapi seks dan keluarga untuk digunakan dalam sexual
genogram. Hal ini bertujuan untuk menguji keberadaan disfungsi seks pada
intergenerational keluarga yang kompleks.
e. Genogram untuk menjelaskan secara lengkap tentang dinamika
gender
White dan Tyson-Rawson (Magnuson and Shaw, 2003: 48), mengungkap
peran gender melalui genogram, secara spesifik pengungkapan tersebut disebut
dengan “gendergram”. Gendergram menjelaskan secara lengkap tentang etiologi
dasar dari gender.
Asumsi dari penggunaan genogram dalam mengungkap peran gender
(gendergram), yaitu sebagai berikut: (a) peristiwa yang salingberkaitan selama
masa kanak-kanak dan dewasa; (b) hubungan yang signifikan selama tingkat
25
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
kehidupan individu yang berbeda-beda; (c) peran, tema, dan pola-pola yang
muncul dalam keluarga.
f. Genogram untuk Menghilangkan Kebiasaan MengkonsumsiAlkohol
Synol (Magnuson and Shaw, 2003: 48), menganjurkan agar genogram
digunakan untuk membantu pasangan yang memiliki anggota keluarga seorang
alkoholik, sehingga mereka dapat mengetahui silsilah keluarga yang memiliki
permasalahan serupa. Namun yang ditekankan pada penggunaan genogram dalam
permasalahan ini bukanlah pada peminumnya melainkanpada sistem yang ada
dalam keluarga. Dengan melihat sistem tersebut, konseli dapat dibantu untuk
melakukan perubahan pada sistem yang ada dalam keluarganya sehingga pada
turunan berikutnya tidak akan terdapat anggota keluarga seorang alkoholik lagi.
2. Ilustrasi
Genogram dapat dilakukan secara individual maupun
berkelompok/klasikal. Berikut akan dipaparkan ilustrasi mengenai penggunaan
genogram secara individual oleh Sueyoshi, et. al. (2000: 662-668), terhadap dua
mahasiswa yang berada di salah satu universitas di New York, dan secara
klasikal/kelompok oleh Gibson terhadap para siswa di sekolah menengah.
a. Penggunaan Genogram Secara Individual
Ilustrasi penggunaan genogram sebagai alat konseling karier oleh
Sueyoshi, et. al. (2000: 662-668), terhadap dua mahasiswa dari salah satu
Universitas yang ada di New York. Kedua mahasiswa tersebut adalah Mike
26
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
seorang warga Amerika keturunan Cina dan Dave seorang warga Amerika
keturunan Albania
1) Kasus Mike
Mike adalah seorang pria berumur 22 tahun dan wargaAmerika keturunan
Cina. Dia juga merupakan mahasiswa dari salah satuuniversitas di New York.
Di universitas tersebut dia berkonsultasi pada seorang konselor yang juga warga
Amerika keturunan Jepang. Pada pembicaraanya dengan konselor dia
mengatakan bahwa saat ini tujuannya adalah memperoleh gelar maskapai dalam
ilmu teknik mesin dan kemudian memperoleh gelar sarjana muda pada ilmu
tersebut.
Berikut adalah percakapan antara Mike dengan konselor pada pertemuan
berikutnya.
Konselor :
Mike :
Konselor :
Mike :
Konselor :
Terakhir kita bertemu, kamu berkata bahwa kamu ingin
meneruskan karier dalam bidang teknik mesin. Kamu
nampaknya yakin bahwa hal tersebut adalah apa yang ingin
kamu lakukan, tapi mengapa tidak kita gunakan beberapa
waktu hari ini untuk mengeksplorasi betapa teknik mesin
tersebut sangat menarik bagi kamu? Genogram merupakan
sebuah grafik yang menunjukkan sejarah keluarga. Ini dapat
digunakan untuk menjajaki berbagai karier, hubungan,
pengaruh, dan harapan-harapan yang ada dalam keluarga.
Maukah kamu mencoba genogram?
Ok
Baiklah, mari kita mulai dengan dirimu dan saudara-saudaramu. Kamu anak ke berapa dan dari berapa
bersaudara?
Baik, saya anak tertua. Saya memiliki dua adik perempuan di
bawah saya dan satu adik laki-laki yang paling kecil.
Dalam genogram kita menggunakan lingkaran untuk
menunjukkan seorang wanita dalam keluarga dan kotakuntuk
menunjukkan pria. Jadi, saya akan menempatkan kamu
sebagai kotak dan dengan diikuti dua lingkaran yang
menunjukkan kedua adik perempuanmu dan terakhir kotak
sebagai adik laki-lakimu, kemudian diurutkan dari yang tertua
27
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
Mike :
Konselor :
Mike :
Konselor :
Mike :
Konselor :
Mike :
Konselor :
Mike :
Konselor :
Mike :
Konselor :
Mike :
hingga termuda. (gambar mike dan ketiga saudaranya
ditempatkan di halaman bawah sebuah kertas, mereka
berempat berada pada garis horizontal yang sama) apa adik-adikmu segera masuk sekolah? (karena adik-adiknya lebih
muda daripada Mike, maka perlu ditanyakan sekolahnya)
Ya, adik saya yang pertama kuliah di jurusan hospitality
management, adik saya yang kedua masih duduk di bangku
SMA, dan adik saya yang terakhir masih duduk di bangku
SMP.
Apakah adik-adikmu memiliki beberapa keinginan khusus
atau saat ini mereka berpikir tentang karier? (perlu diketahui
tentang ketertarikan saudara kandung terhadap karier
tertentu walaupun mereka masih muda)
Belum.
Ok, sekarang kita akan menuju pada kedua orangtuamu. Kita
mulai dengan ibumu. Dia anak ke berapa dari berapa
bersaudara? (gambar ibu, ayah, dan saudara-saudaranya
berada di atas Mike dan ketiga saudaranya pada bidang
horizontal yang sama)
Ibuku anak kedua dari tujuh bersaudara, lima perempuan dan
dua laki-laki.
Ok. Kita mulai dengan kakak perempuan ibumu. Apa yang
dia lakukan?
Dia pemilik salah satu toko di Panama.
Ok, seorang pemilik toko yang tinggal di Panama. Saya akan
menuliskan informasi ini di bawah lingkarannya. Selanjutnya
yang kedua? Apa yang dia lakukan dan di mana dia tinggal?
(pertanyaan tentang tempat tinggal diperlukan untuk
mengetahui posisi saudara ibunya yang mungkin tinggal di
luar United States atau Cina)
Yang kedua adalah ibuku dan dia tinggal di United Sates
(U.S.). dia seorang penjahit pakaian, tapi kadang-kadang suka
membantu bisnis ayah.
Ok, jadi ibumu seorang penjahit wanita atau orang yang
menjahit (membantu konseli sampai pada ketepatan dalam
memberikan gelar suatu pekerjaan) saya juga akan mencatat
bahwa dia membantu bisnis ayahmu. Apa bisnis ayahmu?
Ayahku pemilik toko dan restoran di Mexico. Dia tinggal
bersama kami tapi bepergian terus di antara dua tempat
(Panama, New York, Mexico… dari sini dapat terlihat bahwa
keluarganya terbentang secara geograpis)
Di Mexico? Ok, saya akan mencatatnya di sini, tapi kita akan
kembali pada ayahmu nanti. Selanjutnya siapa setelah ibumu?
Seorang adik perempuan di Panama yang memiliki sebuah
toko. Berikutnya adik laki-laki yang memiliki gas station dan
restoran di Mexico. Berikutnya adik perempuan yangtinggal
28
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
Konselor :
Mike :
Konselor :
Mike :
Konselor :
Mike :
Konselor :
Mike :
Konselor :
Mike :
Konselor :
Mike :
Konselor :
di Panama, tapi saya tidak yakin apa yang dia lakukan.
Berikutnya adik perempuan yang tinggal di U.S. danbekerja
di pabrik, dan terakhir, seorang adik laki-laki di Mexico yang
memiliki sebuah hotel dan restoran.
Ini sangat menarik. Dengan pengecualian kedua bibimu,
seorang pekerja pabrik, dan seorang bibi yang kamu tidak
yakin dengan apa yang dia lakukan, keluarga dari ibumu
adalah seorang pembisnis. (penting untuk menunjukkan
berbagai kesamaan dan pola yang ada dalam keluarga).
Ya, memang begitu. (Mike mulai menggambarkan pekerjaan
ayahnya sebaik pekerjaan saudara-saudara dari pihak
ayahnya, yang memiliki kesamaan sebagai seorang pemilik
atau yang membantu bisnis keluarga)
Bagaimana menurutmu hal ini dapat mempengaruhi
keputusanmu untuk mengejar karier dalam bidang teknik
mesin?
Sebenarnya, hal ini tidak berpengaruh. Saya tidak mendukung
atau berkecil hati dari membantu bisnis ayah. Sayahanya
tidak tertarik dengan bisnis. Sejak kecil, saya selalu tertarik
pada mesin, elektronik, dan komputer. Orangtua saya selalu
menekan anak-anaknya untuk melakukan yang terbaik di
sekolah, tetapi mereka tidak mengatakan apa-apa tentang
karier kami.
Jadi, mereka mendukung keputusan kariermu, apa pun
kemungkinannya?
Ya.
Itu bagus. Tradisi orang-orang asia terjadi lagi tentang anak
pertama dan harus menjaga pekerjaan keluarga atau suatu
perkerjaan yang dipilih oleh orangtua. Apakah ini sama bagi
saudaramu? (pertanyaan menantang dan membuka tingkat
penyesuaian orangtua- yaitu, Westernized, traditional Asian)
Ya. Mereka dapat melakukan apa yang mereka inginkanjuga.
Jadi, orangtuamu sangat terbuka dan Americanized.
Ya.
Kembali ke genogram, bagaimana dengan kakek-nenekmu?
Di mana mereka, dan apa yang mereka lakukan?
di Cina. Kakek-nenek dari ibuku adalah seorang petani.
Sekarang mereka tinggal di Mexico dengan salah satu
keluarga. Kakek dari ayah merupakan seorang pemilik toko,
dan nenek seorang ibu rumah tangga. Tetapi dia telah
meninggal, dan nenek sekarang tinggal di Panama dengan
salah satu keluarga.
Jadi, dari keseluruhan informasi yang ada dalam genogram
kita dapat melihat pola bisnis keluarga, yang sebenarnya
dimulai dari generasi kakekmu. Apakah kamu mengetahui
informasi tentang kakek-nenek moyangmu?
29
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
Mike :
Konselor :
Mike :
Konselor :
Mike :
Konselor :
Mike :
Konselor :
Mike :
Tidak, saya tidak tahu apapun tentang mereka. (kebanyakan
orang dapat kembali pada tiga generasi sebelumnya, tetapi
mungkin akan kesulitan menuju ke sana).
Kelihatannya keluargamu sekarang kebanyakan berada di
Panama atau Mexico. Hanya ayah dan salah satu bibimu yang
tinggal di U.S. mengapa ini bisa terjadi?
Keluarga saya pada mulanya ada di Panama juga. Saya besar
dan tumbuh di sana selama sepuluh tahun. Kemudian kami
pindah ke U.S. dan ayah saya memindahkan bisnisnya ke
Mexico. Mengenai keluarga saya yang lain, mereka
memutuskan untuk imigrasi ke Panama atau Mexico setelah
ayah dan paman saya mendapatkan kesuksessan di kedua
tempat tersebut.
Apa ada alasan khusus mengapa Panama dan mexico?
Mereka hanya berpikir hal ini akan memudahkan mereka
mendapatkan kesuksesan di sana.
Jadi, setiap orang memulainya dari generasi orangtuamu. Dan
orangtuamu merupakan generasi pertama para imigram cina?
Ya, saya kira anda bisa mengatakan itu. Tetapi sebenarnya
saya melihat diri saya sebagai orang spanyol bukan orang cina
atau amerika. Walaupun saya lahir di Cina dan tinggal di
U.S., saya besar dan tumbuh di Panama, jadi saya merasa
sangat dekat dengan budaya di sana daripada budaya Amerika
atau Cina.
Hal itu bisa dimengerti. Tapi kedengarannya kamu lebih
triculturural. (pernyataan ini dapat membantu konseli
mengakui dan memeluk tiga budaya)
Tricultural, seperti tiga budaya? Panggilan yang cukup
menarik. Saya suka.
Selanjutnya, konselor mengeksplorasi tiga budaya yang ada pada Mike
yakni Panama-Cina-Amerika yang diidentifikasi terhadap dirinya, meliputi
identitas visible (Asian Chinese) versus invisible(Panamian), dengan kata lain
dapat diartikan sebagai bagaimana “yang lain” menetapkan Mike dengan Mike
menetapkan dirinya sendiri atau “harapan” untuk menetapkan dirinya. Konselor
menempatkan hubungan antara identitas dan bahasa (merasa lebih seperti orang
Panama ketika berbicara bahasa Spanyol), aspek-aspek situasi yang ada pada
bahasa dan identitas (bahasa Inggris di sekolah, bahasa Cina di rumah, bahasa
30
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
Spanyol ketika bersama teman), dan hubungan antara identitas dan agama
(orangtua Mike beragama Buddha dan Shinto, sedangkan Mike Kristen, yakni
agama yang konsisten dengan budaya hispanic). Selanjutnya diskusi tentang
sejarah pendidikan keluarga. Tingkat pendidikan tertinggi di keluarga Mike
adalah SMA dan pertama kali dimulai pada generasi orangtuanya, pada generasi
Mike (dirinya, adiknya, dan sepupunya) menjadi generasi pertama yang masuk
bangku kuliah.
Gambar genogram dari hasil wawancara konselor dengan Mike disajikan
pada gambar 2.4. berikut.
Pemilik
toko dan
Kakek
Pemilik toko
Nenek
Ibu RT Sekarang
ada di Panama
Kakek
Petani sekarang
ada di mexico
Nenek
Petani/ibu RT
sekarang ada di
mexico
31
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
2) Kasus Dave
Mainland China
Keterangan :
Wanita
Pria
Meninggal
H.L.E : High Level of
Education
Gambar 2.4
Genogram keluarga Mike
32
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
Dave adalah seorang pria berumur 19 tahun dan wargaAmerika keturunan
Albania. Dia juga merupakan mahasiswa di universitas yang sama dengan Mike.
Dia ditunjuk untuk mempertimbangkan akademiknya danmelakukan konseling
pribadi. Dave telah bertemu konselor beberapa minggu dan pada pertemuan
tersebut dia terkesan kurang yakin dengan jurusan yang dimasukinya dan juga
mengenai tujuan kariernya.
Berikut adalah percakapan antara Mike dengan konselor pada pertemuan
berikutnya.
Konselor :
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
Beberapa waktu lalu ketika kita bertemu, kamu memiliki
ketidakpastian dalam tujuan karier atau ketertarikan terhadap
itu. Maukah kamu mencoba sebuah latihan yang di dalamnya
dapat mengeksplorasi sejarah karier keluarga. Mungkin keragu-raguanmu itu berhubungan dengan hal ini. Ini juga dapat
membantu saya dalam memahami bagaimana kamu
memandang dunia pekerjaan. Pada latihan ini kita perlu
membentuk suatu genogram. Tahukah apa genogram?
Tidak, apa genogram?
Genogram serupa dengan pohon keluarga, di mana kita
memetakan keluargamu, baik itu keluarga inti maupunyang
lebih luas, dan juga karier mereka. (menginformasikan pada
konseli tentang perlunya membentuk genogram).
Ya, saya tahu pohon keluarga, tapi saya belum pernah
membuatnya.
Maukah kamu membuat genogram bersama-sama?
Baiklah.
Ok, kita mulai dengan kakek-nenekmu, atau keluarga terjauh
yang dapat kamu ingat dari pihak ibumu. Mereka aslimana, dan
apa yang mereka lakukan?
Sejauh ini saya hanya tahu mengenai kakek-nenek. Nenek saya
orang jerman, dia imigrasi ke U.S. Kakek saya orangamerika,
tapi saya tidak ingat apa yang dia lakukan. Saya hanya tahu
kalau kakek seorang alkoholik dan meninggal karena kanker
paru-paru. Dan saya pun tahu kalau dia punya istritapi bukan
nenekku.
Maksudmu nenekmu itu merupakan istri kedua atau kekasih
kakekmu? (penting untuk mengklarifikasi hubungan yang ada
dalam keluarga, menyimpan peristiwa penting secara
emosional dalam pikiran dapat menimbulkan daya tahan atau
33
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
reaksi yang kuat. Beberapa tingkat kepercayaan dan
pemahaman, seperti keterbukaan di antara Dave dan konselor,
mungkin juga dibutuhkan ketika menanyakan pertanyaan-pertanyaan langsung atau pribadi).
Mungkin. Mereka pasangan yang aneh.
Tahukah kamu apa yang nenekmu lakukan?
Tidak. Saya tidak tahu. Saya hanya tahu kalau sekarang dia
bekerja di toko bahan makanan. Apakah semua orang benar-benar tahu tentang bahan itu? Saya tidak pernah memikirkan
hal ini sebelumnya. Pada kenyataanya saya tahu kakek saya
tidak ada apa-apanya.
Baik, terdapat beberapa yang kamu ketahui dan tidaktentang
keluargamu. Tidak ada orang yang harus mengetahui
semuanya, tetapi sedikit apapun informasi yang kamuberikan
akan sangat membantu. (menormalkan pengalaman dan
membiarkan konseli mengetahui bahwa dia tidak perlu
mengetahui semua tentang keluarganya) disamping itu, kamu
dapat kembali dan merubah atau memilih celahnya nanti. Saya
akan memberikan salinan genogram ini padamu nanti, jadi
kamu tidak perlu mengingat atau merekamnya sekarang.
(genogram sebagai sebuah “hadiah” yang nyata dari konselor
pada konseli) bagaimana dengan kakek-nenek dari pihak ayah?
Mereka berdua berasal dari Albania dan berimigrasi ke U.S.
Kakek saya bekerja di restoran, dan dia memiliki banyak uang
di Albania, tapi tidak ada di U.S. Nenek saya seorang ibu
rumah tangga. Termasuk ayah saya, mereka memiliki enam
anak. Saya harap saya dapat mengetahui lebih jauh tentang
budaya Albania yang ada pada diri saya, tapi saya tidak tahu.
Saya bahkan tidak menggunakan bahasanya. Dan sangat sulit
bagi saya untuk mencari lebih jauh tentang budaya Albania
karena kakek-nenek telah meninggal. Hanya nenek dari pihak
ibu yang masih hidup. Terdapat ayah saya, adik perempuan
dan laki-lakinya.
Ya, siapa mereka dan apa yang mereka lakukan?
Ayah saya adalah anak pertama dari enam bersaudara.Dia
adalah seorang desainer tetapi sekarang sudah tidakmampu
lagi. Kemudian adik laki-lakinya seorang mekanis kapal
terbang, tadinya dia tentara, sekarang bekerja untuk pemerintah
pusat. Berikutnya adik laki-laki yang berada di rumah sakit
jiwa dan saya hanya melihat dia sekali. Tidak ada orang yang
membicarakan tentang dirinya, hal ini seperti rahasia besar.
Selanjutnya terdapat tiga bibi yang menjadi ibu rumah tangga,
walaupun satu bibi bekerja sebagai seorang pustakawan dan
yang lainnya penjual eceran paruh waktu.
Baru-baru ini kamu mengatakan tertarik pada psikologi dan
mungkin akan berkarier pada ranah tersebut. Menurutmu
34
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
Dave :
apakah dengan memiliki paman di rumah sakit jiwa maka perlu
ada sesuatu yang perlu dilakukan dengan hal tersebut? (catatan
sejarah pekerjaan/pengangguran dan masalah psikologi juga
medis dalam keluarga dapat digunakan untuk bertanyatentang
kemungkinan hubungannya).
Tidak, saya meragukannya.
Ok. Bagaimana tentang paman ipar, suami bibimu? (penting
menanyakan tentang keluarga yang tidak sedarah)
Salah satu dari mereka adalah kepala sekolah, satunya tidak
banyak diceritakan, dan yang satu lagi saya tidak tahu.
Genogram ini menjadi lambat, apakah kita hampir selesai?
Ya, kita hampir selesai. Saya memiliki sedikit pertanyaan
tentang keluarga dari pihak ibumu, dirimu dan saudara-saudaramu. Adakah sesuatu yang membuatmu kurang jelas
atau terganggu tentang hal ini, atau ada sesuatu yang ingin
kamu ungkapkan? (bertanya dan mengklarifikasi apa yang
benar-benar diperhatikan konseli: perasaan ketika latihan
genogram berlangsung atau harapan konseli untuk
mendiskusikan hal lain).
Tidak, saya akan melanjutkan genogram ini kalau memang
sebentar lagi. Saya hanya tidak tahu ini akan kemana.
Itu wajar. Saya tahu mungkin sekarang tidak jelas,tapi saat kita
mengetahui keseluruhannya hal ini akan berguna. Saya berjanji
akan memenuhi dan menjawab apa pun pertanyaanmu nanti.
(diketahuinya proses tersebut dapat memunculkan keambiguan
tetapi semuanya akan diklarifikasi nanti). Ok, bisakah kita
memproses genogram ini?
Ya.
Dapatkah kamu memberitahu saya tentang keluarga dari pihak
ibumu.
Ya, di pihak ibu saya, terdapat ibu saya dan kedua paman saya.
Ibu saya adalah ibu rumah tangga tapi sekarang dia bekerja di
toko bahan makanan. Adiknya yang satu memiliki penyakit
leukemia dan cacat, dan adik satunya lagi adalah seorang
pekerja fisik.
Adakah sepupu atau orang di luar keluarga yang sangat
mempengaruhimu? (penting untuk menanyakan tentang orang
yang berpengaruh terhadap konseli- seperti guru, teman,
tetangga, pendeta).
Tidak, tidak juga. Maksud saya, semua sepupu saya masih
kecil, tapi saya punya pasangan dan dua kakak laki-laki, D and
A, yang sangat saya kagumi dan hormati. Tidak pura-pura
seperti orang lain. Mereka tidak perduli dengan pikiran orang
lain dan melakukan apa yang mereka inginkan. Dan pacar saya
Susan dia sangat pintar, mahasiswa pekerja keras yang kuliah di
universitas lain.
35
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
Konselor :
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
Dave :
Konselor :
Ada lagi orang lain, atau seseorang yang lebih tua darimu dan
yang kau anggap sebagai panutan?
Tidak, aku tidak bisa memikirkan orang lain.
Terakhir kita akan menuju padamu dan saudara-saudaramu.
Kamu anak ke berapa dari berapa bersaudara?
Saya anak kedua dari enam bersaudara.
Kita mulai dengan kakakmu, apakah dia perempuan atau laki-laki, dan apa yang dia lakukan?
Dia perempuan dan dia bekerja sebagai resepsionis di fitness
club.
Kemudian dirimu…
Ya, berikutnya saya, dan sekarang saya di sini. Kemudian ada
dua adik laki-laki setelah saya, D dan A. kemudiansatu adik
perempuan, E, dan satu adik laki-laki, D. mereka semua masih
sekolah, tetapi hanya saya yang duduk di bangku kuliah.
Apakah mereka tahu apa yang mereka inginkan atau lakukan di
masa depan?
Adik saya D, dia ingin menjadi seorang ahli mekanik. Dia
selalu tahu dia ingin menjadi seorang mekanik, itulah yang dia
tanamkan dari sekarang. Saya juga berharap dapat seperti itu.
Jadi, impian karier seperti apa yang kamu miliki saat masih
kecil?
Suatu waktu saya ingin menjadi pilot pesawat tempur. Tapi juga
saya ingin menjadi pembalap mobil, seorang detektif, dan juga
arkeolog. Tetapi itu semua hanya pemikiran fantasianak kecil.
Apakah saya menjadi salah satu di antaranya? Tidak.Bahkan
ayah saya ingin menjadi pilot, tetapi ayahnya tidak
mengijinkan.
Jadi, mungkin bukan berarti tidak ada keinginan tetapi tidak ada
dukungan.
Mungkin, saya sangat bingung, saya bahkan tidak tahu apa yang
harus saya lakukan besok.
Ini bukanlah proses yang mudah, dan ini akan memakan
beberapa waktu sebelum kamu menemukan apa yang benar-benar ingin kamu lakukan. Yang terpenting adalah kamu
memulai perjalanannya sekarang. Lihat genogrammu, adakah
keluarga atau karier mereka yang sesuai dengan dirimu?
Tidak ada di antara mereka yang dapat dikatakan “karier” atau
karier yang menarik perhatian saya.
Itu merupakan salah satu cara untuk memandangnya. Hal ini
terlihat bahwa kamu benar-benar tidak memiliki seseorang yang
dekat atau jauh dari pihak keluarga yang sesuai dengan karier
yang kamu inginkan, apakah itu panutan, dukungan, atau hanya
pencerahan pada karier yang berbeda. Ini akan menjelaskan
mengapa kamu tidak bisa memutuskan jurusan yang akan kamu
ambil dan juga tujuan kariermu. (membantu memvalidkan dan
36
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
Dave :
melengkapi kepastian konseli terhadap ketiadaan panutan,
dukungan, pencerahan pada karier). Tidak semua orang
memerlukan panutan dan dukungan tetapi hal ini akanmenjadi
sulit tanpa itu semua. Beruntung, kamu memiliki teman-teman
yang baik dan saudara laki-laki yang dapat diajak bertukar
pikiran. Saya pikir ini akan membantu kita pada pertemuan
berikutnya untuk mengeksplorasi berbagai karier yang
membuatmu tertarik saat masih kecil dan lihat apa yang
membuat hal tersebut menarik perhatianmu dan kemungkinan
di antaranya yang dapat kamu capai. Dan jika kamu mau, saya
akan mengatur jadwal untukmu mengisi careers interest
inventory, yang dapat mengukur ketertarikan terhadap salah
satu jenis pekerjaan dan lingkungan pekerjaan yang berbeda,
dan kita dapat melihat apa yang muncul dari sana. Bagaimana
menurutmu?
Saya bisa melakukannya.
Gambar genogram dari hasil wawancara konselor dengan Dave disajikan
pada gambar 2.5. berikut.
? ?
Nenek
Dari Jerman
imigrasi ke
Menikah?
?
Kakek
Warga
amerika
Nenek
Orang
Albania
Kakek
Orang Albania
imigrasi ke
37
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
b. Penggunaan Genogram Secara Klasikal/Kelompok
Keterangan :
Wanita
Pria
Meninggal
Gambar 2.5
Genogram Dave
38
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
Penggunaan genogram secara klasikal dilakukan oleh Gibson (2005),
terhadap para siswa yang berada di sekolah menengah. Hal ini dikarenakan pada
saat sekolah menengah, siswa mulai terlibat pada penilaian yang lebih formal
terhadap minat, dan bakat yang mereka miliki (online).
Pada penggunaan genogram secara klasikal, guru ataukonselor perlu
memberikan penjelasan tentang bentuk-bentuk dan garis-garis yang akan
digunakan. Instruksi yang diberikan dapat seperti berikut ini.
Hari ini, setiap orang akan menggambarkan secara visual tentang keluarga
masing-masing. Gambar ini disebut genogram (memberikan contoh
gambar genogram). Pada genogram, kotak menunjukkanseorang pria
dalam keluarga, dan lingkaran menunjukkan seorang wanita, dan terdapat
garis yang menunjukkan tipe-tipe hubungan di antarasatu anggota dengan
anggota keluarga yang lainnya. Pertama-tama, kita akan mengambarkan
posisi kalian dan adik/kakak kalian pada genogram. Dimulai dengan
menempatkan anak pertama pada halaman kiri bawah. Kemudian
dilanjutkan dengan anak ke dua dan seterusnya, darikiri ke kanan (tertua
ke termuda).
Setelah pemberian instruksi tersebut, selanjutnya konselor atau guru
menunjukkan cara membuat genogram.
Selanjutnya, gambarkan dan tempatkan ayahmu juga kakak/adiknya pada
halaman kiri bawah di atasmu dan kakak/adikmu.
Ingat, posisikan mereka dari kiri ke kanan, dari yang tertua ke termuda.
Kamu akan melakukan hal yang serupa pada ibumu dan kakak/adiknya.
Perubahan instruksi dapat terjadi pada siswa yang single-parentatau
berada di tempat penampungan atau juga yang tinggaldengan wali. Maksud dari
penggunaan genogram ini adalah untuk menguji hubungan yang ada dalam
pekerjaan dan keputusan pendidikan.
Selain itu, lebih luas lagi penugasan ini dapat mendorong siswa untuk
bertanya pada orangtuanya tentang “mengapa” orangtuanya memilih suatu
39
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
pendidikan atau karier tertentu, “apa” yang mempengaruhi keputusan mereka
tersebut, dan “kapan” mereka membuat keputusan itu.
Untuk mendukung pemahaman siswa mengenai dunia pekerjaan dan
pendidikan konselor atau guru perlu memberikan materi tambahan mengenai hal
tersebut agar siswa mampu mengeksplorasi sejarah pendidikan dan pekerjaan
yang ada dalam keluarga mereka, misalnya dengan memberikan informasi tentang
alamat website, buku-buku, atau hal lainnya yang berkaitan denganpekerjaan dan
pendidikan.
C. Tahapan Genogram dalam Konseling Karier
Menurut Gibson (2005), terdapat empat tahapan yang harus ditempuh
dalam membentuk genogram, di antaranya: (1) konselor memberikan penjelasan
kepada siswa tentang cara membuat genogram. Pada tahap ini konselor juga
menjelaskan tentang bentuk dan garis yang digunakandalam genogram dan
selanjutnya konselor memberikan tugas rumah kepada siswa berupa beberapa
pertanyaan terkait dengan tipe-tipe pekerjaan, hobi, pendidikan dan alasan
pemilihan karier yang ditujukan pada anggota keluarga mereka; (2) Siswa diminta
untuk bertanya kepada orangtuanya tentang alasan “mengapa” orangtuanya
memilih pendidikan dan jenjang karier tertentu, faktor “apa” yang mempengaruhi
keputusan mereka, “siapa” yang mempengaruhi keputusan mereka, dan “kapan”
mereka membuat keputusan; (3) konselor sekolah membantu siswa
mengeksplorasi sejarah pendidikan dan pekerjaan keluarga mereka. Pada tahap
ini konselor juga memberikan informasi karier kepada siswa terkait pendidikan
40
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
dan pekerjaan yang ada dalam keluarga mereka melalui berbagai media yang ada
seperti pemberian alamat situs web, dan buku; dan (4) konselor dapat melakukan
proses perluasan genogram karier secara individual maupun kelompok kecil
dengan siswa (online).
Okiishi (Supriatna, 2009: 64), dalam wawancara konseling kariernya
dengan menggunakan genogram, menunjukkan bahwa terdapat tiga tahapan yang
harus ditempuh dalam pembentukkan genogram, yaitu: (1) konstruksi genogram;
(2) identifikasi jabatan; dan (3) eksplorasi konseli.
1. Konstruksi genogram
Proses ini merupakan tahap pertama untuk memetakan/membuat gambar
silsilah atau asal-usul keluarga konseli sebanyak tiga generasi, yaitu generasi
konseli, generasi orangtua konseli dan generasi kakek nenek konseli. Seluruh
angota keluarga dari ketiga generasi yang diketahuioleh konseli dibuat
gambarnya; konselor membuat gambar tersebut bersama-sama dengan konseli.
Gambar tersebut hendaknya memberi penjelasan hal-hal penting berkenaan
dengan silsilah dari ketiga generasi konseli, dengan mencantumkan tanda atau
simbol tertentu yang dapat dipahami oleh guru pembimbing dan konseli
(Supriatna dan Ilfiandra, 2006: 11-12).
2. Identifikasi jabatan
41
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
Pada tahap ini guru pembimbing bersama konseli berupaya menelusuri
bidang-bidang pekerjaan/jabatan yang ada pada anggota keluarga dari tiga
generasi itu, termasuk usaha yang ditempuh untuk memperoleh pekerjaan/jabatan,
tingkat keberhasilan, dan konsekuensinya dalam segala aspek kehidupan yang
bersangkutan (Supriatna dan Ilfiandra, 2006: 12).
3. Eksplorasi konseli
Tahap ini memfokuskan kajian terhadap diri konseli agar memperoleh
pemahaman diri dan lingkungan serta dapat merencanakan kariernya. Oleh karena
itu, hal-hal yang perlu dianalisis selama wawancaragenogram adalah: (1) isi
pengamatan diri konseli; (2) pemahaman lingkungan/dunia kerja; (3) proses
pembuatan keputusan; model-model pola hidup; dan (5) model-model
okupasional. Sedangkan yang perlu didiskusikan olehguru pembimbing dengan
siswa adalah: (1) keberhasilan-keberhasilan anggotakeluarga; (2) mobilitas
anggota keluarga; (3) pengelolaan waktu; dan (4) integritas diri (Supriatna dan
Ilfiandra, 2006: 12).
Sejalan dengan pendapat di atas, Surya (1988: 52) menyatakan bahwa
terdapat sedikitnya tiga tahapan penggunaan genogram dalam konseling karier,
yakni (1) tahapan pertama adalah konselor membentukgenogram berdasarkan
informasi dan arahan dari konseli, (2) konselor bersama konseli mencatat
pekerjaan-pekerjaan individu-individu tertentu yangditunjukan dalam genogram,
(3) konselor bersama konseli mengeksplorasi individu-individu yang dinyatakan
42
Rima Irmayanti, 2011
Penggunaan Genogram untuk Mengembangkan …
Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu
dalam genogram, dengan memberikan catatan mengenai model-model peranan
itu.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga tahapan yang
harus dilalui dalam membentuk genogram, yakni (1) konstruksi genogram; (2)
identifikasi pendidikan dan pekerjaan; dan (3) eksplorasi konseli.

01/01/2013 - Posted by | Belajar Dan Pembelajaran

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 741 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: