BIOLOGI ONLINE

blog pendidikan biologi

Kepadatan Penduduk dan Pencemaran Lingkungan

A. Dinamika Penduduk

Penduduk merupakan sekumpulan orang-orang yang telah lama menempati suatu daerah. Kepadatan penduduk dapat dihitung berdasarkan jumlah penduduk untuk setiap satu kilometer persegi. Cara menghitungnya adalah dengan membandingkan jumlah penduduk di suatu daerah dengan luas daerah yang ditempati.

Jumlah Penduduk Luas Daerah

Kepadatan penduduk = ··············

Jumlah penduduk di suatu daerah atau negara mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan ini disebut dinamika penduduk. Perubahan penduduk ini meliputi kelahiran, kematian, dan migrasi. S edangkan, jumlah penduduk yang meningkat dari tahun ke tahun disebut pertumbuhan penduduk.

Pertumbuhan penduduk sangat dipengaruhi oleh kelahiran, kematian, dan migrasi. Pertumbuhan penduduk dikatakan meningkat bila  kelahiran lebih tinggi daripada kematian. Selain itu, jumlah orang yang datang (bermigrasi) lebih banyak daripada kematian. Pertumbuhan penduduk dikatakan menurun bila kematian lebih ti nggi daripada kelahiran. Selain itu, jumlah orang yang keluar atau bermigrasi lebih sedikit daripada kematian.

  1. Angka Kelahiran (Natalitas)

Angka kelahiran adalah angka yang menunjukkan bayi yang lahir dari setiap 1000 penduduk per tahun. Angka kelahiran bayi dapat dibagi menjadi tiga kriteria, yaitu:

1) Angka kelahiran dikatakan tinggi jika angka kelahiran > 30 per tahun.

2) A ngka kelahiran dikatakan sedang jika angka kelahiran 20-30 per tahun.

3) Angka  kelahiran dikatakan rendah jika angka kelahiran < 20 per tahun.

2. Angka Kematian (Mortalitas)

Mortalitas merupakan angka yang menunjukkan jumlah kematian dari setiap 1000 penduduk per tahun. Mortalitas dibagi menjadi tiga kriteria, yaitu: 1) Mor talitas dikatakan tinggi jika angka kematian > 18 per tahun. 2) Mortalitas dikatakan sedang jika angka kematian antara 14-18

per tahun. 3) Mortalitas dikatakan rendah jika angka kematian antara 9-13 per

tahun.

  1. Migrasi

Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lain. Migrasi dibagi menjadi beberapa macam, yaitu: 1) Emigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain. 2) Imigrasi adalah masuknya penduduk ke dalam suatu daerah negara

tertentu. 3) Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. 4) Transmigrasi adalah perpindahan penduduk antarpulau dalam suatu negara. 5) Remigrasi adalah kembalinya penduduk ke negara asal setelah beberapa lama berada di negara orang lain. Faktor-faktor pendorong adanya migrasi adalah: 1) Makin susah mendapatkan hasil pertanian daerah asal. 2) Makin terbatasnya lapangan kerja di daerah asal. 3) Alasan perkawinan dan pekerjaan. 4) Tidak adanya kecocokan budaya dan kepercayaan di daerah asal. 5) T erjadi bencana alam, seperti: gunung meletus, banjir, dan

gempa. Faktor-faktor pendorong terjadinya migrasi adalah: 1) Adanya harapan bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan di tempat yang baru.2) Ada  rasa kebanggaan tersendiri berada di tempat yang baru. 3) Adanya kesempatan mendapatan pendidikan yang lebih tinggi. 4) Adanya kesempatan mendapatkan penghasilan yang lebih baik. 5) Adanya aktivitas, tempat hiburan yang menarik minat

seseorang.

P = (l

p =  pertumbuhan penduduk l = jumlah kelahiran m = jumlah kematian i = jumlah orang yang datang (imigran) e = jumlah orang yang pergi (emigran)

B. Pengaruh Kepadatan Penduduk terhadap Kehidupan

Jumlah manusia yang makin meningkat memiliki dampak dalam berbagai bidang kehidupan, seperti bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan.

1. Pengaruh Kepadatan Penduduk terhadap Bidang Ekonomi

D ampak kepadatan penduduk terhadap ekonomi adalah pendapatan per kapita berkurang sehingga daya beli masyarakat menurun. Hal ini juga menyebabkan kemampuan menabung masyarakat menurun sehingga dana untuk pembangunan negara berkurang. Ak ibatnya, lapangan kerja menjadi berkurang dan pengangguran makin meningkat.

2. Pengaruh Kepadatan Penduduk terhadap Bidang Sosial

Jika lapangan pekerjaan berkurang, maka pengangguran akan men ingkat. Hal ini akan meningkatkan kejahatan. Selain itu, terjadinya urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota untuk mendapatkan pekerjaan yang layak makin meningkatkan penduduk kota. Hal ini berdampak pada lingkungan dan kesehatan masyarakat.

3. Pengaruh Kepadatan Penduduk terhadap Lingkungan

J umlah penduduk yang makin meningkat menyebabkan kebutuhannya makin meningkat pula. Hal ini berdampak negatif pada lingkungan, yaitu:

1) M akin berkurangnya lahan produktif, seperti sawah dan perkebunan karena lahan tersebut dipakai untuk pemukiman.

2) M akin berkurangnya ketersediaan air bersih. Manusia membutuhkan air bersih untuk keperluan hidupnya. Pertambahan penduduk akan menyebabkan bertambahnya kebutuhan air bersih. Hal ini menyebabkan persediaan air bersih menurun.

3) P ertambahan penduduk juga menyebabkan arus mobilitas meningkat. Akibatnya, kebutuhan alat tranportasi meningkat dan kebutuhan energi seperti minyak bumi meningkat pula. Hal ini dapat menyebabkan pencemaran udara dan membuat persediaan minyak bumi makin menipis.

4) P ertambahan penduduk juga menyebabkan makin meningkatnya limbah rumah tangga, seperti sampah dan lain-lain. Hal ini dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

C. Pencemaran Lingkungan

Pencemaran atau polusi adalah penambahan segala substansi ke lingkungan akibat aktivitas manusia. Sedangkan, polutan adalah segala sesuatu yang menyebabkan polusi. Semua zat dikategorikan sebagai polutan bila kadarnya melebihi batas normal, berada di tempat yang tidak semestinya, dan berada pada waktu yang tidak tepat.

Pencemaran atau polusi tidak dapat dihindari, yang dapat dilakukan adalah mengurangi, mengendalikan pencemaran, dan meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat kepada lingkungannya.

  1. Pencemaran Air

Penyebab pencemaran air adalah limbah pabrik atau limbah rumah tangga. Bahan pencemar berupa bahan kimia yang mengandung racun, mudah mengendap, mengandung radioaktif, panas, dan pembongkarannya banyak memerlukan oksigen. Polutan yang menyebabkan pencemaran air harus diuraikan. Penguraian polutan tersebut memerlukan banyak O  sehingga menyebabkan kekurangan O

dalam air yang berpengaruh terhadap kehidupan di air. Banyak ikan yang mati karena kekurangan oksigen. Pencemaran air menyebabkan air berwarna hitam, kotor, dan berbau busuk. Pencemaran nitrogen dalam perairan menyebabkan eutrofikasi, yaitu ledakan pertumbuhan tumbuhan air, seperti eceng gondok.  Air ya ng tercemar dapat dikurangi kadar pencemarannya dengan cara menyaring, mengencerkan, dan mengendapkan. Pabrik-pabrik diwajibkan menampung dan mengolah limbah, WC pada setiap rumah tangga perlu dilengkapi dengan septic tank.

  1. Pencemaran Tanah

Bahan pencemar tanah berasal dari limbah pabrik, limbah rumah tangga, dan barang-barang rongsokan. Bahan pencemar yang sukar dihancurkan oleh mikroba adalah plastik, stiroform, kaca, dan lain-lain. Untuk mengurangi pencemaran ini banyak hal yang dilakukan oleh masyarakat untuk mendaur ulang bahan-bahan tersebut.

  1. Pencemaran Udara

Bahan pencemar udara umumnya berasal dari pembakaran bahan bakar fosil yang tidak sempurna oleh mesin-mesin pabrik, pembangkit listrik, kendaraan bermotor, dan lain-lain. Dari pembakaran tersebut akan dihasilkan gas dan asap yang sangat membahayakan. Bahan-bahan yang dapat mencemari udara adalah oksida karbon (CO2 dan CO), oksida belerang (SO dan SO), senyawa hidrokarbon (CH4 dan C2), partikel cair (asam sulfat, asam nitrat), dan lain-lain.

Pencemaran udara dapat mengakibatkan beberapa hal, antara lain:

a. Jika kadar CO

tinggi, gas tersebut akan membentuk lapisan tersendiri di atmosfer, lapisan ini menyerap sinar matahari yang harusnya dipantulkan kembali ke luar angkasa. Hal ini menyebabkan suhu di bumi meningkat, sehingga es di kutub mencair dan permukaan air laut naik. Akibatnya daratan bisa tenggelam. Peristiwa ini disebut „efek rumah kaca‰. 2

b. Gas CO merupakan hasil pembakaran yang tidak sempurna. Gas CO mempunyai daya ikat lebih tinggi terhadap hemoglobin dibandingkan gas O2  sehingga ikatan Hb dengan CO lebih stabil. Jika banyak hemoglobin  yang berikatan dengan gas CO akan menyebabkan tubuh kita kekurangan O2

Akibatnya, badanmu menjadi lemas.

c. Oksida belerang dan oksida nitrogen jika bereaksi dengan air akan membentuk senyawa sulfat dan nitrat yang bersifat asam. Zat asam tersebut jika turun bersama hujan akan menyebabkan hujan asam dan dapat merusak tumbuhan, mikroorganisme tanah serta kehidupan hewan air tawar.

d. Gas  CFC yang digunakan sebagai pendingin (AC, lemari es, dan dispenser) atau gas penyemprot akan merusak ozon sehingga meningkatkan radiasi sinar ultraviolet ke muka bumi dan dapat menyebabkan timbulnya kanker kulit.

4. Pencemaran Suara

Pencemaran suara disebabkan oleh suara bising yang terus menerus.  Suara tersebut dapat ditimbulkan oleh mesin instalasi listrik pabrik, pesawat terbang, kereta api, dan lain-lain. Akibat pencemaran tersebut dapat menimbulkan gangguan pendengaran, tekanan darah, jantung, dan lain-lain.

D. Penyebab Pencemaran Lingkungan

Kepadatan manusia berdampak pada pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia.

  1. Faktor Alam

Pencemaran lingkungan dapat terjadi secara alami, contohnya letusan gunung, gempa bumi, perubahan iklim, banjir, kekeringan, dan angin topan. Biasanya manusia hanya dapat memperkirakan dan mengurangi dampaknya.

  1. Faktor Manusia

Manusia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memanfaatkan sumber daya alam dari lingkungannya. Jika populasi manusia makin banyak, maka makin banyak sumber daya alam yang diambil dari lingkungannya. Hal ini menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan dan pencemaran.

Ada beberapa  perilaku manusia yang mempengaruhi kehidupan manusia secara global, antara lain: 1) Penebangan hutan hujan tropik di Indonesia dapat berpengaruh 180 pada perubahan iklim global karena hutan merupakan paru-paru dunia.

2) Uji coba senjata nuklir berpengaruh pada perubahan iklim global. hasil pembakaran dapat menimbulkan efek rumah kaca. Efek rumah kaca dapat menyebabkan es mencair sehingga permukaan air laut meningkat dan dapat menenggelamkan daratan.

3) CO2

E. Peranan Manusia Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Manusia memiliki peranan yang sangat penting untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang terjadi akibat ulah manusia sendiri. Beberapa hal yang dapat dilakukan manusia untuk mengatasi pencemaran lingkungan akan diuraikan berikut ini:

  1. Melakukan Penghijauan Salah satu cara mengatasi pencemaran tanah adalah penghijauan kembali dengan cara memberi humus tanah, sehingga tanaman kembali subur.
  2. Rotasi Tanaman Rotasi tanaman adalah  salah satu upaya yang dilakukan untuk  mempertahankan kesuburan tanah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menanam jenis tanaman yang berbeda pada tempat yang sama secara bergantian.
  3. Penggunaan Pupuk Seperlunya

Penggunaan pu puk buatan seperti urea, ZA, dan NSP yang berlebihan sangat merusak lingkungan karena dapat menyebabkan eutrofikasi dan dapat meningkatkan keasaman tanah.

Sebaiknya, petani menggunakan pupuk alami, seperti pupuk kompos dan pupuk kandang untuk mengurangi pencemaran tanah.

  1. Pembuatan Sengkedan

Salah satu upaya untuk mengatasi kerusakan tanah karena erosi adalah dengan pembuatan sengkedan di tanah berbidang miring, seperti lereng bukit dan pegunungan. Mengapa sengkedan ini dapat mengurangi erosi? Diskusikan dengan teman sekelompokmu.

  1. Reboisasi

Reboisasi adalah  p enanaman kembali lahan-lahan yang gundul. Hal ini dilakukan untuk mengatasi erosi karena akar-akar pohon dapat menyerap air dan menahan tanah agar tidak terbawa air hujan.

  1. Daur Ulang

Saat ini banyak sekali produk daur ulang yang bisa dipakai kembali.

Pendaur-ulangan sampah-sampah rumah tangga dan sampah dari pasar menjadi pupuk yang dapat dimanfaatkan petani. Biasanya sampah pasar berupa sayur-sayuran yang telah membusuk. Jika diolah kembali dan ditambah kotoran hewan akan menjadi pupuk alami yang sangat baik untuk tanaman.

 

IKLAN 

CV ZAIF ILMIAH (BIRO JASA PEMBUATAN PTK, KARYA ILMIAH, PPT PEMBELAJARAN, RPP, SILABUS, DLL))

Ingin membuat PTK tapi merasa sulit????

Ingin membuat Karya Ilmiah tetapi kesusahan???
Ingin membuat presentasi powerpoint untu pembelajaran merasa sulit dan gaptek?????

Ingin membuat RPP dan silabus serta perangkat pembelajaran tetapi susah?????

Kini tidak usah bingung lagi ada Pak Zaif yang siap membantu berbagai kesulitan dan kesusahan yang anda hadapi di bidang pendidikan di CV Zaif Ilmiah semua masalah anda di bidang pendidikan akan dibantu, ingin membuat PTK saya bantu, membuat Karya Ilmiah saya bantu, membuat berbagai perangkat pembelajaran saya bantu untuk info lebih lanjut hubungi Contact Person 081938633462 atau Email di zaifbio@gmail.com

INSYA ALLAH semua kesulitan dan kesusahan anda akan ada solusinya jangan lupa hubungi Pak Zaif di nomer 081938633462 atau Email di zaifbio@gmail.com

TERIMA KASIH DAN SALAM GURU SUKSES

PAK ZAIF

 

About these ads

02/11/2010 - Posted by | Biologi Umum

101 Komentar »

  1. gajebo banget..
    jelek..

    Komentar oleh andreas | 02/27/2010

  2. wappik!

    Komentar oleh danz | 04/03/2010

  3. siip………. thanks…. dah bsa nemuin jwaban soal………..hehehehe…………

    Komentar oleh Birda | 04/04/2010

  4. gila, w puyeng bacanya

    Komentar oleh nadia | 04/11/2010

  5. kenapa biologi online kepadatan penduduk dan pencemaran lingkungan tidak ada gambarnya

    Komentar oleh nur hamid al ammar | 05/09/2010

  6. wuis makasih nemu dah bsa ngejawab pertanyaan guru deh

    Komentar oleh fabian | 05/11/2010

  7. waduh…
    gk cocok ama tugasnya nih..!
    ada gak yg akibat dari kepadatan penduduk kepada pencemaran air,udara,suara, ama ketersediaaan lahan,air bersih..
    tolong yaa..!

    Komentar oleh christ | 05/12/2010

  8. menurut aku scih,artikel ni tu up to date bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet.informasinya jga lngkap.perthankan yaaaaaaaaaa!

    Komentar oleh nirmala | 05/19/2010

  9. Thanx

    Komentar oleh zaifbio | 05/20/2010

  10. waw … amazing .. !!!

    Komentar oleh devina | 05/22/2010

  11. thanx ya

    Komentar oleh zaifbio | 05/22/2010

  12. waah bagus niiih,,bisa sharing dong?? sama aku juga kuliah biologi….

    Komentar oleh iman mandala | 05/31/2010

  13. komentar oleh masrifah 02/06/2010
    13 uaah bagus juga q jadi pengen kuliah d biologi

    Komentar oleh lilis | 06/01/2010

  14. semangat terus ya semoga kamu benar-benar masuk biologi

    Komentar oleh zaifbio | 06/02/2010

  15. eeeeeeeeeeemmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm aja akh pada gak jebo ngomentarin apa tu pade!!!!!!

    Komentar oleh nurul_putra | 06/08/2010

  16. mantappppppp
    sippppp!!!!!
    thanks ya…………

    Komentar oleh firman | 06/08/2010

  17. gila ga jelazz banget……

    Komentar oleh anas | 06/09/2010

  18. wahhh, amazing..

    Komentar oleh selly | 06/10/2010

  19. Jangan baca karna tugas Om, baca karena ingin tau dong!

    Komentar oleh Johanson | 06/20/2010

  20. ok

    Komentar oleh zaifbio | 06/23/2010

  21. ok

    Ok

    oK

    Komentar oleh echa spongebobtz yahya | 08/16/2010

  22. tksx, ktemu nih ….

    jimat untuk ujian ……
    heheheheh…..

    tapi krang lengkp g’ apa2 lah….

    texs, ya Cuy….

    Komentar oleh eric | 08/20/2010

  23. gila bnyak banget twu komentar loe..

    Komentar oleh nanda | 09/29/2010

  24. nice post…

    Komentar oleh santi | 10/27/2010

  25. ok bagus :) :) :)
    :P :P :P :P :P :P :P

    Komentar oleh Santoso Endro S | 11/03/2010

  26. hmmmm….
    masi belum lengkap nieh kk’….

    ada artikel ttg
    -menanggulangi pencemaran / kerusakan lingkungan ggk??

    Komentar oleh fadyah | 12/25/2010

  27. banyak materi nya,bagus pula lg..mksh yaa.

    Komentar oleh kusmiati | 01/19/2011

  28. apikkkkkkkkk bgt5

    Komentar oleh arifian | 02/20/2011

  29. api
    kkkkkkkk

    Komentar oleh arifian | 02/20/2011

  30. uhh qoq ngak da gambarnya ciehh.
    gw tugasnya hrus da gambarnya nichh
    slaen di sini di mana yach

    Komentar oleh Maharani | 03/20/2011

  31. :(

    Komentar oleh Maharani | 03/20/2011

  32. aneh ya komentarnya kayak gitu gitu terus

    Komentar oleh devok | 03/20/2011

  33. makasih………bantu jawaban tugas …..

    Komentar oleh Ulya | 03/24/2011

  34. ehmmm.gimana yach makin hari makin banyak bahan bakar kepakai…
    lama-lama bahan bakar negara kita abiz nanti

    Komentar oleh waris | 03/24/2011

  35. I’ love indonesia 8-) :o :p (^^^)

    Komentar oleh waris | 03/24/2011

  36. bagus-bagus

    Komentar oleh mia | 03/26/2011

  37. thanks banget kak.. sangat membantu

    Komentar oleh daniel | 03/30/2011

  38. mkasih bsa cari jwb.an tugas..
    wkaaka..

    Komentar oleh putri erlina g | 04/03/2011

  39. apa pengertiAn dari kepadAtan penduduk?

    Komentar oleh mira | 04/07/2011

  40. yang lebih lengkap ada gak .. ?
    ohh iyakk gua di sruh nyari pertanyaan tentang kepadatan penduduk dan pencemaran lingkungan ada gak yang menarik . susah di jawab sama ada jawaban nyakk gitu .. yang masuk akall .. cariin donk .. kalo ada add gua yakk . nii email nyakk . nadhilamutz@yahoo.co.id kalo mau di yahoo jga ada ,, nadh_nadh25@ymail.com okeehhokehh .. :)

    Komentar oleh nadhila fathania | 04/16/2011

  41. Great! Makasih banyak ya buat yang bikin situs ini. Materinya lengkap dan tepat banget. Thumbs up!

    Komentar oleh Swandiva | 04/19/2011

  42. g”dha yg laen y????kuh cpk nih nyri trz pi g’ktemu,,,,,,,,,
    tlg y???????cri in tgz ny
    yg cara penanggulangan kepadatan populasi manusia,,,,,,
    please??????????????????????????????

    Komentar oleh fira | 04/30/2011

  43. syukurlah dh cyap cara penanggulangan ny!!!!
    thank’s y????cmuany akhirny kuh santai ja!!!!

    cmoga bzk g”tkt k dpn tuk presentase kn pda tmen2 yg trcnta

    daaaaaaa,,,,,,,,

    Komentar oleh fira | 04/30/2011

  44. pljrn biologi mank enk pi kdg2 g enk soalny soal ulgn ny rumit zkli

    Komentar oleh fira | 04/30/2011

  45. Bagus, keren ..
    Pusing bacanya ,,
    Coba kalo ada gambarnya ..
    PAsti lebih keren ,

    Makasih :)
    Bantu banget lhoo ..

    Komentar oleh Harum Paramitha | 05/04/2011

  46. lumayan sih…cm sayang gag ad gmbarx,,,jdx krg lengkap.. :D

    Komentar oleh akkoeh cienthya drama asia | 05/19/2011

  47. woceyy,,
    ciphzt dach….!!!!
    (^_^ !!)

    Komentar oleh nabiella | 05/22/2011

  48. EM lUMAYAN

    Komentar oleh SITI | 05/24/2011

  49. duch kumaha’e rieut

    Komentar oleh yanto | 05/27/2011

  50. .trimakasihh…wat jawab.an tugas* and tambhin rumus nya yaa…karna masih bingunkk…:)

    Komentar oleh syerilsyerilsyerilblablabla:) | 06/06/2011

  51. thankzzzzzz…………. yach……………….////////

    Komentar oleh nurhikma puspitasari | 09/13/2011

  52. terima kash bayk ka al.a dagh membantu saya mengerjakn tugzzzzz…….

    Komentar oleh hikma | 09/13/2011

  53. hahahahahah……………
    yg gus dikit

    Komentar oleh Yogi Cros | 10/17/2011

  54. hemh gc da gmbarx gc asik

    Komentar oleh Nanda Loverzt Cimoy | 10/21/2011

  55. Thanks

    Komentar oleh Ayu | 10/21/2011

  56. Literatur biologi

    Komentar oleh Syahruddin | 11/11/2011

  57. DENSSSSSSSSSSSSSSSSSS YOKKKKKKKKKKKKKKK TEMANNNNNNNNNNNNNNNNN TEMANNNNNNNNNNNNNNNNNN

    Komentar oleh MOVIA | 01/22/2012

  58. sweee uggag ngnett reg ahkrx nmu jujha

    Komentar oleh regina dkk | 01/30/2012

  59. Gambare Cacad kabeh , sensor ( no ada )
    / Panik tingkat tinggi \

    Komentar oleh Nohiko R | 01/30/2012

  60. Astojim , Gambare keterjang angin topan ,SENSOR, ilank kabeh =,= /piye tugase\
    / Panik tingkat tinggi \

    Komentar oleh Vientiane ( Nohiko ) | 01/30/2012

  61. terima kasih banyak ya , artikel ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas

    Komentar oleh niyah | 01/31/2012

  62. ad gx narasumber yg bza saya wawancara..
    Soalnya saya sedang mengrjakan tugas untuk membuat suatu karya ilmiah dan saya memilih tema ini sbgai judl tema saya, cman saya lebih ingn memperluas lg wawasan tentang tema ini..
    Oxe thanks..

    Komentar oleh trisno | 02/04/2012

  63. Halo..bro excited banget gue

    Komentar oleh Ericka | 02/17/2012

  64. ada gambar kepadatan penduduknya gak

    Komentar oleh fajjar | 02/18/2012

  65. aku gak ketemu jawaban soal

    Komentar oleh m.rony | 02/21/2012

  66. Oke trimakasih tulisannya sangat membantu… mungkin ini juga bisa menjadi tambahan buat kita bersama silakan buka di halaman kami :

    http://amartha-saturnus.blogspot.com/2012/02/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

    Komentar oleh goparipung | 02/26/2012

  67. amazing….,:D

    Komentar oleh nabilsie troubelmakerpetengrencpecicilan | 02/26/2012

  68. aduhh .. koq nggak ada gambar.x seeh ? susaah nih kLo gak ada gambar.x .. coz, soal dari guru.x harus pake gambar .. tolong yahh ..

    Komentar oleh nandha | 02/27/2012

  69. makasih infonya

    Komentar oleh Hany Imroatussholihah | 03/04/2012

  70. keadilan rakyat ad d’mana cieh ?????

    Komentar oleh iga yuz | 03/05/2012

  71. kepADATAN pendu”x 2 d’akibat kan dr’qt sendri bkan jx benr

    bagai mana cara qt mengatasi’a ????

    Komentar oleh iga ilalang menantang matahari | 03/05/2012

  72. makasih ya

    akhirnya tugas gue selesai

    Komentar oleh Quien Bee Vierrania | 03/07/2012

  73. S!!p Lagh, ketemu

    Komentar oleh azizah | 03/09/2012

  74. waduh…. nie bukan ya yang di tugasin oleh guru

    Komentar oleh maf | 03/10/2012

  75. siipp .. akhirnya bisa kebantu juga ngerjain tugas biologi .. hihihii

    Komentar oleh nisa | 03/12/2012

  76. Aikhirnya siap untuk mempresentasikan bab ini ……

    Komentar oleh sandika | 03/13/2012

  77. kogt g dha gmbar cce…

    Komentar oleh ahmad syafi'i | 03/15/2012

  78. thank’s…..

    Komentar oleh rhama | 03/16/2012

  79. wah,ckup bgus jga ya,kak,bagaimana cra membuat situs seperti ini,trims sbelum nya…..

    Komentar oleh Dominicus Savio | 03/28/2012

  80. Baguss ^_^ Aku suka :)
    Makasih udah bantuin tugas biologi akuu hahahayyy :DDDDDDDDD

    Komentar oleh diana | 04/01/2012

  81. makasihh udah bantuin tugas biologikuu~ akhirnya selesai juga

    Komentar oleh diana | 04/01/2012

  82. wew , makasii sangat :)

    Komentar oleh sheny | 04/20/2012

  83. kipli………….. edan og.. aku kei duit te

    Komentar oleh gabriela elisabeth (@GabyElisabeth) | 04/24/2012

  84. Lumayan ….. tapi ada beberapa bagian yang terpotong/urang lengkap, misalnya rumus pertumbuhan penduduk koq hilang. Lain kali dikoreksi lagi dong!

    Komentar oleh Demmy | 04/30/2012

  85. Lumayan ….. tapi ada beberapa bagian yang terpotong/kurang lengkap, misalnya rumus pertumbuhan penduduk koq hilang. Lain kali dikoreksi lagi dong!

    Komentar oleh Demmy | 04/30/2012

  86. Makasih banget ya catetan terselesikan.. hahahha

    Komentar oleh SHINDY CS | 05/08/2012

  87. makasih banget,tugas kliping ipa_x jadi selesai,tpi lebih bagus klu ada gmbar_x,jdi lebih bagus bangettttttttttt…….

    Komentar oleh Milanda SJ | 05/12/2012

  88. Terimakasih atas informasinya ;;)

    Komentar oleh Arninna Fryzhcha Widyasari | 05/12/2012

  89. Posting tentang “kepadatan penduduk, sebab, dan cara mengatasinya boleh enggak?? :O :D heheheee.. :D
    Yaaa.. biar lengkap gituu.. -,-

    Komentar oleh Arninna Fryzhcha Widyasari | 05/12/2012

  90. ngomong” yg di pencemaran air tu ada tulisan “Penguraian polutan tersebut memerlukan banyak O sehingga menyebabkan kekurangan O”
    yg aku pertanyakan “o” tu apa?????
    oksigen kh?????

    Komentar oleh Milanda SJ | 05/13/2012

  91. trimss ya…!!!

    Komentar oleh Sarah | 05/26/2012

  92. makasih ya bantu tugas banget

    Komentar oleh laras fira fauziah (@fauziahlaras) | 06/07/2012

  93. thankz ew,,shu biza bantuin unt selesaiin tugas makalah…

    Komentar oleh thewen | 10/21/2012

  94. bisa ngak minta sumbernya dari mana.

    Komentar oleh nofa | 10/31/2012

  95. good

    Komentar oleh adi | 05/01/2013

  96. bos ,,, kayak mana tanggapan tentang sensor sampah di laut ?

    Komentar oleh Doewes Dekkerz | 05/03/2013

  97. tahnks yeah aku ada tugas

    Komentar oleh iman | 05/12/2013

  98. Artikel yang bagus dan informatif

    Komentar oleh Irvan Ary | 09/01/2013


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 945 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: