BIOLOGI ONLINE

blog pendidikan biologi

Keanekaragaman Makhluk Hidup

A. Pengklasifikasian Makhluk Hidup

Makhluk hidup di dunia ini sangat beragam. Hal ini mendorong para ahli mencari cara untuk mempelajarinya, yaitu dengan menggunakan suatu sistem tertentu yang disebut klasifikasi.

Ilmu tentang pengelompokkan makhluk hidup ini disebut taksonomi. Dasar pengelompokkan makhluk hidup ini adalah adanya persamaan dan perbedaan ciri-ciri morfologi, anatomi, fisiologi, tingkah laku, dan lain-lain.

  1. Tata Nama Makhluk Hidup

Klasifikasi dilakukan berdasarkan kesamaan morfologi, anatomi, fisiologi, dan cara perkembangbiakannya. Dengan klasifikasi akan terbentuk kelompok-kelompok makhluk hidup yang disebut takson. Setelah diklasifikasikan, suatu makhluk hidup diberi nama berdasarkan kelompok yang dimilikinya. Sistem tata nama yang dipakai saat ini adalah sistem tata nama biner yang disebut binomial nomenclature yang diperkenalkan oleh Carolus Linnaeus yang dijuluki Bapak Taksonomi.

Pemberian nama ilmiah makhluk hidup menggunakan bahasa Latin, dan terdiri dari dua kata yang menunjukkan nama genus dan spesies. Huruf pertama pada kata pertama ditulis kapital atau huruf besar, dan pada kata kedua ditulis dengan huruf kecil. Kedua kata ini ditulis mir ing. Contohnya: Oryza sativa (padi) dan Gnetum gnemon (melinjo).

Jika nama makhluk hidup lebih dari dua kata, maka kata kedua harus disatukan atau diberi tanda penghubung dan ditulis miring. Contohnya, kembang sepatu bisa ditulis Hibiscus rosasinensis atau Hibiscus rosa-sinensis.

Berdasarkan taksonomi yang dikembangkan Linnaeus, dunia tumbuhan dan hewan dibagi menjadi beberapa takson, yaitu kingdom ( k erajaan), filum (keluarga besar), class (kelas), ordo (bangsa), family (suku), genus (marga), dan spesies (jenis). Urutan dari kingdom ke spesies berdasarkan persamaan ciri-ciri yang paling umum, kemudian makin ke bawah persamaan ciri-ciri makin khusus dan perbedaan makin kecil.

  1. Klasifikasi Makhluk Hidup

Pada 1969, ilmuwan Biologi R. H. Whittaker, membagi makhluk hidup menjadi lima kingdom, yaitu kingdom monera, protista, fungi, plantae, dan ani malia. Sistem ini banyak digunakan para ilmuwan biologi. Pembagian lima kingdom ini didasarkan pada susunan sel dan cara hidup dalam pemenuhan kebutuhan makanan. Klasifikasi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Monera

Ciri-ciri monera a dalah uniseluler (bersel tunggal), sel prokariotik (tidak memiliki membran inti), dan memiliki reproduksi secara aseksual.

1)      Bakteri

Bakteri memiliki sel uniseluler dan prokariotik. Umumnya tidak memiliki  klorofil, namun ada yang memiliki klorofil sehingga dapat mela-kukan fotosintesis. Ukuran bakteri sangat kecil, hanya beberapa mikron.

a)      Berdasarkan bentuknya, bakteri dibagi menjadi tiga macam, yaitu: (1) Kokus (bulat)  Contoh: Staphylococcus aureus (penyebab radang paru-paru).(2) Basil (batang)  Contoh: Bacillus anthracis (penyebab antraks) (3) Spiral (berbengkok-bengkok)  Contoh: Treponema pallidum (penyebab sifilis)

b)      Jenis bakteri berdasarkan kebutuhan oksigen, antara lain: (1) Bakteri aerob adalah bakteri yang membutuhkan oksigen  untuk hidup, contohnya Nitrosomonas. (2) Bakt eri anaerob adalah bakteri yang tidak membutuhkan oksigen untuk hidup, contohnya Clostridium tetani. c) Jenis bakteri berdasarkan cara mendapatkan makanan, antara lain: (1) Bakt eri heterotrof, makanan diperoleh dari organisme lain. (2)  Bakteri saprofit, makanan diperoleh dari sisa-sisa organisme  lain. Contoh: Escherichia. (3) Bakteri parasit, makanan diperoleh dari organisme yang ditumpanginya. Biasanya bakteri merugikan. Contoh: Mycobacterium tuberculosis.(4) Bakteri autotrof, makanan diperoleh dengan membuat sendiri.(5)  Bakteri fotoautotrof, bakteri dalam membuat makanannya dengan bantuan energi cahaya matahari. Contoh: bakteri hijau-biru. (6)  Bakteri kemoautotrof, bakteri dalam membuat makanannya menggunakan energi kimia. Contoh: bakteri hidrogen.

2)      Ganggang hijau biru (Cyanobacteria)

Cyanobacteria ti dak semuanya bersel satu (uniseluler). Cyanobacteria memiliki klorofil sehingga mampu berfotosintesis dan menghasilkan oksigen. Tempat hidup Cyanobacteria di danau, laut, sungai, rawa, batu, tanah, di air dengan suhu yang tinggi, maupun di air dengan tingkat keasaman tinggi (pH = 4). Contohnya, Spirulina (dapat digunakan sebagai sumber makanan yang kaya protein).

b. Protista C iri-ciri protista a dalah eukariotik (mempunyai membran

inti), uniseluler atau multiseluler (bersel banyak), dan autotrof atau heterotrof.

1)      Protista yang memliki ciri-ciri seperti hewan (Protozoa) Berikut ini yang termasuk protista yang memiliki ciri seperti hewan (protozoa). Cermatilah. a) Rhizopoda Rhizopoda bergerak dan menangkapi makanan menggunakan kaki semu atau pseupodia. Rhizopoda hidup di laut, air tawar, tubuh he wan, atau manusia. Contoh: Entamoeba histolityca (penyebab disentri).

b) Flagellata Flagellata bergerak menggunakan flagel atau bulu cambuk, hidup di laut,  air tawar, tubuh hewan, atau manusia. Contoh: Trypanosoma evansi (penyebab penyakit surra pada hewan ternak).

c) Cilliata Cilliata hidup bebas di air tawar atau laut, bergerak menggunakan rambut getar silia. Contoh: Paramecium caudatum.

d) Sporozoa Spor ozoa  tidak memiliki alat gerak, dan semua  jenis sporozoa hidup sebagai parasit. Contoh: Plasmodium (penyebab malaria).

2) Protista yang memiliki ciri-ciri seperti tumbuhan (ganggang/ algae)

Berikut ini adalah yang termasuk protista yang memiliki ciri-ciri seper ti tumbuhan (ganggang/algae).

a) Euglenophyta Cirinya adalah uniseluler, tidak memiliki dinding sel, mempunyai klorofil sehingga mampu berfotosintesis, dan memiliki flagel. Contoh: Euglena.

b) Pyrophyta S ebagian besar Pyrophyta adalah Dinoflagellata, hidup di air laut, tapi ada juga yang hidup di air tawar, uniseluler, memiliki dinding sel, dan mampu bergerak secara aktif. Contoh: Ceratium.

3) Protista yang memiliki ciri-ciri seperti jamur (fungi)

Berikut ini yang termasuk protista yang memiliki ciri-ciri seperti jamur (fungi).

a) Myxomycota (jamur lendir) Dalam siklus hidupnya, Myxomycota menghasilkan sel-sel yang

hidup bebas yang berbentuk seperti amoeboid. Bila kekurangan makanan, sel-sel bebas ini membentuk massa yang berlendir. Selain itu, dapat pula membentuk spora bila keadaan kering. Contoh: Physarium.

b) Oomycota (jamur air) Oomycota hidup bebas, makanan diperolehnya dari sisa-sisa tumbuhan di danau atau kolam, dan reproduksi secara seksual dan aseksual. Secara  seksual menghasilkan hifa. Sedangkan, secara aseksual menghasilkan zoospora, yaitu spora yang mempunyai dua flagel yang da pat tumbuh menjadi hifa baru. Contoh: Saprolegnia (menempel pada tubuh ikan sebagai parasit).

c. Fungi Cir i-cirinya adalah eukariot, memiliki dinding sel, tidak memiliki

klorofi l, uniseluler atau multiseluler, hidup heterotrof (saprofit, parasit,  dan mutual).

Fungi hidup di tempat-tempat lembap, air laut, air tawar, di tempat yang asam dan bersimbiosis dengan ganggang membentuk lumut kerak (l ichenes). Reproduksi secara aseksual menghasilkan spora, kuncup, dan fragmentasi. Sedangkan, secara seksual dengan zigospora, askospora, dan basidiospora. Berikut ini yang termasuk ke dalam fungi.

1) Zigomycota Ciri-cirinya adalah:

a) Mempunyai hifa yang tidak bersekat. b) Reproduksi secara seksual dengan zigosporangium dan secara aseksual dengan spora. c) Hidup sebagai saprofit pada makanan, tanah, sisa-sisa tumbuhan

atau hewan, ada juga yang hidup sebagai parasit. Contohnya, Rhizopus oryzae (untuk pembuatan tempe).

2) Ascomycota Ciri-cirinya adalah:

a) Uniseluler atau multiseluler (sebagian besar). b) Mempunyai hifa yang bersekat-sekat. c) Ada yang membentuk tubuh buah dan ada yang tidak. d) Reproduksi aseksual dengan konidia dan tunas. Sedangkan, secara seksual dengan konidiospora. e) Hidup sebagai saprofit pada tanah, sisa-sisa organisme, ada yang sebagai parasit pada hewan atau manusia. Contoh: Saccharo-myces cereviceae (bahan pembuat minuman beralkohol).

3) Basidiomycota Ciri-cirinya adalah: a) Multiseluler. b) Hif a bersekat. c) Ada yang membentuk tubuh buah dan ada yang tidak. d) Umumnya hidup saprofit pada sisa-sisa organisme, ada yang

parasit pada tumbuhan atau manusia. e) Reproduksi aseksual dengan membentuk konidiospora, secara

seksual dengan menghasilkan basidiospora. Contohnya, Volvarella volvacea (jamur merang).

4) Deuteromycota Disebut juga jamur tak sempurna karena reproduksi seksualnya belum di ketahui. Contoh: Aspergillus wentii (pembuatan kecap, tauco).

d. Plantae Ki ngdom plantae atau tumbuhan adalah istilah untuk organisme yang  memiliki ciri eukariotik dan multiseluler. Selain itu, organisme ini mampu melakukan fotosintesis untuk menghasilkan makanan karena memiliki klorofil.Berdasarkan berkas pembuluh, plantae dibagi kedalam dua kelom pok (divisi), yaitu Thallophyta dan Tracheophyta.

1) Thallophyta

Thallophyta mempunyai bagian tubuh yang sederhana, tidak mempunyai pembuluh angkut, akar, batang, dan daun sejati. Berikut ini yang termasuk Thallophyta.

a) Algae (ganggang) Algae banyak tumbuh di tempat basah, multiseluler, dapat benang atau berkoloni, memiliki klorofil sehingga mampu melakukan  fotosintesis. Tapi, ada juga yang memiliki pigmen lain. Reproduksi secara aseksual dengan fragmentasi. Sedangkan secara seksual dengan fertilisasi antara gamet jantan dan betina.    Algae dibedakan atas 4 kelompok, yaitu: Chloropyta (alga hijau), Chrysophyta (alga keemasan), Phaeophyta (alga cokelat), dan Rhodophyta (alga merah).

b) Bryophyta (Lumut) Bryophyta hidup di tempat-tempat yang lembap, mempunyai bagian-bagian tubuh yang menyerupai daun, batang dan akar, mampu melakukan fotosintesis karena memiliki klorofil. Dalam masa hidupnya me ngalami pergiliran keturunan (metagenesis) yang menghasilkan generasi penghasil gamet (gametofit) dan generasi penghasil spora (sporofit). Spora dihasilkan oleh sporogonium. Lumut dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

(1) Hepaticeae (Lumut hati) Tumbuh secara horisontal, belum memiliki daun, dapat dibedakan

menjadi lumut hati jantan dan betina. Alat reproduksinya adalah gemma, secara seksual dengan gametofit. Contoh: Marchantia.

(2) Musci  (Lumut daun) Tubuh lumut daun lebih menyerupai batang dan daun, hidup di

tempat-tempat basah, berkelompok. Contoh: Sphagnum fimbriatun, Mnium.

2)      Tracheophyta

Tumbuhan ya ng memiliki pembuluh angkut memiliki bagian-bagian tubuh yang terdiri dari akar, batang, dan daun sejati. Akar memiliki fungsi sebagai alat untuk menyerap air dan zat-zat mineral. Batang berfungsi sebagai alat transportasi dan pernapasan. Daun berfungsi sebagai organ untuk fotosintesis. Yang termasuk ke dalam Tracheophyta adalah:

a) Pterydophyta Me mpunyai daun, batang, dan akar sejati, tidak berbunga. Akarnya berbentuk serabut, berfungsi untuk menyerap air dan zat makanan. Pt erydophyta telah memiliki pembuluh angkut (xilem) dan (floem), dan mengalami metagenesis, seperti tumbuhan lumut. Pterydophyta dikelompokkan menjadi 4 divisio, yaitu: Psilophyta (paku purba), Lycophyta (paku kawat), Sphenophyta (paku ekor kuda), dan Pterophyta (paku sejati).

b) Spermatophyta (tumbuhan berbiji) Tumbuhan yang memiliki daun, batang, akar, dan bunga sebagai

alat reproduksi dan menghasilkan biji. Bagian bunga yang menghasilkan gamet jantan disebut benangsari dan yang menghasilkan gamet betina disebut putik. Perkembangbiakan secara seksual dengan biji. Di dalam biji terdapat embrio/lembaga (calon tumbuhan baru).Spermatophyta dibagi menjadi dua kelompok yang didasarkan pada letak bijinya, yaitu:

(1) Gymnosp ermae (tumbuhan biji terbuka) Gymnospermae tidak memiliki bunga yang sesungguhnya. Biji tidak terbungkus daun buah. Biji sebagai alat perkembangbiakan berbentuk k erucut yang disebut strobilus. Terdapat strobilus jantan dan strobilus betina. Gymnospermae terbagi menjadi 4 kelas, yaitu: – Cyadinae, contoh: Cycas rumphii (pakis haji). – Coniferae, contoh: Agathis alba (damar). – Gnetinae, contoh: Gnetum gnemon (melinjo). – Ginkyonae, contoh: Ginkgo biloba.

(2) Angiospermae (Tumbuhan biji tertutup) Angiospermae memiliki bunga sejati sebagai alat reproduksi. Bakal biji diselubungi daun buah. Bunga-bunga pada Angiospermae ada yang lengkap maupun tidak lengkap. Bunga lengkap bila memiliki kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benangsari. Biji terbungkus bakal buah. Se telah terjadi pembuahan, biji berkembang sehingga mengandung kandung lembaga (embrio) dan endosperma (cadangan makanan).

Angiospermae dibagi menjadi dua kelas, berdasarkan keping daun lembaga, yaitu dikotil dan monokotil.

e. Animalia

Animalia atau hewan merupakan organisme multiseluler, bersifat heterotrof, organisme yang aktif. Kingdom animalia dibagi ke dalam dua kelompok berdasarkan ada tidaknya tulang belakang, yaitu:

1)      Avertebrata

Avertebrata merupakan kelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Avertebrata terdiri dari 8 filum, yaitu: a) Porifera (hewan berpori) Porifera merupakan kelompok hewan multiseluler yang paling sederhana, tubuh berpori-pori, sebagian besar hidup di air laut, tapi ada juga  yang hidup di air tawar. Tubuhnya berbentuk seperti bunga pada umumnya. Contoh: Niphates digitalis, Clathrina.

b) Coelenterata (Hewan berongga) Struktur tubuh Coelenterata lebih kompleks dibanding porifera.

Dalam daur hidupnya mempunyai bentuk tubuh sebagai polip dan medusa. Mulut memiliki tentakel, pada tentakel terdapat alat penyengat. Contoh:  Chrysaora fruttescena (ubur-ubur).

c) Coelenterata (Hewan berongga) Struktur tubuh Coelenterata lebih kompleks dibanding porifera.

Dalam daur hidupnya mempunyai bentuk tubuh sebagai polip dan medusa. Mulut memiliki tentakel, pada tentakel terdapat alat penyengat. Contoh:  Chrysaora fruttescena (ubur-ubur).

d) Nemathelminthes (Cacing gilig) Bentuk tubuh gilig/silindris, memiliki rongga tubuh tapi tidak

sejati. Permukaan tubuh dilapisi kutikula, memiliki sistem pencernaan ya ng lengkap. Hidup bebas atau sebagai parasit. Contoh: Ascaris lumbricoides (cacing perut).

e) Annelida (Cacing gelang) Tubuh bersegmen dan bulat, sistem pencernaan sudah lengkap. Sebagian besar hidup bebas, ada yang sebagai parasit. Contoh: Lumbricus terrestris (cacing tanah).

f) Mollusca (Hewan bertubuh lunak) Mollusca merupakan kelompok hewan yang bertubuh lunak,

tubuh di lindungi cangkang, ada pula yang tidak bercangkang. Ukuran bervariasi. Hidup di perairan laut, air tawar, ataupun darat. Contoh: Achatina fulica (bekicot).

g) Arthropoda (Hewan berbuku-buku) Memiliki kaki beruas-ruas, tubuh dapat dibedakan antara kepala, dada, da n perut. Mempunyai rangka luar yang keras (kutikula). Hidup bebas, parasit, simbiosis. Contoh: Pardosa amenata (jenis laba-laba).

h) Echinodermata (Hewan berkulit duri) Struktur tubuh simetri radial, seperti bintang, bulat, pipih.

Permukaan tubuh umumnya berkulit duri. Bergerak menggunakan kaki ambulakral. Hidup  bebas atau di perairan laut. Contoh: Acanthaster sp (bintang laut).

2)      Vertebrata

Kelompok hewan ini memiliki tulang belakang, rangka dalam, rongga tubuh, sistem pernapasan, pencernaan, peredaran darah, ekskren, saraf, alat reproduksi terdiri dari kelamin jantan dan betina.

Ver tebrata terdiri atas: a) Pisces (ikan), contoh: ikan louhan. b) Amphibia, contoh: katak. c) Reptilia, contoh: komodo. d) Aves (burung), contoh: penguin. e) Mamalia, contoh: kera.

B. Organisasi Kehidupan

Makhluk hidup di dunia ini sangat beraneka ragam. Keanekaragaman ini meliputi berbagai bentuk dan variasi tingkat kehidupan, mulai dari sel sampai organisme.

  1. Sel

Sel adalah satuan terkecil makhluk hidup yang menyusun tubuh makhluk hidup, bentuk dan ukurannya bermacam-macam. Sel juga merupakan satuan fungsi kehidupan karena dalam sel terjadi fungsifungsi atau kegiatan hidup.Ukuran sel sangat kecil sehingga bagian-bagian sel dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron. Bagian-bagian tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Membran Plasma

Membran plasma berfungsi sebagai pelindung sel dan mengatur keluar masuknya zat-zat dari dalam atau dari luar sel. Pada sel hewan ter dapat dinding sel sehingga bentuknya kaku atau tetap. Sedangkan, pada sel tumbuhan tidak terdapat dinding sel sehingga membran sel menjadi lapisan sel terluar.  Membran sel tersusun atas senyawa lipida dan protein (lipoprotein) serta bersifat semipermeabel. Tidak semua zat bisa masuk ke sel karena diseleksi oleh membran sel.

  1. Sitoplasma

Sitoplasma adalah l arutan yang berada di antara membran sel dan inti sel. Sitoplasma mengandung 90% air dan bermacam-macam bahan biokimia untuk kehidupan, seperti ion-ion dan molekul-molekul garam, asam amino, gula, nukleotida, asam lemak, vitamin, dan gas-gas yang membentuk larutan.

Di dalam sitoplasma terdapat struktur halus yang disebut organel sel. Organel-organel ini adalah: 1) Mit okondria berfungsi untuk respirasi atau pernapasan sel. 2) Badan golgi berfungsi dalam proses ekskresi sel. 3) Ribosom berfungsi sebagai tempat sintesis protein. 4) Lisosom berfungsi menghasilkan enzim-enzim untuk mencerna makanan. 5) Sentrosom berfungsi sebagai tempat menggantungnya kromosom saat pembelahan sel. Terdapat pada sel hewan dan manusia. 6) Vakuola berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan dan mengeluarkan sisa metabolisme. Biasanya terdapat pada sel tumbuhan. 7) Plastida, hanya ditemukan pada tumbuhan. Ada yang mengandung zat warna dan ada yang tidak. Plastida yang mengandung zat hijau daun disebut kloroplas.

  1. Inti Sel

Inti sel disebut  juga nukleus. Inti sel terdiri atas membran inti sebagai pembungkus inti, nukleus atau anak inti, dan plasma inti atau nukleoplasma. Di dalam plasma inti terdapat benang-benang krosom yang berfungsi sebagai pembawa sifat keturunan. Inti sel berfungsi sebagai pengatur seluruh kegiatan sel.

  1. Jaringan

Jaringan adalah kumpulan sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama. Jaringan pada tumbuhan dan hewan berbeda.

  1. Jaringan pada Tumbuhan

Jaringan pada tumbuhan bermacam-macam, yaitu:

1) Jaringan meristem Jaringan meristem adalah jaringan yang sel-selnya selalu aktif membelah. Jaringan ini berfungsi untuk pertumbuhan sel. Terdapat pada ujung batang dan ujung akar serta pada kambium (ikatan pembuluh).

2) Jaringan epidermis Jaringan ini terletak pada permukaan batang, akar, dan daun. Jaringan ini berfungsi sebagai pelindung jaringan di bawahnya. 3) Jaringan parenkim

3) Jaringan parenkim merupakan jaringan pengisi antara jaringan yang lain. Oleh karena itu, jaringan parenkim terdapat hampir di seluruh bagian tubuh tumbuhan.

4) Jaringan pengokoh Jaringan pengokoh berfungsi menguatkan bagian tubuh tumbuhan. Terdapat di akar, batang, daun, dan buah. Jaringan pengokoh ini terdiri atas jaringan kolenkim dan sklerenkim.

5) Jaringan pengangkut Jaringan pengangkut dibagi menjadi dua macam, yaitu jaringan xilem dan floem. Jaringan xilem berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari tanah ke daun. Sedangkan, floem berfungsi untuk mengangkut sari makanan dari daun ke seluruh tubuh tanaman.

6) Jaringan endodermis Jaringan ini terdapat pada akar dan batang.

b. Jaringan pada Hewan

Jaringan p ada h ewan sama dengan jaringan pada manusia, yaitu:

1) Jaringan epitel

Jaringan epitel berfungsi sebagai pelindung jaringan di bawahnya. Lapisan ini dibagi menjadi dua macam, yaitu epitel berlapis tunggal dan epitel berlapis banyak. Epitel lapisan tunggal, contohnya epitel pipih se lapis terdapat pada alveoli. Sedangkan, contoh epitel berlapis banyak adalah epitel pipih pada epidermis kulit vertebrata.

2) Jaringan penyokong

Jaringan ini berfungsi untuk menyokong tubuh. Jaringan ini dibedakan menjadi: a) j aringan ikat berfungsi memperkuat tubuh dan sebagai penghubung antarjaringan. b) Jaringan tulang berfungsi sebagai pelindung bagian tubuh yang lunak. Jaringan ini dibagi menjadi dua macam, yaitu jaringan tulang keras dan tulang rawan.

3)      Jaringan otot

Jaringan ini berfungsi sebagai alat gerak aktif. Jaringan ini dibagi menjadi tiga macam, yaitu otot lurik, otot polos, dan otot jantung.

4) Jar ingan darah

Jaringan darah berfungsi sebagai alat transportasi dan pelindung tubuh dari bibit penyakit. Sel darah terdiri atas darah merah, darah putih, dan trombosit.

5) Jaringan saraf

Jaringan ini berfungsi untuk menghantarkan rangsangan atau impuls. Jaringan ini terdiri atas sel-sel saraf (neuron).  Neuron tersusun atas badan sel saraf, dendrit, dan akson.

  1. Organ

Jaringan yang m emiliki bentuk dan fungsi yang sama akan membentuk organ. Organ pada tumbuhan adalah akar, batang, daun, bunga, biji dan buah. Organ-organ ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Organ pada manusia dan hewan adalah mata, hidung, telinga, usus, dan lain lain.

  1. Sistem Organ

Sistem organ a dalah kumpulan dari organ-organ yang saling bekerja sama membentuk suatu sistem. Contoh sistem organ adalah sistem pernapasan yang terbentuk dari organ hidung, paru-paru, bronkus, dan tenggorokan.

  1. Individu

Semua sistem organ akan bekerja sama untuk melakukan fungsi hidup atau proses kehidupan dan membentuk organisme. Sistem organ ini saling mempengaruhi sistem organ yang lain. Jika satu sistem organ rusak akan mengganggu sistem organ yang lain.

IKLAN

CV ZAIF ILMIAH (BIRO JASA PEMBUATAN PTK, KARYA ILMIAH, PPT PEMBELAJARAN, RPP, SILABUS, DLL))

Ingin membuat PTK tapi merasa sulit???? Ingin membuat Karya Ilmiah tetapi kesusahan??? Ingin membuat presentasi powerpoint untu pembelajaran merasa sulit dan gaptek????? Ingin membuat RPP dan silabus serta perangkat pembelajaran tetapi susah????? Kini tidak usah bingung lagi ada Pak Zaif yang siap membantu berbagai kesulitan dan kesusahan yang anda hadapi di bidang pendidikan di CV Zaif Ilmiah semua masalah anda di bidang pendidikan akan dibantu, ingin membuat PTK saya bantu, membuat Karya Ilmiah saya bantu, membuat berbagai perangkat pembelajaran saya bantu untuk info lebih lanjut hubungi Contact Person 081938633462 INSYA ALLAH semua kesulitan dan kesusahan anda akan ada solusinya jangan lupa hubungi Pak Zaif di nomer 081938633462 ATAU lewat E-mail di zaifbio@gmail.com. DIJAMIN PTK ATAU KARYA ILMIAHNYA BARU LANGSUNG DIBIKINKAN BUKAN STOK LAMA ATAU COPY PASTE SEHINGGA DIJAMIN ORIGINALITASNYA TERIMA KASIH DAN SALAM GURU SUKSES PAK ZAIF

IKLAN

Ingin kaos bertema PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN?, bosan dengan kaos yang ada?, ingin mengedukasi keluarga atau murid dengan pembelajaran. HANYA KAMI SATU-SATUNYA DI INDONESIA PERTAMA KALI KAOS BERTEMA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN COCOK DIPAKAI UNTUK SEMUA KALANGAN DAN MEMBERI KESAN EDUKASI DAN PEMBELAJARAN DALAM SETIAP PEMAKAIAANYA

Jangan lupa kunjungi web kami di http://os-kaos.com/ untuk melihat berbagai koleksi kaos pendidikan dan pembelajaran dari kami like juga FP kami di https://www.facebook.com/oskaos1745

Fast Respon CP : 081938633462 dan 082331864747

ee9f2fe2-288a-4081-829e-cac8538debd6wallpaper

About these ads

02/11/2010 - Posted by | Biologi Umum

89 Komentar »

  1. masih perlu di perlengkap lagi…………………
    dan diperjelas,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    Komentar oleh ilham | 02/24/2010

  2. saya pikir, ada yang di tambah, seperti:

    Penyebab-penyebab yang dapat mempengaruhi keanekaragaman makhluk hidup…..

    Blog ini bagus….. Hanya perlu di tambah sedikit……

    Terima kasih…….

    Komentar oleh Ndief | 03/04/2010

  3. tambah lagi dong materix masa cma tu ja ////////

    Komentar oleh intan angela | 03/15/2010

  4. nyuwun lmune yo mas…

    Komentar oleh albar | 04/19/2010

  5. nyuwun ilmune yo mas…

    Komentar oleh albar | 04/19/2010

  6. tambahin gambar2’y uga biar lebih asyik

    Komentar oleh nanda | 05/14/2010

  7. thank you a lot.. but it still basic.. ^__^

    Komentar oleh ristanti | 06/01/2010

  8. matur suwon

    Komentar oleh ahit | 06/01/2010

  9. kok gug da pengertian metagenesix

    Komentar oleh ani | 07/23/2010

  10. koq gag da cieh ciri-ciri dari persamaan monokotil dan dikotil ????

    Komentar oleh fitria retno s | 08/22/2010

  11. Hoy…
    ini mah bukan ciri2 klasifikasi makhluk hidup.
    ini mah pengertian klasifikasi..
    yang di perlukkan tuh ciri2nya.. aduuh.. gubrak

    Komentar oleh Virda Aisyah Maulina | 09/08/2010

  12. bugus nie bwt blajar…….

    Komentar oleh tama | 09/13/2010

  13. saya ingin tau lebih detail lagi, jadi tolong di perlengkap lagi ya!ok

    Komentar oleh Ariezy | 09/24/2010

  14. aduh… kok yg kingdom moneranya kurang jelas ya..???

    Komentar oleh regina mega pratama | 10/09/2010

  15. duhh,,penjelasan isi nya kurang jelas dan kurang lengkap,
    tolong isi nya di perbaharui kembali,supaya bisa jadi pedoman bagi peljar,,,,,,,mksih…..

    Komentar oleh budi tirtana | 10/11/2010

  16. aduhh, minta tolong dong dimunculkan gambar reproduksi oomycota sekalian…alx pengen tau…gmn….

    Komentar oleh sarmasuriani siregar | 10/22/2010

  17. :P :P :(

    Komentar oleh Santoso Endro S | 11/03/2010

  18. :putnam:

    Komentar oleh Santoso Endro S | 11/03/2010

  19. -_-

    Komentar oleh Santoso Endro S | 11/03/2010

  20. tolong Tambah materinya…………………

    Komentar oleh Nompho | 01/17/2011

  21. tolong Tambah materinya…………….

    Komentar oleh AFIEF | 01/17/2011

  22. please tambah materinya…………………
    karena tugas saya udah hampir selesai………………………………
    jadi tambah dunk…………..

    Komentar oleh Nompho | 01/17/2011

  23. Blog ini cukup bagus , namun harus ada perbaikan lagi atau tambahan lagi , karena masih ada materi yang belum ada. Terimakasih.

    Komentar oleh Raka | 01/22/2011

  24. saya rasa sebaiknya di tambah dengan gambar 3 dimensi

    Komentar oleh ayatsaja | 02/08/2011

  25. msh bnyk bnget yg kurang
    *gambar nua
    *penjelasan nua

    Komentar oleh adelia | 02/08/2011

  26. woww. bisa pinter gua belajar dari sini. hahaa

    Komentar oleh immanuel | 02/12/2011

  27. bagus juga tuh :)

    Komentar oleh shinta | 02/17/2011

  28. wawwwwwwww
    BAGUS bgt
    I LIKE ITTTTT

    Komentar oleh elly | 02/21/2011

  29. tengkyu… artikelnya bantu aq selesaikn tugas kuliah..

    Komentar oleh anisa | 04/08/2011

  30. ya ini yg ku cari,,,,

    Komentar oleh feri impossible | 05/08/2011

  31. i like it :D

    Komentar oleh devie | 05/22/2011

  32. waw amazing

    Komentar oleh dhia | 06/05/2011

  33. akhh mana si pembagian klasifikasinya ..
    ga jelas dehh !!!

    Komentar oleh cukiie | 07/16/2011

  34. nice info..

    Komentar oleh rama | 08/19/2011

  35. mantapppp !

    Komentar oleh Rido Sandi Atmanto | 08/30/2011

  36. ya ampunn.. ko” g’ ada tentang metagenesis yaa :( :(

    Komentar oleh qaamhsuk | 09/04/2011

  37. thanks y ats pembhasan materinya , meskipun msh ada yg kurg , ni sgt embantu buat saya,,

    Komentar oleh Fatmawati Ali Zaid | 10/02/2011

  38. bljar itu penting n aq hrus slalu blajar sndri n dr org lain

    Komentar oleh Fatmawati Ali Zaid | 10/02/2011

  39. Makasih,,,,,untuk materinya…….ini sudah sangat membantu………!!!!

    Komentar oleh Cucu Hasan Diningrat | 10/02/2011

  40. saya rasa masih ada yang kurang…tapi ini bener bener susah bagi siswa kelas 7 smp..

    Komentar oleh Dwi TetAp IlHam FeVer | 10/03/2011

  41. struktur tubuh, pigmen, alat gerak, nukleus, dinding sel, takson,ciri-ciri organisme yang hidup dalam air rendaman jerami …. terima kasih ..

    Komentar oleh dessy | 10/28/2011

  42. lumayan bsa ngrt dkitttt…………… :)

    Komentar oleh yessy | 11/05/2011

  43. makasi,,,,,,,,, karna kamu, tugas qu selesai dech ??????????????????/

    Komentar oleh yhukari | 11/07/2011

  44. i’like is Education

    Komentar oleh Arisandy putra | 11/25/2011

  45. thank’s

    Komentar oleh dewi rara ayu rani | 12/03/2011

  46. makasih yah,,,
    atas bantuan mu…

    Komentar oleh Fakhri Ahmad | 12/06/2011

  47. suwun, thank’s, and makasih
    I Like It

    Komentar oleh Luza Nakz Arsobh | 12/27/2011

  48. cukup membantu,makasi ya :)

    Komentar oleh anisaa | 01/19/2012

  49. Di perlengkap dong!

    Komentar oleh Ribka tilaar | 01/23/2012

  50. pengertian’a manaaa???
    lagi butuh banget niiii….

    Komentar oleh yayang9f | 01/30/2012

  51. yang kelas 7 ada ga

    Komentar oleh M.Novrizal Aulia Akbar | 01/30/2012

  52. Terima kasih :) sangat membantu

    Komentar oleh frydda | 02/09/2012

  53. bagus, lumayan wat tambah ilmu ja,,,,,

    Komentar oleh wahyu gita pratiwi | 02/14/2012

  54. bagus kok………………

    Komentar oleh yulinda tri mustika | 02/20/2012

  55. Perlu di lengkapi lagi..cirinye ama bagian2 tumbuhan atau jamur dll di beri gambar 3 dimensi..supaya lebih menarik :D

    Komentar oleh Dian rahmawati | 02/23/2012

  56. siiiiiiiiiippp..
    makasih info’y..
    tambahan materi ni..
    ^ -.^

    Komentar oleh tina_yo | 03/03/2012

  57. bagus,tapi kurang jelas……..
    jadi kalau bisa lebih detail dan jelas lagi

    Komentar oleh Muhammad Willyansyah | 03/06/2012

  58. his thank’z for the info

    Komentar oleh afifah | 03/18/2012

  59. nenek ku mati ommm……….!

    Komentar oleh muh.rifaldi | 03/25/2012

  60. bagi aku kok kurang jelas ya ….

    Komentar oleh superjunior | 03/26/2012

  61. Makasih,,,,,,,,,,,,yh

    Komentar oleh Silvia | 03/28/2012

  62. makacich yach udah membantu….
    tp.. menurutku kurang lengkap aja sich…
    micalkan udah lengkap pasti bkn jd bagus lagi tp SEMPURNA….

    Komentar oleh zakiya | 03/29/2012

  63. ngopi wat referensi,, thanks sob,,

    Komentar oleh ayu | 04/03/2012

  64. thanks,,,

    Komentar oleh ayu | 04/03/2012

  65. kok gak da klasifikasinya? :(
    tapi makasih ^_^

    Komentar oleh Himuro Yukina | 04/06/2012

  66. sebagai bahan evaluasi untuk sukseskan postingnya,
    maafya “tolong postingannya di rapihkan….”.

    ikhwan mu’min

    Komentar oleh dakwaislamia | 04/08/2012

  67. makasih,udh membantu,by murid smp2 sintang,kal-bar,and doain moga” gag sering kena marah ma bu rosnelly yg galak,yg ngajarnya gag bener #ups

    Komentar oleh Julius | 04/29/2012

  68. sebaiknya lebih teliti dan lebih singkat dan padat

    Komentar oleh asa | 05/02/2012

  69. Informatif nih blog

    Komentar oleh Mahfud | 05/05/2012

  70. wah keren bener bener membantu

    Komentar oleh wahyu | 05/07/2012

  71. hebat….plajarn qw jdi lancar eheheh

    Komentar oleh Dimaz Aryo Fallen | 05/23/2012

  72. telow…

    Komentar oleh aini tjh cukup | 05/25/2012

  73. blognya keren…. tapi tolong ditambah lebih banyak

    Komentar oleh diana said | 07/14/2012

  74. kurang lgkp

    Komentar oleh Chika anisa | 08/08/2012

  75. lengkap bnget nih untng aj lngkp bsa buat nyelesai’in tgas skolah ne..!!

    Komentar oleh imah | 08/26/2012

  76. tmbah lg donk materi ny :)

    Komentar oleh suharyanto | 08/26/2012

  77. Bagus,tpi masih ada yang kurang lengkap…
    Thanks…

    Komentar oleh Khatarina noviyanti | 08/31/2012

  78. penulisannya tidak terstruktur dengan rapi..jadi pusing bacanya.

    Komentar oleh Pelajar SMK | 09/04/2012

  79. terimakasih.. sangat membantu sekali

    Komentar oleh Siswi SMK bisa!! | 09/25/2012

  80. nice blog,,,,n mhon sya tuk mngcopynya,,,

    oya,,,klo bsa saran saya,,tuk bsa tambahkan daftar pustakanya,,,,
    terima kasih

    Komentar oleh cyprinus carpio | 10/02/2012

  81. Ok, , Artikel nya k-reeen n baguusss

    Komentar oleh ono | 10/04/2012

  82. blok in sngat bgus tpi tlong donk dimuat jga mngnai teori2 yang berkaitan dengn tmbuhanterutma tmbuhan paku dan lumut,,,,,,,,,,,,,

    Komentar oleh ernhy | 10/11/2012

  83. aduhhhhhhhhhhhhh ………………….. knp ciihh gg lengkap materi kalo bsa ditamabah dong ,ka sistem dua kingdom ampe enam kingdom

    Komentar oleh dyana | 10/18/2012

  84. kurang lengkap makala nya jga blm selesai gara” kurang

    Komentar oleh rahasia | 10/25/2012

  85. terimakasih ya atas infonya, saya jadi bisa ngerjain tugas dengan mudah..
    hanya tuhan yang bisa membalasnya… :)

    Komentar oleh Wayan Mister-x | 11/21/2012

  86. tolong diperjelas lagi materixa,.
    biar saiia dpt memperdlam ilmu,..

    Komentar oleh risma deana wahyu | 04/03/2013

  87. tolong di sertai dengan contoh konkritnya

    Komentar oleh jozze | 10/04/2013

  88. Mungkin kalo di kasih gambar juga akan lebih cepat mengerti dan lebih menarik

    Komentar oleh darell kenundra | 10/17/2013

  89. Really informative blog article.Really thank you! Want more. eadecgaedeea

    Komentar oleh Johnb529 | 05/08/2014


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 936 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: