BIOLOGI ONLINE

blog pendidikan biologi

Pertumbuhan dan Perkembangan

A. Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran, baik volume, bobot, dan jumlah sel yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke asal). Sedangkan, perkembangan adalah perubahan atau diferensiasi sel menuju keadaan yang lebih dewasa.

Pertumbuhan dan perkembangan memiliki arti yang sangat penting bagi makhluk hidup. Misalnya pada manusia, dengan tumbuh dan berkembang dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan melestarikan keturunannya. Sewaktu masih bayi, balita, dan anak kecil, manusia memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah sehingga mudah terserang penyakit. Tetapi, setelah tumbuh dan berkembang menjadi dewasa, daya tahan tubuhnya semakin kuat sehingga kelangsungan hidupnya lebih terjamin.

Pertumbuhan dan perkembangan membawa manusia kepada kedewasaan. Setelah dewasa, manusia dapat menghasilkan keturunan sehingga populasi manusia akan terjaga kelestariannya. Sekarang, coba kamu bayangkan jika tidak terjadi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia? Mungkin populasi manusia akan punah. Begitu juga dengan hewan dan tumbuhan. Jika hewan dan tumbuhan tidak mengalami pertumbuhan dan perkembangan, maka akan mengalami kepunahan.

Pada tumbuhan, perkembangan ini menghasilkan bermacam-macam jaringan dan organ tumbuhan. Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan berbedabeda antara spesies satu dengan spesies yang lain. Tetapi, pada dasarnya memiliki persamaan tahapan perkembangan, yaitu sebagai berikut.

  1. P embelahan Sel

Setelah terjadi fertilisasi (pembuahan sel gamet jantan dan sel gamet betina), terbentuklah zigot. Zigot mengalami pembelahan mitosis secara terus-menerus. Pembelahan ini berlangsung sangat cepat. Sel-sel yang dihasilkan dari pembelahan disebut morula. Morula berkembang menjadi bentuk yang berlubang disebut blastula.

  1. Morfogenesis

Blastula terus mengalami pembelahan sel. Selama pembelahan ini terjadi morfogenesis, yaitu proses perkembangan bentuk berbagai bagian tubuh embrio.

  1. Diferensiasi

Blastula terus membelah dan membentuk gastrula. Dari gastrula terbentuk embrio. Sel-sel embrio berkembang terus membentuk jaringan, organ, dan sistem organ yang membentuk struktur dan fungsi khusus yang nantinya difungsikan pada waktu dewasa.

  1. Pertumbuhan

Setelah terbentuk organ, terjadi pertumbuhan makhluk hidup menjadi lebih besar. Perkembangan berjalan seiring dengan pertumbuhan. Perkembangan adalah proses mencapai kedewasaan. Perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan, yaitu per-tumbuhan dapat diukur dengan ukuran tertentu, sedangkan perkembangan tidak dapat diukur dengan suatu ukuran.

B. Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

Perkembangan pada tumbuhan diawali dengan fertilisasi. Pada awal perkembangannya, embrio mendapatkan makanan dari kotiledon. Kotiledon terdapat pada biji tumbuhan tingkat tinggi. Tumbuhan dikotil memiliki dua kotiledon, sedangkan monokotil memiliki satu kotiledon. Pertumbuhan awal tumbuhan dari biji menjadi tanaman baru disebut perkecambahan. Berdasarkan letak kotiledonnya, perkecambahan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu epigeal dan hipogeal. a. P ada perkecambahan epigeal, kotiledon terdapat di permukaan tanah karena terdorong oleh pertumbuhan hipokotil yang memanjang ke atas.

b. Pada perkecambahan hipogeal, kotiledon tetap berada di bawah tanah, sedangkan plumula keluar dari permukaan tanah disebabkan pertumbuhan epikotil yang memanjang ke arah atas.

Pertumbuhan pada tumbuhan terjadi di meristem (titik tumbuh) yang terdapat pada ujng akar dan batang. Meristem akan mengalami pembelahan mitosis. Oleh karena itu, ujung batang dan ujung batang akan bertambah panjang dan besar.

Pertumbuhan disebabkan oleh pertambahan besar dan panjang sel-sel itu sendiri. Pada batang terdapat dua jenis tunas, yaitu tunas yang letaknya di ujung batang yang disebut tunas terminal dan mengandung meristem apikal, serta tunas samping yang nantinya membentuk cabang batang, daun, dan bunga.

Batang tumbuhan selain bertambah panjang juga dapat bertambah besar. Hal ini dikarenakan adanya aktivitas kambium, yang termasuk jaringan meristem yang sel-selnya aktif membelah. Letak kambium di antara jaringan xilem dan floem. Kambium akan terus membentuk jaringan xilem dan floem baru sehingga batang makin lama akan menjadi besar. Aktivitas kambium meninggalkan batas yang jelas pada batang. Batas ini disebut lingkaran tahun.

C. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dipengaruhi oleh faktor genetik dan hormon, air dan nutrisi, cahaya, oksigen, suhu, kelembapan, dan pH.

  1. Faktor Genetik

Faktor genetik terdapat dalam gen. Gen terdapat di kromosom dalam inti sel. Gen ini mempengaruhi ukuran dan bentuk tubuh tumbuhan. Hal ini disebabkan karena gen berfungsi mengatur sintesis enzim untuk mengendalikan proses kimia dalam sel. Proses kimia dalam sel ini yang menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh tumbuhan.

  1. Faktor Hormon

Hormon adalah senyawa organik tumbuhan yang mampu menimbulkan respons fisiologi pada tumbuhan. Hormon tumbuhan bermacam-macam, tetapi ada lima hormon tumbuhan yang sangat penting, yaitu:

  1. a. Auksin

Auksin adalah hormon yang berasal dari titik tumbuh tumbuhan, seperti ujung tunas, kambium, bunga, buah, dan ujung akar. Auksin berfungsi merangsang pertumbuhan sel ujung batang, pertumbuhan akar lateral dan akar serabut, dan merangsang pembentukan bunga dan buah. Selain itu, auksin berfungsi mempercepat aktivitas pembelahan sel titik tumbuh dan menyebabkan diferensiasi sel menjadi xilem.

  1. b. Sitokinin

Sitokinin adalah zat tumbuh yang pertama kali ditemukan pada batang tembakau. Hormon ini memiliki beberapa fungsi, antara lain: 1)  Merangsang diferensiasi sel-sel yang dihasilkan dalam meristem. 2) Menunda pengguguran dan penuaan daun.

3) Memperkecil dominasi apikal sehingga mendorong pertumbuhan tunas samping dan perluasan daun. 4) Memacu pembelahan sel dalam jaringan meristematik. 5) Merangsang pembentukan pucuk dan mampu memecah

masa istirahat biji.

  1. c. Giberelin

Giberelin merupakan zat tumbuh yang memiliki sifat seperti auksin. Giberelin terdapat di hampir semua bagian tanaman, seperti biji, daun muda, dan akar. Giberelin memiliki beberapa fungsi, antara lain: 1) Memacu perpanjangan secara abnormal batang utuh.   2) Mempengaruhi perkembangan bunga dan buah. 3) Mempengaruhi perkecambahan biji. 4) Merangsang pembelahan dan pemanjangan sel. Untuk tumbuhan yang kerdil, jika diberi giberelin akan tumbuh secara normal.

  1. d. Gas Etilen

Gas etilen dihasilkan oleh buah yang sudah tua, tetapi

masih berwarna hijau yang disimpan dalam kantung tertutup agar cepat masak. Gas etilen juga berfungsi memacu perkecambahan biji, menebalkan batang, mendorong gugurnya daun, menunda pembungaan, dan menghambat pemanjangan batang kecambah.

  1. e. Asam Absisat

Asam absisat adalah hormon yang menghambat pertumbuhan tumbuhan. Hormon ini sangat diperlukan tumbuhan pada saat kondisi lingkungan tidak baik. Contohnya, pada saat musim kering atau musim dingin, tumbuhan menggugurkan daunnya untuk mengurangi penguapan yang berlebihan. Hal ini dilakukan dengan cara mengatur penutupan dan pembukaan stomata, terutama pada saat kekurangan air.

  1. Faktor Air dan Nutrisi

Tumbuhan membutuhkan air dan nutrisi untuk  pertumbuhan dan perkembangannya. Nutrisi ini harus tersedia dalam jumlah cukup dan seimbang. Nutrisi diambil tumbuhan dari dalam tanah dan udara.

Unsur-unsur yang dibutuhkan tumbuhan dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu zat-zat organik dan anorganik. Zat organik, seperti C, H, O, dan N, sedangkan zat anorganik, seperti Fe, Mg, K, dan Ca. Pertumbuhan tanaman akan terganggu jika salah satu unsur yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Misalnya, kurangnya unsur nitrogen dan fosfor pada tanaman menyebabkan tanaman menjadi kerdil. Kekurangan magnesium dan kalsium menyebabkan tanaman mengalami klorosis (daun berwarna pucat).

  1. Faktor Cahaya

Cahaya sangat diperlukan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Proses ini menghasilkan zat makanan yang diperlukan tumbuhan untuk pertumbuhannya dan untuk disimpan sebagai cadangan makanan yang bisa dikonsumsi oleh manusia dan hewan.

Efek cahaya meningkatkan kerja enzim untuk memproduksi zat metabolik untuk pembentukan klorofil. Sedangkan, pada proses fotosintesis, intensitas cahaya mempengaruhi laju fotosintesis saat berlangsung reaksi terang.

D. Pertumbuhan dan Perkembangan pada Hewan

Hewan juga mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan pada hewan adalah hasil proses pembelahan mitosis sel-sel tubuh. Hal ini menyebabkan sel membesar sehingga tubuh hewan menjadi besar dan panjang. Sedangkan, perkembangan adalah diferensiasi sel yang mengalami pembelahan menuju individu dewasa. Pertumbuhan pada hewan sering disebut juga perkembangan, yaitu perkembangan dari zigot sampai dewasa. Pertumbuhan dimulai dengan peleburan ovum (sel telur) dengan spermatozoa (sel sperma), dan dihasilkan zigot. Zigot akan bermitosis terus-menerus.

Fase-fase perkembangan zigot melalui beberapa tahap, yaitu:

  1. a. Stadium Morula

Pada perkembangan awal, zigot membelah menjadi 2,  kemudian 4, 8, dan seterusnya membentuk suatu wujud seperti buah murbei yang disebut morula. Morula mengandung banyak sel hasil mitosis yang berkumpul menjadi satu kesatuan.

  1. b. Stadium Blastula

Dari morula menjadi blastula. Dalam tahap ini masih berlangsung proses pembelahan sel sehingga terbentuk suatu rongga pada bagian tengah yang disebut blastosol.

  1. c. Stadium Gastrula

Dari blastula menjadi gastrula. Dalam tahap ini terjadi pembentukan lubang lekukan (blastopor) yang mempunyai  dua lapisan. Selanjutnya, sel-sel bagian permukaan lapisan ektoderm mengalami pelekukan ke dalam (invaginasi). Sel-sel tersebut mengisi ruang antara ektoderm dan endoderm membentuk lapisan mesoderm.

  1. d. Organogenesis (Pembentukan Organ)

Pada tahap ini terjadi diferensiasi (perkembangan sel-sel membentuk struktur dan fungsi khusus) dari: 1) Ektoderm menjadi kulit, sistem saraf, hidung (alat-alat indra), anus, kelenjar-kelenjar kulit, dan mulut. 2)  Mesoderm menjadi tulang, otot, ginjal, jantung, pembuluh darah, dan alat kelamin. 3)  Endoderm menjadi kelenjar-kelenjar yang mempunyai hubungan dengan alat pencernaan, paru-paru, dan alatalat pencernaan.

Setelah organogenesis selesai, selanjutnya penyempurnaan embrio menjadi fetus yang telah siap dilahirkan (hewan tingkat tinggi).

Pada hewan vertebrata, ada dua jenis tempat perkembangan embrio, yaitu di luar tubuh induk dan di dalam tubuh induk. Embrio tumbuh di luar tubuh induknya, misalnya pada ikan, reptil, amfibi, dan burung. Sedangkan, embrio tumbuh di dalam tubuh induknya, yaitu dalam rahim (uterus). Embrio di dalam uterus lamanya tergantung jenis hewan.

Pada serangga dan amfibi, dalam perkembangannya menjadi hewan dewasa mengalami perubahan bentuk yang berbeda dengan tahap sebelumnya. Hal ini disebut metamorfosis. Perkembangan ini terjadi mulai dari telur atau larva dan akan mencapai kematangan seksual pada saat dewasa.

Metamorfosis dibagi menjadi dua macam, metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Contoh metamorfosis sempurna adalah pada kupu-kupu dan katak. Sedangkan, metamorfosis tidak sempurna terjadi pada belalang.

Metamorfosis pada katak melalui beberapa fase, yaitu:

telur   →   berudu →   katak berekor →   katak dewasa

Sedangkan, metamorfosis pada belalang adalah: telur   →   larva   →   dewasa.

E. Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia

Manusia mengalami dua tahap pertumbuhan dan perkembangan, yaitu prakelahiran dan pascakelahiran. Berikut ini adalah uraian tentang tahapan pertumbuhan prakelahiran dan pascakelahiran pada manusia.

  1. Pertumbuhan Prakelahiran

Proses pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dimulai sejak terjadinya fertilisasi (pembuahan ovum oleh sperma) yang membentuk zigot. Zigot terus membelah membentuk embrio. Berikut ini adalah pertumbuhan dan perkembangan prakelahiran pada manusia.

  1. a. Fertilisasi (Pembuahan)

Pada proses ini terjadi pembuahan antara sel telur dan sel sperma yang menghasilkan zigot, secara genetik bisa laki-laki atau perempuan. Dari satu sel tumbuh menjadi dua sel, empat sel, dan seterusnya. Sel-sel ini akan membentuk tubuh embrio dan organ internal, organ luar, sakus amnio, dan chorion.

  1. b. Hari ke-6 s.d 9

Pada fase ini, embrio akan menanamkan diri atau menempel pada rahim ibunya.

  1. c. Minggu ke-2

Di sini terjadi pertumbuhan pertama sel-sel otak embrio. Tubuh embrio terbentuk menjadi 3 lapisan. Lapisan luar (eksoderm) akan berkembang menjadi lapisan luar kulit dan sistem saraf. Lapisan tengah (mesoderm) akan berkembang menjadi pembuluh darah, tulang, kartilago, dan otot. Lapisan dalam (endoderm) akan berkembang menjadi organ-organ dalam dan kelenjar-kelenjar.

  1. d. Minggu ke-3

Jantung embrio mulai berdenyut, semula hanya memiliki 1 ruang. Organ ini masih mengalami pertumbuhan dan perkembangan sampai seluruhnya dapat berfungsi sepenuhnya. Otak dan tulang belakang terpisah. Otak terbagi menjadi tiga segmen, yaitu otak depan, otak tengah, dan otak belakang. Plasenta dan anggota badan, seperti lengan dan kaki mulai terbentuk.

  1. e. Minggu ke-4

Sirkulasi dari dan ke plasenta dimulai. Plasenta adalah organ sistem sirkulasi antara ibu dan embrio. Melalui plasenta ini, ibu memberi nutriens dan oksigen ke embrio. Tumbuh jari-jari pada tangan, memiliki kaki, paha, dan alat organ dalam mulai tumbuh, seperti: lidah, esofagus, dan lambung. Selain itu, ginjal, hati, kantung empedu, dan pankreas berkembang untuk beberapa hari. Paru-paru mulai berkembang, kelenjar tiroid, dan lainnya terbentuk. Muka, organ indera, dan organ reproduksi mulai terbentuk.

  1. f. Minggu ke-5

Bagian-bagian otak mengalami spesialisasi fungsi. 40 hari gelombang otak bisa dideteksi. Telah terbentuk palate (lapisan dalam antara mulut dengan lidah), lengkap dengan ujung gigi. Wajah sudah menyerupai bentuk wajah manusia. Pada minggu ini, embrio mulai bergerak. Pergerakan awal ini penting untuk perkembangan kesehatan otot.

  1. g. Minggu ke-6

Aktivitas sistem saraf bisa dicatat. Embrio terlihat seperti bayi miniatur dan kepala terlihat lebih besar karena pertumbuhan otak cukup cepat. Jari-jari embrio sudah jelas. Wajah dan bibir-bibir sensitif terhadap sentuhan. Beberapa sistem organ, seperti jantung dan sistem saraf (otak) siap berfungsi. Jari kaki sudah jelas.

  1. h. Minggu ke-8

Embrio telah menjadi fetus karena telah selesai proses organogenesis (perkembangan dan pembentukan organ). Alat genital fetus sensitif terhadap sentuhan. Penutup mata mulai terbentuk (pelupuk mata).

  1. i. Minggu ke-10

Fetus telah sanggup mempertahankan kedudukan wajahnya dan posisi menghisap ibu jari, membuat gerakan bernapas dan gerakan menelan. Telapak tangan dan telapak kaki fetus sensitif terhadap sentuhan. Indera penciuman mulai berkembang. Gerakan fetus biasanya konstan, dapat melangkah, menendang, jungkir balik, meregangkan badan, dan menggerakkan lengan.

  1. j. Minggu ke-11 s.d 13

Sumsum tulang mulai memproduksi sel darah putih. Organ reproduksi luar tampak. Minggu ke 11, penis dan klitoris tampak sama. Bagian dalam telinga terbentuk, kemungkinan fetus bisa mendengar. Tulang mulai mengalami proses osifikasi, menjadi keras seperti tulang orang dewasa, namun fetus masih memiliki tulang yang lunak. Indera pengecap berkembang.

  1. k. Minggu ke-14

Fetus bereaksi terhadap suara dan ada reaksi bila mendengar. Fetus bisa merasakan emosi ibu saat senang dan sedih. Ibu bisa merasakan tendangan fetus yang kuat.

  1. l. Minggu ke-15 s.d 16

Sidik jari fetus telah ada, saraf telah dilapisi myelin, dan seluruh tubuh fetus sensitif terhadap sentuhan.

  1. m. Minggu ke-19

Bayi masih berumur muda. Bila lahir pada saat ini, rentan terhadap infeksi, sistem imun (kekebalan tubuh) belum sempurna, dan kemungkinan ada masalah dalam pernapasan.

  1. n. Minggu ke-24

Pada umur ini, bila bayi lahir kemungkinan bisa bertahan hidup di luar rahim.

  1. o. Minggu ke-38

Biasanya bayi lahir pada umur ini. Paru-paru bayi telah berfungsi sepenuhnya dan sistem imun siap untuk menghadapi dunia luar.

  1. Pertumbuhan Pascakelahiran

S etelah bayi lahir, tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan manusia adalah masa balita dan anak-anak, masa remaja, masa dewasa, dan masa tua (manula).

  1. a. Masa Balita dan Anak-Anak

Kelahiran merupakan perubahan lingkungan. Pertum-buhan dan perkembangan yang terjadi setelah kelahiran merupakan suatu proses kelanjutan dari proses perubahan dari embrio dan janin. Bayi sangat membutuhkan ASI (Air Susu Ibu) untuk pertumbuhannya.

Setelah bayi lahir, penyesuaian yang pertama kali adalah pernapasan karena setelah lahir persediaan O

dari ibu terputus. Saat bayi lahir, perubahan mendadak antara udara yang hangat di dalam rahim dengan udara luar yang dingin menyebabkan bayi menangis sehingga menarik udara masuk paru-paru dan pernapasan pun dimulai.

Pada saat bayi lahir, gigi susu serta gigi seri telah ada pada gusi. Namun, gigi susu biasanya tumbuh pada usia enam bulan atau tujuh bulan. Gigi bawah tumbuh lebih dulu daripada gigi atas. Geraham pertama muncul antara umur 12  dan 16 bulan, kemudian gigi taring menyusul.

Pada usia 1 bulan, bayi mulai membalikkan kepala, belajar memfokuskan mata, serta mengkoordinasikan mata de ngan mengikuti benda bergerak. Usia 2 bulan mulai tersenyum. Selanjutnya, bayi mengkoordinasikan tangan untuk memegang benda.

Umur 3 bulan, bayi sudah mulai belajar bersuara. Umur 6 bulan bayi sudah mulai dapat membedakan antara orang yang dikenalnya dan orang asing. Memasuki umur 7 bulan, bayi mulai berputar, duduk, kemudian merangkak, belajar berdiri sambil berpegangan. Selanjutnya, berdiri tanpa berpegangan di akhir tahun pertama. Selain itu, mulai belajar meniru bermacam-macam bunyi yang memiliki arti tertentu.

Tahun kedua, telah mengetahui hubungan dirinya dengan keluarga, dan ingin mengetahui semuanya. Perhatian mu dah teralihkan. Antara umur 1 – 3 tahun, bayi belajar memusatkan perhatian dan minat pada benda-benda, belajar untuk tidak tergantung pada orang lain. Perasaan cemas dan takut mulai ada. Belajar lebih cepat, dapat berjalan, mulai berceloteh hingga bercakap-cakap, menyelidiki rumah dan sekitarnya, serta belajar makan sendiri.

Antara umur 3 – 6 tahun, sifat keingintahuan sangat menonjol. Banyak bertanya, kemampuan pengamatan bertambah dengan teratur sehingga mulai mampu memecahkan teka-teki sederhana. Angan-angan anak berkembang pesat, penuh imajinasi, misalnya teman main pura-pura, ayah khayalan, dan meniru orang tua.

  1. b. Masa Remaja dan Masa Pubertas

Menjelang usia 6 – 11 tahun, mula-mula pertumbuhan badan terjadi secara cepat, kemudian melambat. Anak mulai tidak tergantung orang tua, mulai berkembang akal pengendalian diri. Membentuk kelompok dan kumpulan tersendiri. Mulai berminat pada perilaku yang baik, dan teratur. Kecerdasan dan pengertian berkembang, menyadari pentingnya belajar, mulai mengembangkan cara-cara baru dalam membaca dan belajar.

Pada masa remaja terjadi perubahan dalam pertumbuhan fisik yang meliputi pertumbuhan dan kematangan kepribadian. Masa ini merupakan tahap manusia menuju kedewasaan sering disebut dengan masa pubertas.

Dalam masa pubertas ini, pertumbuhan badan terjadi sangat cepat, masa ini adalah masa pematangan, baik pada laki-laki maupun perempuan. Saat masa pubertas inilah laki-laki dan perempuan telah mampu menghasilkan sperma dan ovum (sel telur) yang ditandai dengan ciri-ciri seks sekunder.

Masa pubertas pada perempuan biasanya terjadi pada usia 9 – 13 tahun. Perempuan akan bertambah tinggi dan badan yang gemuk menjadi ramping dengan cepat.

Ciri-ciri seks sekunder pada perempuan yang dapat dilihat, misalnya payudara membesar, panggul membesar, rambut tumbuh di sekitar alat kelamin dan ketiak, kadang timbul jerawat. Selain itu, kematangan organ reproduksi ditandai dengan mendapatkan haid (menstruasi) yang pertama. Hal ini menandai adanya pelepasan pertama ovum dari indung telur. Pertambahan tinggi badan melambat.

Masa pubertas pada laki-laki terjadi antara umur 10 – 14 tahun. Pada masa ini kematangan organ reproduksi ditandai dengan terbentuknya sperma dan terjadi pengeluaran sperma pada saat tidur (mimpi basah).

Ciri-ciri seks sekunder pada laki-laki, misalnya tumbuh rambut di sekitar alat kelamin, ketiak, tumbuh kumis, jenggot, tumbuh jakun, suara menjadi besar, otot-otot membesar, dan dada menjadi bidang. Setelah usia 14 tahun, pertambahan tinggi akan berkurang atau melambat. Pada masa pubertas kecerdasan berkembang cepat, kecepatan dan ketepatan keterampilan motorik menonjol, dan perkembangan mental terbentuk.

  1. c. Masa Dewasa

Pada masa dewasa, pertumbuhan tinggi badan pada manusia berhenti. Secara psikologis, manusia sudah matang dalam pemikiran mulai sadar akan tanggung jawabnya. Memikirkan pentingnya pekerjaan dan pendidikan demi masa depan, juga rencana untuk berkeluarga.

  1. d. Manula

Manusia tidak selamanya berada dalam puncak  kekuatan. Menjadi tua adalah proses yang biasa dialami semua makhluk hidup, termasuk manusia. Manusia lanjut usia sering disebut manula.Pada masa usia lanjut ini, kekuatan tumbuh tulang berkurang. Jika cedera susah sembuh. Keadaan keseimbangan metabolisme tubuh berkurang, penyembuhan luka berkurang kecepatannya, kerja organ-organ tubuh menurun, berkurangnya elastisitas kulit, dan rambut memutih.

Pada wanita (umur 48-50) mengalami menopause, yaitu berakhirnya kemampuan organ reproduksi menghasilkan ovum. Pada laki-laki kemampuan seksual kemungkinan menurun.

Penurunan yang teratur dalam hal penciuman, pendengaran, penglihatan, dan ingatan. Pada masa usia lanjut sering terjadi gangguan kesehatan. Hal ini tergantung pada manusia, bagaimana memelihara dan menjaga kesehatan tubuhnya. Masa ini, tanggung jawab manusia biasanya sudah berkurang.

IKLAN

CV ZAIF ILMIAH (BIRO JASA PEMBUATAN PTK, KARYA ILMIAH, PPT PEMBELAJARAN, RPP, SILABUS, DLL))

Ingin membuat PTK tapi merasa sulit???? Ingin membuat Karya Ilmiah tetapi kesusahan??? Ingin membuat presentasi powerpoint untu pembelajaran merasa sulit dan gaptek????? Ingin membuat RPP dan silabus serta perangkat pembelajaran tetapi susah????? Kini tidak usah bingung lagi ada Pak Zaif yang siap membantu berbagai kesulitan dan kesusahan yang anda hadapi di bidang pendidikan di CV Zaif Ilmiah semua masalah anda di bidang pendidikan akan dibantu, ingin membuat PTK saya bantu, membuat Karya Ilmiah saya bantu, membuat berbagai perangkat pembelajaran saya bantu untuk info lebih lanjut hubungi Contact Person 081938633462 INSYA ALLAH semua kesulitan dan kesusahan anda akan ada solusinya jangan lupa hubungi Pak Zaif di nomer 081938633462 ATAU lewat E-mail di zaifbio@gmail.com. DIJAMIN PTK ATAU KARYA ILMIAHNYA BARU LANGSUNG DIBIKINKAN BUKAN STOK LAMA ATAU COPY PASTE SEHINGGA DIJAMIN ORIGINALITASNYA TERIMA KASIH DAN SALAM GURU SUKSES PAK ZAIF

IKLAN

Ingin kaos bertema PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN?, bosan dengan kaos yang ada?, ingin mengedukasi keluarga atau murid dengan pembelajaran. HANYA KAMI SATU-SATUNYA DI INDONESIA PERTAMA KALI KAOS BERTEMA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN COCOK DIPAKAI UNTUK SEMUA KALANGAN DAN MEMBERI KESAN EDUKASI DAN PEMBELAJARAN DALAM SETIAP PEMAKAIAANYA

Jangan lupa kunjungi web kami di http://os-kaos.com/ untuk melihat berbagai koleksi kaos pendidikan dan pembelajaran dari kami like juga FP kami di https://www.facebook.com/oskaos1745

Fast Respon CP : 081938633462 dan 082331864747

ee9f2fe2-288a-4081-829e-cac8538debd6wallpaper

About these ads

02/12/2010 - Posted by | Biologi Umum

156 Komentar »

  1. tulisannya sudah bagus tapi lebih baik lagi bila di tampilkan gambarnya agar penbaca lebih mudah memahami dan lebih tergambar……….

    Komentar oleh noni | 04/23/2010

  2. sangat bermanfaat.. makasih ya..:)

    Komentar oleh erni | 06/14/2010

  3. bgs,
    tp apakah semua faktor trsbt hy untuk tumbuhan?
    atau jg berpengaruh pd manusia?

    Komentar oleh sis.. | 07/18/2010

  4. udah OK isinya, tapi biologikan pemahaman, biar lebih mudah memahami lebih baik ada gambar stadium-stadiumnya.

    Komentar oleh ercorisa | 07/19/2010

  5. mengapa di sini tidak menerangkan tentang keadaan atau ciri-ciri janin pda rhim ibu.pada janin berumur 1 blan-9 bln…??
    saya harap anda bisa menerangkan nya atau memberi tahu saya secepatnya…klau bsa sickh bsok uddh addh kbar klo gug hri minggu soalnya ada tugas dan ini sangat penting sekali bagi saya…hehehe..

    catatan:
    maaf bila saya banyak neko-neko…

    Komentar oleh novita sari | 07/29/2010

  6. saya juga meminta agar gambarnya di tampilkan karena saya juga perlu & butuh akan hal itu……….

    Komentar oleh novita sari | 07/29/2010

  7. itu sudah bagus tapi kata saya di persingkat lagi

    goooooooooooooood

    Komentar oleh bagas | 08/02/2010

  8. bagus, pake gambar pasti jadi lebih bagus

    Komentar oleh Lim | 08/17/2010

  9. maksii atas informasinya .. =D
    akhirnya, selesai juga tugas saya .. :)
    makasii banyak .. !!! :))

    Komentar oleh isthy | 08/31/2010

  10. SEEEEEEEEEEEEEPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPP

    Komentar oleh sarofi near | 10/04/2010

  11. terimah kasih ya..!!!
    sangat bermanfaat…

    Komentar oleh lylil | 12/07/2010

  12. ngebantuin tugas kuliah… terima kasih

    Komentar oleh kyon | 12/17/2010

  13. gmbarrre bosss??????

    Komentar oleh kon tpikom | 01/18/2011

  14. terima kasih buat tulisannya,, sangat membantu…

    Komentar oleh galih | 02/13/2011

  15. Mohon ijin untuk menkopi … Bang

    Komentar oleh murnianto | 07/07/2011

  16. silahkan

    Komentar oleh zaifbio | 07/10/2011

  17. kok gak ada gambarnya ???

    Komentar oleh Rifqi | 07/16/2011

  18. sebutkan pertumbuhan dan perkembangan pd telur
    yg bisa tolong jwb plizz ok :D :D :D :D :D,,,,,,,,,,………..

    Komentar oleh wildan | 07/18/2011

  19. Thx ye…

    Komentar oleh Chandra ilham | 07/18/2011

  20. mantap gans full, eeq

    Komentar oleh Gigaz | 07/20/2011

  21. kalo pertumbuhan sama perkembangan itu berlangsungnya bersamaan apa ngga sih?

    Komentar oleh dania | 07/23/2011

  22. bgs ..
    tapi tolong ditulis lbh detail lagi .
    apa contoh petumbuhan dan perkembangan pada hewan ??

    Komentar oleh Vania | 07/24/2011

  23. ya betul pertumbuhan dan perkembangan pada hewan hrus lbh detail lagi !!

    Komentar oleh Ibnu Wijaya | 07/25/2011

  24. tambahinlg dong masa cuma tumbuhan dan manusia saja ini seharusnya disertai dengan pengertian hewan

    Komentar oleh alfiyan | 07/25/2011

  25. bang adain buat searching`y donk biar gampang

    Komentar oleh Luthfi Bimo Satrio | 07/26/2011

  26. p’/bu/mas/mBk
    tloNg d kSh mtRi pRktek na doOoOoOoOng!!!11

    Komentar oleh lOethfieyaNa | 08/07/2011

  27. makasih y.. karna kamu artikel ipa q beres..thx for you

    Komentar oleh krisna atmaraksi r | 08/13/2011

  28. makasih banyak kamu dah bantu q…
    thx banget….
    xie-xie….

    Komentar oleh dwi putri | 08/13/2011

  29. itu udah lebih dari ckup
    Mkasih banyak ya!!
    Sukses selalu :)

    Komentar oleh Jɑпє Lєvι Δпδяєα (@JaneLeviAndrea) | 08/15/2011

  30. makasih banyak ka, bantu bgt. :D

    Komentar oleh adenindra | 08/15/2011

  31. Makasih ya,, berguna deh,,
    karna ini tugas SMP POWER POINT nya selesai deh,, ^_^

    Komentar oleh shofara abilia | 08/15/2011

  32. klo bisa banyakkin

    Komentar oleh louis | 08/19/2011

  33. klo bisa di banyakkin..yaa

    sama klo ada yg mau liburran ke BALI
    bisa buka http://www.horasbalitour.com
    thx..

    Komentar oleh louis | 08/19/2011

  34. klo ada yg mau liburran ke BALI
    pliss buka http;//www.horasbalitour.com

    Komentar oleh louis | 08/19/2011

  35. ni ttg pljrn ipa ya??

    Komentar oleh melinda | 08/21/2011

  36. makasih bisa buat tugas..

    Komentar oleh Regina | 08/25/2011

  37. makasIh ya…
    bGus n leNgka bnget neh aRtikelNYA….

    Komentar oleh wahyu | 09/03/2011

  38. duch ckrang gu lge btuh mkasich ea

    Komentar oleh pqita nq buk R | 09/05/2011

  39. info d atas sangat membantu z dlam proses belajr n thanks yach dah berbagi pengtahuan,,,,,,

    Komentar oleh Ayu SriYuly | 09/07/2011

  40. Thx ya

    Komentar oleh justmisterl | 09/07/2011

  41. info_x sangt brma’nfaat

    Komentar oleh jhymi | 09/09/2011

  42. Terima kasih ya… Bagus nih buat belajar ulangan hehehehe….

    Komentar oleh Aldo | 09/10/2011

  43. Makasih ini sangat bermanfaat bagi seorang pelajar.
    thaks,

    Komentar oleh Yunita | 09/11/2011

  44. pertumbuhan dan perkembangan pd masa dewasa dan manula nya mana bozz

    Komentar oleh ierfan | 09/13/2011

  45. sebenarnya sudah sangat lengkap tapi tolong di tambah dan diperjelas lagi tentang perkembangan dan pertumbuhan manusia agar pembaca bisa mengerti apa arti fase2 pertumbuhan dan perkembangan manusia

    Komentar oleh lusi cici | 09/14/2011

  46. emang bener ya kata kalean smua, cz aq jga nyari tugas di skul nie… klow ndk ad gmbre kn ndak jelas ma….s,
    tapi gpp ae lah, yg pnting ttp THANK YOU …..

    Komentar oleh Fila Intana | 09/19/2011

  47. terimaaaaa kasihhhhhhhhhhh

    Komentar oleh Ramdhan | 09/19/2011

  48. ya cukup bwat nmbah wawasan ..

    Komentar oleh via trisnayati | 09/20/2011

  49. Thx kk
    ada tugas skolah nie nyedot dikit yaaa …… ^_^

    Komentar oleh Muhammad Fajri Ilham | 09/25/2011

  50. makasihhh ea ,,,,,,,
    jadi tauuu ……….

    Komentar oleh Krizmo Aji Saputro | 09/26/2011

  51. ahahahahahah ………………
    ney amatddd sangatd bermanffffffffffffffaattttttttttttt,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    tx yacccchhhhhhhhhhh
    udh kszh tw arti prtmbuhan n” prkmbngan :-)

    Komentar oleh achha | 09/28/2011

  52. cipai a

    Komentar oleh wwwwwwwwwwww | 09/29/2011

  53. trimaksih ea tulisannya……………..udah bntu in tgas aku

    Komentar oleh santi cup cup | 10/02/2011

  54. mancccapppp,,,,terima kasih atas bantuannya,,,,tingkatkannn….

    Komentar oleh andriaaa lintik puber | 10/04/2011

  55. waw lengkap yaa dari yang di buku… :)

    Komentar oleh milla huds | 10/07/2011

  56. waaaduuuuuhhhh,,,
    gwt…

    Komentar oleh milla huda | 10/07/2011

  57. hahahahahahh keren!

    Komentar oleh astari | 10/14/2011

  58. makasih yaa…..
    pas bnget sma yg gw cri buat tgas ipa[...][...][...]

    Komentar oleh farras s'lalu | 10/18/2011

  59. trimakasih….

    Komentar oleh aslih | 10/23/2011

  60. makasih sudah membantu

    Komentar oleh ainun cahyani | 10/25/2011

  61. pas banget gue pnya tgas

    Komentar oleh ahong | 11/04/2011

  62. Sebutkan donk vitamin dan mineral sebagai kelompok makanan non energi!

    Komentar oleh oscar | 11/08/2011

  63. bguzz .. passs bngt yg qyu crieee ….

    Komentar oleh rha-rha | 11/12/2011

  64. menurut saya bagus tapi lebih bagus tapi agar lebih jelas dipenuhi dengan gambar agar lebih jelas….^_^

    Komentar oleh ihsani nax karatekids | 11/17/2011

  65. huuuu tugas ku dah selesai deh……

    Komentar oleh INNAH & OCHE | 11/28/2011

  66. tugasku dah selesai

    Komentar oleh rachel | 12/06/2011

  67. maaf itu menurut teory siapa ya? saya butuh pencetus teory yang di atas

    Komentar oleh hani | 12/09/2011

  68. perkembangan gerak pada masa manula belum terlalu rinci, . . .

    Komentar oleh iwan amuba | 12/11/2011

  69. terima kasih karna sudah membantu perkerjaan sekolah saya :)

    Komentar oleh fairy tail | 01/29/2012

  70. makacihhh ea atz bantuanNa !!!

    Komentar oleh yogi development | 02/03/2012

  71. lengkap banget isinya, thanks ya buat mbantu pekerjaan skul saya

    Komentar oleh 4hmad 8 | 02/03/2012

  72. Thanks Banged Ne Menambah Wawasan qW……….

    Komentar oleh Hanis Wening P | 02/15/2012

  73. lengkap isinya tapi klw boleh disertai gambarnya biar dapat dimengerti oleh pembaca.

    Komentar oleh yullaenda | 02/15/2012

  74. Sudah sangat bagus tulisan diatas, tp alangkah baiknya ditambah ga,bar, dan Juga yg paling pentig sumbernya (daftar Pustaka).

    Komentar oleh Rudi Hermi | 03/15/2012

  75. Sudah sangat bagus dan sangat membantu

    Komentar oleh Muhammad Agung | 04/03/2012

  76. trimakasih ud bantu kme

    Komentar oleh muhtar | 04/30/2012

  77. CARA JITU CEPAT LULUS TES TPA Oto BAPPENAS, PSIKOTES, TOEFL UJIAN SARINGAN MASUK CPNS/BUMN, S2 (PASCA SARJANA) UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN, UI INTERNATIONAL (PASTI BISA)
    SPESIALIS PELATIHAN TPA/PSIKOTES/ TOEFL UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN,UI INTERNATIONAL
    Ijin no:3789/PLSM/ I-133/VII/ 1995

    CARA JITU, CEPAT LULUS TES TPA, PSIKOTES &TOEFL (PASTI BISA)!
    Kami adalah Spesialis pelatihan TPA (Test Potensi Akademik)/PSIKOTES dan TOEFL memberikan pelayanan jasa pelatihan TPA dan TOEFL. Adapun pelatihan TPA, PSIKOTES dan TOEFL merupakan persyaratan Mutlak bagi Bapak/Ibu guna untuk mengikuti:
    – Tes Kenaikan Jabatan / Pangkat untuk CPNS dan BUMN
    – Tes untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang S1,Pasca Sarjana S2 untuk UMUM.
    – MEMBANTU REKAN-REKAN MAHASISWA/UMUM AGAR LULUS PSIKOTES DAN WAWANCARA KE PERUSAHAAN OIL AND GAS, BANK- BANK,CPNS, SERTA PERUSAHAAN MULTI NASIONAL LAINNYA DI SELURUH INDONESIA(SUDAH TERBUKTI).
    Note:
    – Biaya Belajar di Bayar di Muka

    HUBUNGI KAMI di:
    LYSSA,ST,MM / 021.71136838/ 0813 1879 2677
    Wisma Metropolitan 2,World Trade Centre, Jl. Jendral Sudirman,Jakarta

    Komentar oleh lyssa, ST,MM | 07/01/2012

  78. lebih baik kalau dicantumkan sumber/referensi..

    Komentar oleh sha | 07/17/2012

  79. mantab cint..
    makasih ya,… :)

    Komentar oleh puput | 07/17/2012

  80. makasihh kamu sudah membantuku :D :)

    Komentar oleh dita | 07/21/2012

  81. komplit komplit komplit….
    thx yaw,,

    Komentar oleh boisto | 07/21/2012

  82. Akhirnya.. tugasku slesai sudaah..
    tapi sebenernya kalo dikasih gambar lebih bagus lho gan! biar bisa lebih jelas ‘n gampang dimengerti
    Tapi ini udah lengkap bangt, mkacih.. :D

    Komentar oleh sarti | 07/21/2012

  83. bagus blognya . bisa join.an nih :)

    Komentar oleh milamilcumil | 07/24/2012

  84. aqu ska tpi trllu pnjng :D

    Komentar oleh dhea | 07/31/2012

  85. yg ditanyain ciri2’a terus mana ciri2’a ? :(

    Komentar oleh Kencta Corniolla | 07/31/2012

  86. ya baguz tpi saya jga perlu gambarnya karena saya butuh itu untuk tugas sekolah

    Komentar oleh dhiky pratama | 07/31/2012

  87. terima kasih… materinya bagus skali ^^

    Komentar oleh oelfahoelfah | 08/04/2012

  88. sudah bagus tetapi lebih baik ada gambarnya……. :)

    Komentar oleh fahmi | 08/05/2012

  89. keren gan , lemg kap banget
    thanks yaa….

    Komentar oleh Annisa Imanugraha Putri | 08/05/2012

  90. makasih ya ????

    Komentar oleh sulis | 08/05/2012

  91. thank you kerjaanku jdi selesai nih…

    Komentar oleh evelin | 08/06/2012

  92. izin copast ya…

    Komentar oleh syarach fifialviani | 08/12/2012

  93. trimakasih telah membantu saya…

    Komentar oleh sulistiyawati | 08/23/2012

  94. mksih buat pnjelasannya.

    Komentar oleh Tyas | 08/23/2012

  95. Alhamdulillah , tugasnya jadi mudah tapi kalo ada gambarnya lebih baguuusssss lagiiiii , terimakasiih ya

    Komentar oleh Verian | 08/28/2012

  96. Thank’s buat materinya :)

    Komentar oleh nur fitri | 08/29/2012

  97. ya membantu sedikit sii,thanks

    Komentar oleh vina | 09/01/2012

  98. bagus bisa menambah pengetahuan tapi ilustrasi dalam bentuk gambar kurang jelas

    Komentar oleh affanGld17 | 09/01/2012

  99. Thankz yuaaaaa>>>>
    berkat iniii saia lbih mudah ngerjain PR> hhehehehee

    Komentar oleh Vanilla | 09/02/2012

  100. mertha elistya kurniawan
    smpn 2 cikarang utara
    perumahaan graha asri
    citarum2

    Komentar oleh mertha elistya | 09/03/2012

  101. MERTHA ELISTYA KURNIAWAN
    SMPN 2 CIKARANG UTARA
    BERKAT INI SAYA DAN TEMAN – TEMAN BISA MENGERJAKAN PR

    Komentar oleh mertha elistya | 09/03/2012

  102. thank you

    Komentar oleh davitt | 09/05/2012

  103. thank’s banget ya…

    Komentar oleh Devi Lusia Fervil | 09/30/2012

  104. maturnuwun(^_^)

    Komentar oleh arega muhammad | 10/02/2012

  105. [...] 2n kromo-som. Jumlah 2n ini disebut juga kromosom diploid . Pembelahan mitosis terjadi selama pertumbuhan dan reproduksi secara aseksual. Pada manusia dan hewan, pembelahan mitosis terjadi pada sel [...]

    Ping balik oleh PEMBELAHAN SEL | BIOLOGI FOR ALL | 10/05/2012

  106. Lengkap Bangett.. Thnks sudah membantu ku dalam UTS ya:)

    Komentar oleh Anisya rahel | 10/06/2012

  107. saya pikir ini cukup membantu saya

    Komentar oleh lely kato | 10/08/2012

  108. bwt sya ni uda ckup tp lw seandainya mo ditmbh y gpp jg….. thnks y ka’/mas/pak/bu

    Komentar oleh zubaidah basri | 10/15/2012

  109. hh

    Komentar oleh makaka asita | 10/23/2012

  110. Mengapa tulang orang dewasa tidak dapat panjang lagi?
    #Tolong di jawab secepat nya, Pliss
    Thanks ^^

    Komentar oleh Geniuz Innata Lightz | 10/26/2012

  111. Good bagetkak pi kurang gambar biar bisa tau fase-fase’a
    Kasi gambar donk kak biar goooooooddd bageeettt
    nhiii

    Komentar oleh intancute | 12/01/2012

  112. THANKS YOU SO MUCH MATERI NYA SAYA GUNAKAN SEBAGAI BAHAN BACAAN BAGI MAHASISWA SAYA DI POLITEKNIK NEGRI PANGKEP SULSEL, SEMOGA BERBERKAH BAGI BANYAK ORANG SYUKRAN KATSIRNDARI MURSIDA

    Komentar oleh ir.mursida | 12/17/2012

  113. o ath o

    Komentar oleh putrianggun | 12/18/2012

  114. tulisannya dan penjelasannya cukup baik yang kurang adalah tidak adanya contoh grafik yang dapat memberikan perbedaan antara petumbuhan yang baik dan yang tidak..kalau bisa dikasih grafik atau gambar yang mudah dipahami oleh orang awam

    Komentar oleh herry | 01/15/2013

  115. blognya bagus gan….
    mampir juga yah…..
    setiobekti.blogpot.com
    setiobekti27.wordpress.com

    di tunggu kritik dan sarannya yah gan….
    terimakasih

    Komentar oleh setio27 | 03/15/2013

  116. panjang banget , :(

    Komentar oleh Annisa (@briliana_annisa) | 07/06/2013

  117. thanks eahg tas artikelnya ne :) ;)
    ne smua mmbwt sya bljr dgn baek n tlti :) ;)

    Komentar oleh Addinul Fitri | 07/10/2013

  118. thanks atas artikelnya
    sangat bermanfaat bagi saya

    Komentar oleh caesa | 07/17/2013

  119. pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan ada yg untuk kelas 8 smp?

    Komentar oleh shafa shafira | 07/18/2013

  120. Bermanfaat…..!!!!!!!!

    Komentar oleh Echa Only-For Popayemodified | 07/21/2013

  121. sblumnya mkciii ea,.,.,
    …dengan adnya artikel ini aqw bza ngerjakan tgaz yg mnrut sya gg mngkin bza aqw krjakan….tulisan n penjelasannya cukup baik tuk aqw mngertii,.,.,.,
    tapiii gambarnya jha yg mnrut saya kurang,.,.,.,.
    thanks,.,., :D

    Komentar oleh halimatus sa'diyah | 07/22/2013

  122. .,.,CIIIPPPP.,.,.
    …aqw harus bersyukur n trimakasih ,.,.(buat artikel ni)
    coz pljran yg blum dpat aqw mngertiii bza di pljriii di artikel nie,.,.,.
    …mkciii,.,.,

    Komentar oleh nur halimah | 07/22/2013

  123. thnks masx bwt materix…… bermanfaat bgt bwt q…. matur thnks you,.,.

    Komentar oleh Diah Setiawan | 07/22/2013

  124. makasiii artikelnya
    berkat artikel ini qw bisa nyelesain tgas,,,;)

    Komentar oleh Nur halimah | 07/22/2013

  125. makasih yua,,,sngat membantu sya dlam menyelesaikan tugas,,,,,

    Komentar oleh nika ariyani | 07/24/2013

  126. w

    Komentar oleh Rizky Meli Godoh | 07/24/2013

  127. makasih y……sudah membantu banget dalam menyelesaikan tugas nya
    THANKS BANGEEEEEEEEEET

    Komentar oleh BAGAS M REZZA | 08/14/2013

  128. makasihh yahh
    bermanfaat bngt dan membantu buat nyelesaiin tugasss

    Komentar oleh Laini mara | 08/20/2013

  129. hemmb ….
    gak seru tuh :p

    Komentar oleh chimoudhtz elekk wlek wlek | 08/26/2013

  130. bagus tapi harusnya tersedia gambar juga kesimpulannya jadi lebih bagus deh ^_^

    Komentar oleh eva riana aprilia | 08/27/2013

  131. kalo kaya ciri-ciri dari morula sampe manula apa dong?

    Komentar oleh alyssa ulfatun jannah | 08/28/2013

  132. Mana ini gambarnya ?

    Komentar oleh Gilang Jepe | 08/30/2013

  133. sobat aku mau nanya apa cie yg di maksud….Bertambah besar’a volume tubuh organisme..tolong jawb ea

    Komentar oleh ali usman | 09/03/2013

  134. makasih… mind map saya selesai :)

    Komentar oleh avin | 09/04/2013

  135. bagaimana janin memperoleh makanan untuk pertumbuhan dan perkembangannya ?

    Komentar oleh suci | 09/05/2013

  136. tolong dikasih gambar pertumbuhan donk kak

    Komentar oleh ernin | 09/14/2013

  137. bleh nanya ngk ?
    apa yang di maksud dengan blastopor ?

    Komentar oleh resti mahara | 09/16/2013

  138. Menurut saya itu sangat bagus, menarik, dan menambah pengetahuan klo bisa ditambahkan gambar sedikit agar pembaca dpt memahaminya dgn baik. makasih dari valdi

    Komentar oleh vivaldi andarias | 09/18/2013

  139. hrs lbh lngkp lg yach…

    Komentar oleh putri si cwe smart | 09/19/2013

  140. Klo boleh tanya, lebih dominan manakah faktor yang memengaruhi kedewasaan seseorang pertumbuhan atau perkembangan? Lalu apakah alasannya?

    Komentar oleh galuh | 09/23/2013

  141. wah tugas gw dah selesai niehh

    Komentar oleh jogja | 09/26/2013

  142. hehehe pakae buat jawabn tgaas niihhh :) :D thx

    Komentar oleh fajar | 10/29/2013

  143. […] perkembangan adalah perubahan atau diferensiasi sel menuju keadaan yang lebih dewasa. Sumber : http://zaifbio.wordpress.com/2010/02/12/pertumbuhan-dan-perkembangan/ c. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk • Pendirian Nativistik. Menurut para ahli […]

    Ping balik oleh A. individu, keluarga dan masyarakat B. pemuda dan sosialisasi | maulian | 10/31/2013

  144. thanks infonya moga brmanfaat bwt gue

    Komentar oleh l `danix | 11/17/2013

  145. Trim’s Pak Narasumber, mohon izin untuk referensi

    Komentar oleh Taty | 01/27/2014

  146. Alhamdulillah akhirnya ketemu juga materinya. Makasih Gan. semoga sukses selalu ^_^

    Komentar oleh Hamzah Wds | 02/25/2014

  147. bagus n lengkap banget materinya.. jelas bangrt malah.. terimakasih yahh

    Komentar oleh yasa karyada | 07/02/2014

  148. bagu. lengkap n jelas banget malah.. terimakasih yahh

    Komentar oleh yasa karyada | 07/02/2014

  149. Misi Gan ..
    Numpang Copas buat Belajar ..
    Makasih yoo .. :)

    Komentar oleh ragil hartono | 07/17/2014

  150. thank yo ilmu e

    Komentar oleh dina | 08/15/2014

  151. alhamdulilah tugas SEKolah saya selesai,,

    Komentar oleh shera jelita | 08/31/2014

  152. beberapa ka bgu matematika

    Komentar oleh Yelki Rudolf Lasampa | 09/04/2014


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 941 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: