BIOLOGI ONLINE

blog pendidikan biologi

SISTEM GERAK MANUSIA

Gerak

Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh makhluk hidup. Makhluk hidup akan bergerak bila aka impuls atau rangsangan yang mengenai sebagian atau  seluruh bagian tubuhnya.  Pada hewan dan manusia dapat mewakili pengertian gerak secara umum dan dapat dilihat dengan kasat mata/secara nyata. Gerak pada manusia dan hewan menggunakan alat gerak yang tersusun dalam sistem gerak.

Sedangkan untuk tumbuhan, gerak yang dilakukan tidak akan terlihat oleh kasat mata karena terjadi di dalam suatu organ atau sel tumbuhan. Dengan demikian tidak dapat disamakan arti gerak pada seluruh makhluk hidup. Gerak pada tumbuhan juga melibatkan alat gerak, tetapi alat gerak yang digunakan tergantung dari impuls atau rangsangan yang mengenai sel/jaringan/organ tumbuhan tersebut. Pembahasan gerak pada tumbuhan akan lebih rinci pada bab selanjutnya di semester yang akan datang.

Alat gerak

Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada 2 macam yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat melakukan pergerakkannya sendiri. Tanpa adanya alat gerak aktif yang menempel pada tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki senyawa kimia yaitu protein aktin dan myosin yang bergabung menjadi satu membentuk aktomiosin. Dengan aktomiosin inilah otot dapat bergerak. Sehingga pada saat otot menempel pada tulang dan bergerak dengan otomatis tulang juga akan bergerak.

Dengan memiliki aktomiosin ini maka otot mempunyai sifat yang lentur/fleksibel dan mempunyai kemampuan untuk memendekkan serabut ototnya (pada saat kontraksi) dan memanjangkan serabut ototnya (pada saat relaksasi/kembali pada posisi semula)

Rangka/Skeleton

Tulang-tulang  yang bergabung menjadi satu kasatuan disebut rangka atau skeleton. Berdasarkan letaknya skeleton dibedakan menjdi 2 jenis :

  1. Eksoskeleton

Yaitu rangka yang terdapat di luar tubuh makhluk hidup. Skeleton jenis ini terdapat hampir di semua jenis Invertebarta tingkat rendah kecuali Protozoa, Invertebrata tingkat tinggi kecuali Phyllum Mollusca, Class Chepalopoda, species Loligo sp/cumi-cumi.

  1. Endoskeleton

Yaitu rangka yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup. Skeleton jenis ini terdapat pada seluruh Vertebrata, Class Pisces, Amphia, Reptilia, Aves dan Mammalia (PARAM) kecuali Reptilia jenis Kura-kura dan Penyu. Selain itu terdapat juga di pada hewan Invertebrata Phyllum Mollusca, Class Cephalopoda, species Loligo sp/cumi-cumi.

Fungsi rangka :

  1. Memberikan bentuk tubuh makhluk hidup.
  2. Melindungi organ-organ tubuh yang vital.
  3. Menahan dan menegakkan tubuh.
  4. Tempat pembentukan sel darah.
  5. Tempat perlekatan otot.
  6. Tempat penimbunan/penyimpanan zat kapur.
  7. Sebagai alat gerak pasif.

Alat gerak pasif/tulang

Tulang dapat dibedakan berdasarkan jaringan penyusunnya dan sifat-sifat fisik yaitu :

1) Tulang rawan/tulang muda/cartilago

  • Cartilago berfungsi untuk melindungi bagian ujung epifise tulang. Terutama dalam proses osifikasi/penulangan. Cartilago banyak banyak dijumpai pada masa bayi terutama pada saat proses perkembangan embrio menjadi fetus. Pembentukan rangka fetus di dominasi oleh cartilago. Seiring dengan perkembangan fetus menjadi bayi dan memasuki usia pertumbuhan serta dewasa, maka cartilage ini akan mengalami peristiwa osifikasi. Tetapi tidak semua cartilago dalam tubuh, masih ada beberapa yang tetap menjadi cartilago. Seperti dijumpai pada trachea/tenggorokan, daun telinga, hidung bagian ujung, ruas-ruas persendian tulang.

Cartilago tersusun atas matriks condrin yaitu berupa cairan kental yang banyak mengandung zat perekat kolagen yang tersusun atas protein dan sedikit zat kapur/Carbonat.  Dengan adanya condrin ini dapat memberikan sifat lentur pada cartilago. Pada anak-anak cartilage lebih banyak mengandung sel pembentuk tulang rawan dari pada matriks, sedangkan pada orang dewasa berkebalikan.

Cartilago dibentuk oleh zat pembentuk tulang rawan yang disebut dengan Condrosit. Tulang rawan berawal dari selaput tulang rawan yang disebut pericondrium. Pericondrium berfungsi untuk memberikan kebutuhan nutrisi bagi cartilage karena banyak mengandung pembuluh darah. Dalam pericondrium  banyak mengandung condroblast yaitu sel pembentuk condrosit.

  • Cartilago berdasarkan kandungan matriksnya dibedakan menjadi :
  1. a. Cartilago Hialin

Cartilago ini memiliki kandungan matriks homogen yang kaya akan serabut kolagen, transparan dan halus. Cartilago Hialin bersifat lentur/elastic dan kuat. Pada tubuh dapat dijumpai pada organ permukaan persendian, tulang iga dan pada saluran respirasi terutama dinding trachea yang berbentuk cincin.

  1. b. Cartilago Fibrosa/serabut

Cartilago ini memiliki kandungan matriks berupa berkas-berkas serabut kolagen. Cartilago Fibrosa bersifat kurang lentur. Dapat dijumpai pada ruas-ruas tulang belakang, pada tulang tempurung lutut (tendon dan ligamentum) dan tulang gelang panggul.

  1. c. Cartilago Elastin/elastic

Cartilago ini memiliki kandungan matriks berupa serabut elastic berwarna kuning yang bercabang-cabang. Bersifat lentur/elastic dan tidakakan berubah menjadi tulang sejati bila manusia beranjak  dewasa. Dapat dijumpai pada ujung hidung/cuping, saluran eustachius  (pada telinga bagian tengah)  dan daun telinga.

2) Tulang keras/tulang sejati/osteon

  • Osteon berfungsi :
  1. Sebagai penyusun sistem rangka tubuh.
  2. Sebagai pelindung organ-organ yang vital.
  • Terbentuk melalui proses :
  1. Osifikasi

Yaitu proses perubahan tulang rawan/tulang muda menjadi tulang sejati atau tulang keras.

Pada peristiwa ini tulang rawan akan terisi dengan matriks Calcium, protein, sedikit zat perekat kolagen sehingga akan membuat tulang sejati bersifat kaku/tidak lentur dan membuat tulang mudah retak atau patah. Secara perlahan matriks tulang rawan akan terisi oleh Calcium dan  fosfor (phosphate), hal inilah yang membuat osteon menjadi  keras.

  1. Kalsifikasi

Yaitu proses pengisian Calcium Carbonat pada peristiwa osifikasi.

  • Pembentuk sel tulang sejati disebut osteocyte/osteosit. Osteosit ini akan dibentuk oleh osteoblast yaitu sel tulang muda yang nantinya akan membentuk osteosit/perombak sel-sel tulang.  Selaput pelindung tulang sejati disebut periosteum.  Kandungan yang terdapat dalam matriks osteon adalah Calcium Carbonat atau CaCO3 dan Calcium Phosphat atau Ca3(PO4)2.

Apabila tulang dipotong secara melintang dan dilihat dengan mikroskop akan tampak gambaran suatu sistem yang disebut sistem Havers/Haversii. Sistem Havers/Haversii yaitu suatu kesatuan sel-sel tulang dan matriks tulang mengelilingi suatu pembuluh darah dan saraf yang membentuk suatu sistem.

Di dalam sistem ini terdapat lamella konsentris atau lingkaran-lingkaran yang merupakan kesatuanpembuluh darah dan sel saraf.  Selain itu dalam lamella konsentris terdapat rongga/cawan tempat sel tulang berada yang disebut lakuna. Jika sel tulang telah mati hanya akan nampak rongga/lekukannya saja.  Antar lakuna dihubungkan dengan saluran kecil beruapa kanal yang disebut dengan kanalikuli yang berfungsi untuk menyalurkan kebutuhan nutrisi sel tulang dalam pertumbuhannya. Saluran ini tersusun dari pembuluh darah dan sel saraf.

  • Pembagian tulang :
  1. a. Berdasarkan bentuknya dibedakan menjadi :  (PIPIPEN)

©       Tulang pipa/panjang

Tulang ini pada umumnya berbentuk tabung, berongga dan memanjang. Pada kedua bagian ujungnya terjadi perluasan tulang. Fungsi dari perluasan ini untuk berhubungan dengan tulang yang lain. Pada rongga tulang ini berisi sumsum kuning dan lemak.

Tulang  pipa terbagi menjadi 3 bagian yaitu epifise yaitu bagian dikedua ujung tulang yang berbentuk bonggol/membulat, kemudian bagian tengah tulang yang disebut diafise. Daerah antara diafise dengan epifise terdapat cakraepifise a9tepatnya lebih mengarah pada dekat ujung epifise) yang tersusun dari cartilago yang aktif membelah pada usia pertumbuhan. Pada orang dewasa cakraepifise ini sudah menulang.

Tulang pipa dapat dijumpai pada Os. Humerus, Os. Radius, Os. Ulna, Os. Tibia, Os. Fibula, ruas-ruas Os. Digiti Phalanges Manus, dll.

©       Tulang pipih

Tulang pipih berbentuk gepeng memipih, tipis. Tulang ini tersusun dari 2 buah lempengan tulang kompak dan tulang spons. Rongga diantara kedua lempengan tulang tersebut terisi sumsum merah.

Tulang pipih dapat dijumpai pada Os. Costae, Os. Scapula, Os. Sternum, Os. Cranium, dll.

©       Tulang pendek

Tulang pendek berbentuk bulat dan pendek tidak beraturan atau silinder kecil. Rongga tulang pendek berisi sumsum merah.

Tulang pendek dapat dijumpai pada ruas-ruas Os. Vertebrae, ruas-ruas Os. Tarsal, ruas-ruas Os. Carpal, dll.

  1. b. Berdasarkan matriksnya dibedakan menjadi :

©       Tulang kompak/padat

Yaitu merupakan tulang yang memiliki matriks padat dan rapat. Tidak dijumpai adanya celah tanpa matriks  dalam rongga tulang ini.

Dapat dijumpai pada tulang pipa/tulang panjang.

©       Tulang spons/bunga karang

Yaitu merupakan tulang yang memiliki matriks yang tidak padat/berongga. Dapat dijumpai pada tulang pipih dan tulang pendek.

  1. c. Berdasarkan letaknya tulang dibedakan menjadi :

©       Tulang Axial terdiri dari :

  1. A. Tulang Tengkorak :

1)      Tulang dahi                                                 = 1 buah

2)      Tulang ubun-ubun                                   = 2 buah

3)      Tulang kepala bagianbelakang            = 1 buah

4)      Tulang pelipis                                             = 2 buah

5)      Tulang baji                                                  = 2 buah

6)      Tulang tapis                                                                = 2 buah

7)      Tulang mata                                               = 2 buah

8)      Tulang air mata                                         = 2 buah

9)      Tulang rongga mata                                                = 2 buah

10)   Tulang pipi                                                  = 2 buah

11)   Tulang hidung                                            = 2 buah

12)   Tulang rahang atas                                  = 2 buah

13)   Tulang rahang bawah                             = 2 buah

14)   Tulang langit-langit                                  = 2 buah

15)   Tulang pangkal lidah                               = 1 buah

  1. B. Tulang Pendengaran :

1)      Tulang martil                                              = 2 buah

2)      Tulang landasan                                        = 2 buah

3)      Tulang sanggurdi                                      = 2 buah

  1. C. Tulang badan :

1)      Tulang leher                                               = 7 ruas

2)      Tulang punggung                                     = 12 ruas

3)      Tulang pinggang                                       = 5 ruas

4)      Tulang kelangkang                                   = 5 buah

5)      Tulang ekor                                                =4 ruas (menyatu)

  1. D. Tulang dada :

1)      Tulang dada bagian hulu                       = 1 buah

2)      Tulang dada bagian badan                    = 1 buah

3)      Tulang dada bagian taju pedang        = 1buah

  1. E. Tulang rusuk :

1)      Tulang rusuk sejati                          = 7 pasang

2)      Tulang rusuk palsu                           = 3 pasang

3)      Tulang rusuk melayang                  = 2 pasang

  1. F. Tulang gelang bahu :

1)      Tulang selangka                                        = 2 buah

2)      Tulang belikat                                            = 2 buah

  1. G. Tulang gelang panggul :

1)      Tulang usus                                                                = 2 buah

2)      Tulang duduk                                             = 2 buah

3)      Tulang kemaluan                                      = 2 buah

©       Tulang Apendikuler/Extremitas

A. Tulang pergerakan atas :

1)         Tulang lengan atas                                   = 2 buah

2)         Tulang pengumpil                                    = 2 buah

3)         Tulang hasta                                               = 2 buah

4)         Tulang pergelangan tangan                 = 2 x 8 buah

5)         Tulang telapak tangan                            = 2 x 5 buah

6)         Tulang ruas jari tangan                           = 2 x 14 ruas

B. Tulang pergerakan bawah :

1)         Tulang paha                                                = 2 buah

2)         Tulang tempurung lutut                        = 2 buah

3)         Tulang betis                                                = 2 buah

4)         Tulang kering                                             = 2 buah

5)         Tulang pergelangan kaki                       = 2 x 7 ruas

6)         Tulang telapak kaki                                  = 2 x 5 buah

7)         Tulang ruas jari kaki                                 = 2 x 14 ruas

CATATAN :

UNTUK PENAMAAN TULANG DALAM BAHASA LATIN LIHAT RINGKASAN SISTEM GERAK MATERI 3.2 (PROGRAM EXCEL).

Persendian/artikulasi

Merupakan hubungan antara 2 buah tulang. Struktur khusus yang terdapat pada artikulasi yang dapat memungkinkanuntuk pergerakan disebut  dengan sendi.

Artikulasi dapat dibedakkan menjadi :

1) SINARTHROSIS

Disebut juga dengan sendi mati.

Yaitu hubungan antara 2 tulang yang tidak dapat digerakkan sama sekali. Artikulasi ini tidak memiliki celah sendi dan dihubungkan dengan jaringan serabut. Dijumpai pada hubungan tulang pada tulang-tulang tengkorak yang disebut sutura/suture.

2) AMFIARTHROSIS

Disebut juga dengan sendi kaku.

Yaitu hubungan antara 2 tulang  yang dapat digerakkan secara terbatas. Artikulasi ini dihubungkan dengan cartilago.  Dijumpai pada hubungan ruas-ruas tulang belakang, tulang rusuk dengan tulang belakang.

3) DIARTHROSIS

Disebut juga dengan sendi hidup.

Yaitu hubungan antara 2 tulang  yang  dapat digerakkan secara leluasa atau tidak terbatas. Untuk melindungi bagian ujung-ujung tulang sendi, di daerah persendian terdapat rongga yang berisi minyak sendi/cairan synovial yang berfunggsi sebagai pelumas sendi.

Dapat dibedakan menjadi :

a) Sendi engsel

Yaitu hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan hanya satu arah saja. Dijumpai pada hubungan tulang Os. Humerus dengan Os. Ulna dan Os. Radius/sendi pada siku, hubungan antar Os. Femur dengan Os. Tibia dan Os. Fibula/sendi pada lutut.

b) Sendi pelana/sendi sellaris

Yaitu hubungan antar tulang yang memungkinkan  gerakan kedua arah. Dijumpai pada hubungan antara Os. Carpal dengan Os. Metacarpal, sendi pada tulang ibu jari.

c) Sendi putar

Yaitu hubungan antar tulang yang memungkinkan salah satu tulang berputar terhadap tulang yang lain sebagai porosnya. Dijumpai pada hubungan antara Os. Humerus dengan Os. Ulna dan Os. Radius, hubungan antar Os. Atlas dengan Os. Cranium.

d) Sendi peluru/endartrosis

Yaitu hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan ke segala arah/gerakan bebas. Dijumpai pada hubungan Os. Scapula dengan Os. Humerus, hubungan antara Os. Femur dengan Os. Pelvis virilis.

e) Sendi geser

Yaitu hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan pada satu bidang  saja atau gerakan bergeser. Dijumpai pada ruas-ruas Os. Vertebrae, ruas-ruas Os. Metatarsal dan ruas-ruas Os. Metacarpal.

f) Sendi  luncur

Yaitu hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan badan melengkung ke depan (membungkuk) dan ke belakang serta gerakan memutar (menggeliat).

g) Sendi gulung

Yaitu hubungan antar tulang yang gerakan tulangnya seolah-olah mengitari tulang yang lain. Dijumpai pada hubungan Os. Metacarpal dengan Os. Radius.

h) Sendi ovoid

Yaitu hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan berporos dua, dengan gerak ke kiri dan ke kanan; gerakan maju dan mundur; gerakan muka/depan dan belakang.  Ujung tulang yang satu berbentuk ovaldanmasuk ke dalam suatu lekuk yang berbentuk elips. Dijumpai pada hubungan Os. Radius dengan Os. Carpal.

Alat Gerak Aktif/Otot

Berdasarkan struktur selnya dibedakan menjadi  :

  1. Otot Polos/Licin
  • Memiliki bentuk sel otot seperti silibdris/gelendong dengan kedua ujung meruncing.
  • Memiliki satu buah inti sel yang terletak di tengah sel otot.
  • Mempunyai permukaan sel otot yang polos dan halus/licin.
  • Pergerakan sel otot ini diluar kehendak/tanpa disadari dengan sifat pergerakan lambat dan teratur. Sehingga dengan demikian tidak memungkinkan cepat lelah pada sel otot.
  • Sel otot ini banyak dijumpai di seluruh organ dalam tubuh keculai jantung dan rangka.
  1. Otot Lurik/Seran Lintang/Rangka

1)      Memiliki bentuk sel yang panjang seperti serabut/benang/filament.

2)      Memiliki banyak inti sel yang terletak di tepi.

3)      Memiliki permukaan yang tampak bergaris-garis gelap dan terang yanag melintang pada struktur selnya. Hal ini dikarenakan adanya myofibril yang tidak seragam/tidak sama tebalnya pad permukaan sel otot.

4)      Pergerakan sel otot ini sesuai dengan kehendak/diperintah oleh otak. Sehingga sifat pergerakannya cepat dan tidak teratur serta mudah lelah.

5)      Sel otot ini hanya dijumpai di rangka, karena melekat di tulang untuk pergerakan.

  1. Otot Jantung/myocardium
  • Memiliki bentuksel yang memanjang seperti serabut/filament yang bercabang. Percabangan sel otot jantung disebut dengan Sinsitium.
  • Memilki banyak inti sel yang terletak di tepi agak ke tengah.
  • Pergerakan sel otot ini tanpa disadari/diluar kehendak.s ehingga sifat pergerakannya adalah lamat, teratur dan tidak mudah lelah.
  • Sel otot ini hanya dijumpai pada organ jantung.

Berdasarkan cara kerjanya dibedakan  menjadi :

1) Otot sinergis

Yaitu hubungan antar otot yang cara kerjanya saling mendukung/bekerja sama/menimbulkan gerakan yang searah.

Ex :

©       Seluruh otot pronator yang mengatur pergerakan telapak  tangan untuk menelungkup.

©       Seluruh otot supinator yang mengatur pergerakan telapak tangan m enengadah.

2) Otot antagonis

Yaitu hubungan antar otot sayng cara kerjanya saling berlawanan/bertolak belakang/tidak searah.

Macamynya :

  • Otot ekstensor (meluruskan) dengan fleksor (membengkokkan).
  • Otot abductor (menjauhi sumbu badan) dengan adductor (mendekatisumbu badan).
  • Otot supinator (menengadah) dengan pronator (menelungkup).
  • Otot depressor (gerakan ke bawah) dengan elevator (gerakan ke atas).

Berdasarkan perlekatannya dibedakan  menjadi :

1 Origo

Yaitu bagian ujung otot yang melekat pada tulang dengan pergerakan yang tetap/stabil pada saat kontraksi.

2 Insersio

Yaitu bagian ujung otot yang melekat pada tulang dengan pergerakan yang berubah posisi pada saat kontraksi.

Bagan/skema mekanisme cara kerja otot.

1 Kontraksi

Impuls                  sel otot                 ujung saraf                         asetilkolin                            sel otot                 membebaskan ion Ca 2+ protein aktin + myosin                   aktomiosin                          serabut otot memendek                              kontraksi.

2 Relaksasi

Impuls                  plasma sel otot                                  menyerap Ca 2+ aktomiosin                          aktin + myosin                   serabut otot memanjang                             relaksasi.

Kelainan pada tulang dan otot

Penyebab kelaian oleh :

  • Genetis
  • Kuman penyakit.
  • Kelainan susunan tulang dan sendi.
  • Kebiasaan sikap duduk yang salah.
  • Kebiasaan aktivitas kerja yang berlebihan.
  • Kurang gizi.
  • Kecelakaan.

Macam kelainan pada sistem gerak

v  Fraktura /patah tulang

Yaitu kelainan pada tulang akibat kecelakaan, baik kendaraan bermotor atau jatuh. Dibedakan menjadi 2 yaitu fraktura yang tertutup (patah tulang yang tidak sampai merobek  kulit/otot) dan fraktura yang terbuka (patah tulang yang merobek/menembus kulit/otot).

Osteoporosis

Yaitu kelainan pada tulang  yang disebakan karena adanya pengeropososan tulang. Hal ini karena tubuh sudah tidak mampu lagi menyerap dan menggunakan Calcium  secara normal.

Fisura/retak tulang

Yaitu kelainan tulang yang  menimbulkan keretakan pada tulang, akibat kecelakaaan.

Lordosis

Yaitu kelainan tulang karena sikap duduk sehingga tulang belakang  melekung pada daerah lumbalis. Ha ini akan mengakibatkan posisi kepala tertarik ke belakang.

Skolisosis

Yaitu kelainan tulang karena sikap duduk sehingga tulang belakang melekung ke araah lateral. Hal ini akan  menyebabkan badan akan bengkok membentuk huruf S.

Kifosis

Yaitu kelainan tulang karena sikap duduk sehingga tulang belakang yanag terlalu membengkok ke  belakang.

Hipertrofi

Yaitu kelainan otot yang membesar dan menjadi lebih kuat karena sel otot diberikan kegiatan/aktivitas yang terus menerus secara berlebihan.

Atrofi

Yaitu kelainan otot yang mengecil, lemah, fungsi otot yang menurun. Hal ini disebabkan adanya penyakit polimielitis yang dapat merusakkan sel saraf pada otot.

Stiff/kaku leher

Yaitu kelainan otot karena adanya peradangan otot trapesius leher akibat gerakan yang menghentak secara tiba-tiba/salah gerak.

Tetanus

Yaitu kelainan otot yang disebabkan adanya infeksi bakteri Clostridium tetani. Sehingga menyebabkan otot menjadi kejang-kejang.

v  Dll.

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad. 2003. Kamus Lengkap Kedokteran Edisi Revisi. Gita Media Press, Surabaya. h. 127, 204 – 205, 215, 217, 249, 251.

Amien, M. 1995. Biologi 2 untuk Sekolah Menengah Umum Kelas 2. Penerbit Balai Pustaka, Jakarta. h. 69, 70, 74 – 75, 78, 81, 85 – 86.

Encyclopaedia Britannica 2008 Ultimate Reference Suite, Chicago.

Furqonita,D. 2007. Seri IPA-BIOLOGI 3 SMP Kelas IX. Quadra-Penerbit Yuhistira, Jakarta. h. 47 – 48, 51, 61.

Kadaryanto et al. 2006. Biologi 2. Penerbit Yudhistira, Jakarta. h. 53, 56.

Karmana, O. Dan Anwar, A. 1987. Penuntun Pelajaran BIOLOGI Berdasarkan Kurikulum 1984 Disesuaikan dengan GBPP 1987. Untuk SMA kelas IIA2 Semester 3 dan 4. Penerbit Ganeca Exact, Bandung. h. 232, 234, 236 – 237.

Lawrence, E. 1991. Hendersdon’s Dictionary of Biological Terms Tenth Edition. Longman Scientific & Technical. Longman Group (FE) Ltd. England. h. 161, 176, 503, 530.

Microsoft Encarta Reference Library 2009.

Pratiwi, D.A. et al. 2000. Buku Penuntun Biologi untuk SMU kelas 2. Penerbit Erlangga, Jakarta. h. 74 – 78.

Prawirohartono,S. dan Hadisumarto, S. 1999. Sains Biologi-2b,Untuk SMU Kelas 2 Tengah Tahun Kedua Sesuai Kurikulum 1994. Penerbit Bumi Aksara,  Jakarta. h. 82, 84, 89, 87.

Prawirohartono, S. dan Kuncorowati. 2003. Biologi 2 Untuk Kelas 2 SLTPKurikulum 1994 Semester 1 dan Semester 2. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta. h. 94, 96, 100, 102, 105, 109.

Saktiyono. 2004. Sains : Biologi SMP 2 Untuk Kelas VIII. Esis-Penerbit Erlangga, Jakarta. h. 63, 74, 78, 80.

————–. 2004. Sains : IPA Biologi 2 Untuk SLTP Kelas 2. Esis-Penerbit Erlangga, Jakarta. h. 32 – 33, 45.

Tim IPA SMP/MTs. 2007. Ilmu Pengetahuan Alam 2 Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Galaxy Puspa Mega, Jakarta.  h. 18, 21.

Tim Biologi SMU.1997. Biologi 2. Galaxy Puspa Mega. Jakarta.

IKLAN

CV ZAIF ILMIAH (BIRO JASA PEMBUATAN PTK, KARYA ILMIAH, PPT PEMBELAJARAN, RPP, SILABUS, DLL))

Ingin membuat PTK tapi merasa sulit???? Ingin membuat Karya Ilmiah tetapi kesusahan??? Ingin membuat presentasi powerpoint untu pembelajaran merasa sulit dan gaptek????? Ingin membuat RPP dan silabus serta perangkat pembelajaran tetapi susah????? Kini tidak usah bingung lagi ada Pak Zaif yang siap membantu berbagai kesulitan dan kesusahan yang anda hadapi di bidang pendidikan di CV Zaif Ilmiah semua masalah anda di bidang pendidikan akan dibantu, ingin membuat PTK saya bantu, membuat Karya Ilmiah saya bantu, membuat berbagai perangkat pembelajaran saya bantu untuk info lebih lanjut hubungi Contact Person 081938633462 INSYA ALLAH semua kesulitan dan kesusahan anda akan ada solusinya jangan lupa hubungi Pak Zaif di nomer 081938633462 ATAU lewat E-mail di zaifbio@gmail.com. DIJAMIN PTK ATAU KARYA ILMIAHNYA BARU LANGSUNG DIBIKINKAN BUKAN STOK LAMA ATAU COPY PASTE SEHINGGA DIJAMIN ORIGINALITASNYA TERIMA KASIH DAN SALAM GURU SUKSES PAK ZAIF

IKLAN

Ingin kaos bertema PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN?, bosan dengan kaos yang ada?, ingin mengedukasi keluarga atau murid dengan pembelajaran. HANYA KAMI SATU-SATUNYA DI INDONESIA PERTAMA KALI KAOS BERTEMA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN COCOK DIPAKAI UNTUK SEMUA KALANGAN DAN MEMBERI KESAN EDUKASI DAN PEMBELAJARAN DALAM SETIAP PEMAKAIAANYA

Jangan lupa kunjungi web kami di http://os-kaos.com/ untuk melihat berbagai koleksi kaos pendidikan dan pembelajaran dari kami like juga FP kami di https://www.facebook.com/oskaos1745

Fast Respon CP : 081938633462 dan 082331864747

ee9f2fe2-288a-4081-829e-cac8538debd6wallpaper

About these ads

04/29/2010 - Posted by | ANFISMAN

108 Komentar »

  1. tolong berikan gambarnya!

    Komentar oleh davinasofiya | 08/20/2010

  2. aq ingin cmuanya komplit sprti teka teki silang karena itu juga termasuk tugas

    trma ksihhhh

    Komentar oleh eva | 10/28/2010

  3. tolong berikan cara rehabilitasinya

    Komentar oleh nurny | 11/02/2010

  4. makasih infonya berguna bgt gampang dipahami anak sma

    Komentar oleh dita widira | 11/18/2010

  5. Aku mau nyari Nama Ilmiahnya..

    Komentar oleh Nuril | 11/19/2010

  6. Dengn adax pnjelsn tntng tlng ini. kt Bs lbh menjg tlng kt dngn berolhrg agr tlng kt tdk rsk atau trkn bnyk kelainan sprt pnjlsn d ats.

    Wassalam…………….

    Komentar oleh Muh.Amirsyah | 11/23/2010

  7. kurang lengkaaaap -_-

    Komentar oleh selma ghaida | 11/29/2010

  8. terimakasih banyak atas banntuannya….
    kalau bisa tambah lagi agar saya dapat mampir k.blog ini lagi……

    Komentar oleh mohammad fadhil | 01/23/2011

  9. makasih untuk informasinya :)
    klo ad penjelasan berupa gamba” bagian sistem geraknya psti TAMBAH BGUS LAGI…
    so far thank’s for this information :)

    Komentar oleh tie hajar | 01/28/2011

  10. sipt sipt sipt

    Komentar oleh aulia indar a | 03/23/2011

  11. terima kasih ya.. Udah cukup lengkap laah. *Maaf komen yg sebelumnya kok pada nyesek sih? peace* Kalau menerut Aku sih udah lengkap. Hehehe ^^

    Komentar oleh ichach | 04/10/2011

  12. thanks y…
    Buat bhan ujian

    Komentar oleh imansyah | 04/23/2011

  13. ijin saya copy yaa. makasih

    Komentar oleh icha cahaya | 07/27/2011

  14. sangat membantu..

    Makasih :)

    Komentar oleh gueh | 08/02/2011

  15. sangat membantu tugas saya ya

    Komentar oleh badrun | 09/19/2011

  16. makasi…:)
    sangat bermanfaat sekali …:)

    Komentar oleh Ira Pertiwi | 09/22/2011

  17. izin copast ya :)
    cz aku lagi ada tugas
    makasih
    ;)

    Komentar oleh tiwi lestari tiwiplen | 09/24/2011

  18. tambah gambar pasti makin sip

    Komentar oleh Jamilatul Mala | 09/25/2011

  19. aq mau tanya donk
    1. Kerja otot yang saling bekrja sama contohnya pada saat ………..
    2. hubungan antara otot dengan tulang disebut………
    3. mengapa tulang disebut sebagai alat gerak pasif ? jelaskan pula jenis-jenis tulang berdasarkan matriks peyusunnya !
    4. apakah yang kalian ketahui tentang sinfibrosis!
    5. mengapa sendi tulang tengkorak tidak dapat digerakkansama sekali ?
    6. jelaskan perbedaan otot rangka, otot polos, dan otot jantung !

    pliss di jawab

    Komentar oleh amell | 09/26/2011

  20. nih artikel dah bgus sebenar.a,,cman krang sntuhan dkit ajj,,
    yaitu gambar…
    skalian gambar.a donk!

    Komentar oleh ditta | 09/28/2011

  21. ada nggak blog yang bagus gini tapi pakai bahasa inggris, makassih

    Komentar oleh ais | 10/03/2011

  22. makaih infonya

    Komentar oleh Ini kiki elah. (@Ainindiamkc) | 10/24/2011

  23. jika bisa tolong dilengkapi dengan gambar gambarnya biar lebih riel

    Komentar oleh bambang sumartono | 11/02/2011

  24. bisa menjelaskan mekanisme gerak otot dengan lebih sederhana???

    Komentar oleh ika | 11/03/2011

  25. Organ apa yang termasuk sistem gerak? dan apa fungsi organ tersebut?

    Komentar oleh Mayang | 11/06/2011

  26. blogny BGUSS,,
    jdii bsa sya jawaab ulngan

    Komentar oleh didin | 11/08/2011

  27. mkaz!h y ataz pembelajaran sperti ini,
    saya menjad! tmbah wawawasan’y………thank you

    Komentar oleh yekti bayuana | 11/11/2011

  28. makasii yaa.. :D

    Komentar oleh esa | 11/11/2011

  29. pngen tw lbih bnyaq tntag pljran biolgi tlong brkan pnjlsan yg lbih rinci a…….?????

    Komentar oleh Pakpahan Nak MO | 11/14/2011

  30. mudah dipahami dan ckup mengrty tapi kurang sempurna tanpa ada gambarnya.

    Komentar oleh miftakhul | 11/15/2011

  31. mKazIeh. . .eaw atazZz artiKelx qUe mDah pHam

    Komentar oleh anjelo | 11/17/2011

  32. makasih yach sangat membantu

    Komentar oleh asiahnaseeta | 11/30/2011

  33. UUUUUUUHHHH AKHIRNYA TUGAS DAH DI DAPAT DEH ……… maKasih BuaNYak yah!!!111

    Komentar oleh INNAH , KANIA & OCHE | 12/03/2011

  34. seeep

    Komentar oleh john | 12/11/2011

  35. postngan nya bner” lngkp ,makasìh !!!

    Komentar oleh iyan | 12/13/2011

  36. Akhirnya selesai nie tugas matane
    wez…
    Uye…

    Komentar oleh Yohanes | 12/13/2011

  37. posting’a bgus…..
    Q ska…

    Komentar oleh winda | 12/15/2011

  38. gambarnya mana om???

    Komentar oleh gatot kaca | 01/10/2012

  39. [...] : http://zaifbio.wordpress.com/2010/04/29/sistem-gerak-manusia/ comments: 0 » « PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK [...]

    Ping balik oleh asyiknya-belajar.com » Blog Archive » SISTEM GERAK MANUSIA | 01/10/2012

  40. pertumbuhan manusia harus dibarengi dengan makanan yang bergizi dan olahraga yang cukup…………..
    lebih nyaman bukan;)

    Komentar oleh arda | 01/25/2012

  41. Q mau tanya donk
    gambarkan sel lengkap secara skematis

    Komentar oleh echy | 02/01/2012

  42. Jenis gerakan pada suatu sendi manusia dapat berupa : adukasi,abdukasi,fleksi, ekstensi ataupun rotasi. Semakin banyak : jenis gerakan dan arah yg suatu sendi dpt lakukan, maka derjat gerakan dari sendi itu akan semakin tinggi pula.
    Nah, diantara pilihan berikut pernyataan yg benar adl : a. Sendi putar > sendi peluru.
    b. Sendi luncur sendi pelana
    atas jawabannya saya ucapkan trims…..

    Komentar oleh adi | 02/14/2012

  43. artikelnya sudah bagus, lebih menarik lagi jika disetai dengan gambar tulang dan sendi-sendi

    Komentar oleh abahoez rusmana | 03/08/2012

  44. asik juga ini…… tp gambarnya mana?

    Komentar oleh bima | 03/10/2012

  45. Makasih yh udh mnyediakn informasi ,,,,
    kn bsa d buad ujian pkaktek Hhe….:-@

    Komentar oleh Fahmi | 03/16/2012

  46. emmmmm…………….

    lengkap dengan pr aq

    hahaha………………………..

    Komentar oleh fran siska kaban | 03/20/2012

  47. soal-soalnya juga dong.
    bilingual kalo bisa :D

    Komentar oleh intan widya | 03/31/2012

  48. salam, izin copy tentang sistem havers. Jika ada waktu, kunjung balik ke http://www.biologi.lkp.web.id trims

    Komentar oleh misterluthfi | 04/22/2012

  49. banguus banget blognya , jadi pengetahuan buat ente

    Komentar oleh cari kado unik | 05/07/2012

  50. CARA JITU CEPAT LULUS TES TPA Oto BAPPENAS, PSIKOTES, TOEFL UJIAN SARINGAN MASUK CPNS/BUMN, S2 (PASCA SARJANA) UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN, UI INTERNATIONAL (PASTI BISA)
    SPESIALIS PELATIHAN TPA/PSIKOTES/ TOEFL UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN,UI INTERNATIONAL
    Ijin no:3789/PLSM/ I-133/VII/ 1995

    CARA JITU, CEPAT LULUS TES TPA, PSIKOTES &TOEFL (PASTI BISA)!
    Kami adalah Spesialis pelatihan TPA (Test Potensi Akademik)/PSIKOTES dan TOEFL memberikan pelayanan jasa pelatihan TPA dan TOEFL. Adapun pelatihan TPA, PSIKOTES dan TOEFL merupakan persyaratan Mutlak bagi Bapak/Ibu guna untuk mengikuti:
    - Tes Kenaikan Jabatan / Pangkat untuk CPNS dan BUMN
    - Tes untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang S1,Pasca Sarjana S2 untuk UMUM.
    - MEMBANTU REKAN-REKAN MAHASISWA/UMUM AGAR LULUS PSIKOTES DAN WAWANCARA KE PERUSAHAAN OIL AND GAS, BANK- BANK,CPNS, SERTA PERUSAHAAN MULTI NASIONAL LAINNYA DI SELURUH INDONESIA(SUDAH TERBUKTI).
    Note:
    - Biaya Belajar di Bayar di Muka

    HUBUNGI KAMI di:
    LYSSA,ST,MM / 021.71136838/ 0813 1879 2677
    Wisma Metropolitan 2,World Trade Centre, Jl. Jendral Sudirman,Jakarta

    Komentar oleh lyssa, ST,MM | 07/01/2012

  51. makasi,tpi bagusnya pake gamnbar,supaya tau gambar tulan-tulangny

    Komentar oleh Vidia Rachmanita Fauziah | 08/07/2012

  52. sangat membantu saya thanks,, maaf saya copy

    Komentar oleh ellyana | 08/09/2012

  53. makasih ini sangat membantu saya

    Komentar oleh eri rahmawati | 08/13/2012

  54. thanks ^_^

    Komentar oleh kultsum | 08/26/2012

  55. menarik sekali…dan memang untuk pendidikan

    Komentar oleh ferry | 08/30/2012

  56. Pas banget nih buat belajar smbil Online*Eh :D

    Komentar oleh Cha a.K.a Annisa | 09/03/2012

  57. makasih y untuk pengatahuannya?
    jadi sekarang saya bisa

    Komentar oleh andika purnama | 09/03/2012

  58. ea ko kga ada gambar nya pak….???
    mungkin kalau d kasih gambar lebih menarik lagi pak

    Komentar oleh muhammad syifa | 09/03/2012

  59. Terima kasih atas pengetahuan yang di berikan kepada bapa di situs online

    Komentar oleh Dhini Damayanti | 09/15/2012

  60. betul tu pak klo gak di kasih gambar kurang bagus,pak terima kasih ya,sekarang saya jadi bisa tentang pelajaran ipa

    Komentar oleh maulana | 09/15/2012

  61. izin Copy ya :)
    bagus materinya

    Komentar oleh sigit | 09/22/2012

  62. apa ini jelek sekali

    Komentar oleh alex | 09/25/2012

  63. yang di maksud sistem gerak apa sihh??

    Komentar oleh shintia c'cwe cutte | 09/26/2012

  64. terima kasih atas bantuannya
    aku izi copy ea

    Komentar oleh meilyn moenza | 09/29/2012

  65. tolong donk ksi gambar,byar lebih ngerti gitu:)

    Komentar oleh amanda patma yunita | 10/02/2012

  66. terima kasih atas informasinya sangat bermanfaat loh

    Komentar oleh syindy | 10/03/2012

  67. Mudh di phmi…tpi krang lngkp tnp gmbrnya

    Komentar oleh Dano | 10/08/2012

  68. klo bsa disajikn dgn sistem bilingual (dua bahasa) Indonesia-Inggris mengingat bnyk skli skolh yg memberlakukan bhsa pngantar mnggunakan bhsa inggris dlm setiap materi di sekolh.thanks. . .

    Komentar oleh nadya | 10/15/2012

  69. makasih ya…
    materinya lengkap…

    Komentar oleh ISRA HAYYUMI | 10/24/2012

  70. nah, disitu tertulis kalau peyebab bergeraknya tubuh itu ada pada otot, rangsangan, dan tulang. lantas, apakah ada peranan sel dalam pergerakan otot ?

    Komentar oleh maudya ratna | 10/26/2012

  71. thanks
    lumayan nih bwat bljr sambil baring.

    Komentar oleh agan | 11/04/2012

  72. mengapa para arkeolog sering menggunakan tulang untuk memperkirakan kehidupan masa lampau. Mohon dijawab

    Komentar oleh dewa ganteng | 11/04/2012

  73. kalau penjelasan tentang sistem pencernaan ada nggak? balez

    Komentar oleh arnirarhamadani@yahoo.co.id | 11/06/2012

  74. makasih ya infonya berguna banget :D
    oh iya izin copas yooo :)

    Komentar oleh kehebatan | 11/08/2012

  75. thanks ya infonya :D oh iya izin copas yooo

    Komentar oleh kehebatan | 11/08/2012

  76. tingkatkan

    Komentar oleh rara | 11/10/2012

  77. oncak

    Komentar oleh kemas.m.rizki.nr | 11/25/2012

  78. Jail

    Komentar oleh kemas.m.rizki.nr | 11/25/2012

  79. thank’s buat artikelnya..salam kenal…

    Komentar oleh Materi Sekolah | 11/26/2012

  80. Terima kasih.. sangat membantu :D

    Komentar oleh Monica Vania | 11/30/2012

  81. sangat membantu :D

    (padahal ga baca…) wkwkwkwkwkw

    Komentar oleh rafa | 12/06/2012

  82. blh aq kopi ngak…………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Komentar oleh d'princesss | 12/11/2012

  83. thank’s info nya..
    sangat membantu tugas kuliah sayaa ..
    mau tanya donk…
    pleksus lat gerak ada gag yaa??

    Komentar oleh meldaramadona | 12/22/2012

  84. Reblogged this on Melda Ramadona and commented:
    thank’s :-)

    Komentar oleh meldaramadona | 12/22/2012

  85. Tengkayu………

    Komentar oleh Syair | 02/01/2013

  86. Heya! I just wanted to ask if you ever have
    any problems with hackers? My last blog (wordpress) was hacked
    and I ended up losing months of hard work due to no backup.
    Do you have any methods to prevent hackers?

    Komentar oleh Drug Abuse Intervention | 05/23/2013

  87. trmksh,ini sangat bermanfaat

    Komentar oleh zamzamidin | 06/02/2013

  88. thank y atas cmua ilmu.@.by.furqan pondok pesantren syamsuddaha cotmurong

    Komentar oleh dokter furqan best m'kes | 07/16/2013

  89. terima kasih atas pemberitahuannya

    Komentar oleh ferry | 08/17/2013

  90. Ihhh… gak lngkp dech gak puaz bngt

    Komentar oleh Imelia Ade Fitri | 08/17/2013

  91. kurang lengkap….

    Komentar oleh menel.muna@yahooo.com | 08/21/2013

  92. Thanks buat ilmunya…….,

    Komentar oleh malius ondon | 08/28/2013

  93. terima kasih telah memberitahukan saya jawaban yang komplit…..
    salam
    jun love widat

    Komentar oleh jun love widat | 09/02/2013

  94. makasih udah mau berbagi ilmunya, berguna banget

    Komentar oleh bb precabbz | 09/24/2013

  95. kita orang cpt lulus karena belajar

    Komentar oleh dedek hebat | 09/30/2013

  96. gvbhcfbvg

    Komentar oleh fifi | 10/01/2013

  97. makasih banyak…… :)

    Komentar oleh muchlis (@MvkLi5) | 10/07/2013

  98. trims ya.wawasanku jadi bertambah tapi fungsi otot kok nggak ada ya?

    Komentar oleh hehehe | 10/15/2013

  99. makasih sekali lagi

    Komentar oleh hahaha | 10/15/2013

  100. gak lengkap blazz …
    sak jane lek nggolek nggolek ndek internet ikuw kudu complit
    lek gak complit iku pengetahuanku cethek :( :’(

    Komentar oleh nhiia sukha vich_vich ... | 10/15/2013

  101. aapa ithu :p [[like]]
    hhahaha :D
    becanda

    Komentar oleh akhu mith_muth suka vicho | 10/15/2013

  102. Bagusss …………
    Lengkap …………
    Oiiii ………………..

    makasih ya yank :*
    mumumumuachh :*

    Komentar oleh Arefya keskysya chinta argianittha putri | 10/16/2013

  103. panyakit tulang teratus ad gak ??

    Komentar oleh canin | 10/18/2013

  104. Aq bth mtery lbh lngkps agy y…. sbgy bhn pmbleajaran eaa

    Komentar oleh biologiendah | 10/30/2013

  105. thank for your information :)

    Komentar oleh juli | 11/09/2013

  106. apakah yg di maksud lakuna?

    Komentar oleh aima frozen | 11/23/2013

  107. makasih ….

    Komentar oleh Priyanka Irasadha | 03/10/2014


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 741 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: