BIOLOGI ONLINE

blog pendidikan biologi

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

A. Pengertian Makhluk Hidup

Bunga mawar, kelinci, burung, dan manusia, semuanya bergerak, memerlukan makanan, bernapas, dan berkembang biak. Mengapa hal ini terjadi? Hal tersebut terjadi karena mereka adalah makhluk hidup. Mobil tidak bisa bergerak jika tidak diberi bensin dan dikemudikan. Demikian juga dengan sepeda dan becak, jika tidak dikendarai manusia tidak akan bergerak.Benda-benda itu tidak bernapas, tidak memerlukan makanan, dan tidak bertambah banyak. Mengapa demikian? Karena mereka adalah makhluk tak hidup. Jadi, makhluk hidup adalah makhluk yang memiliki ciri-ciri kehidupan seperti bernapas, bergerak, dan berkembang biak.

B. Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Aktivitas yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup prosesnya tidak dapat diamati secara langsung, tetapi berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya. Makhluk hidup memiliki beberapa ciri, yaitu bernapas, bergerak, makan, tumbuh, peka terhadap rangsangan, dan dapat berkembang biak.

  1. Bernapas

Semua makhluk hidup melakukan proses pernapasan. Bernapas adalah proses mengambil udara (O2) dari luar dan mengeluarkan udara (CO2) dari dalam tubuh. Oksigen (O2) sangat diperlukan makhluk hidup untuk pembakaran makanan dalam tubuh dan menghasilkan energi yang diperlukan tubuh atau disebut juga oksidasi tubuh. Energi ini digunakan tubuh untuk bergerak dan melakukan aktivitas lainnya.

Proses pernapasan makhluk hidup berbeda-beda, bergantung pada tempat hidup dan jenis makhluk hidup. Makhluk hidup yang hidup di darat memiliki sistem pernapasan yang berbeda dengan makhluk hidup yang hidup di air. Pernapasan burung berbeda dengan amfibi.

Manusia dan hewan di darat umumnya bernapas dengan paruparu. Oksigen diambil dari udara melalui hidung. Untuk makhluk hidup yang hidup di air, seperti ikan bernapas dengan insang. Makhluk hidup yang di air menggunakan oksigen yang terlarut dalam air untuk bernapas.

Bagaimana  dengan tumbuhan, apakah mereka juga bernapas? Tumbuhan pun bernapas. Oksigen diambil oleh tumbuhan melalui stomata atau mulut daun, dan lentisel (lubang-lubang yang ada pada batang tumbuhan).

  1. Bergerak

Bergerak merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Gerak pada manusia dan hewan jelas tampak terlihat. Kamu dapat berjalan, berlari, dan menggerakkan tangan. Begitu juga dengan hewan dapat berlari, terbang, dan lain sebagainya. Untuk melakukan gerakan tersebut, manusia dan hewan dibantu oleh alat gerak. Pada manusia, misalnya tangan dan kaki. Sedangkan, pada hewan, seperti sayap, sirip, kaki, silia, dan lainnya.

Selain manusia dan hewan, tumbuhan juga melakukan gerakan, tapi gerakan ini tidak mudah dilihat. Contoh gerakan pada tumbuhan adalah menutupnya daun putri malu bila disentuh. Daun-daun pohon petai cina yang menutup pada sore hari, arah tumbuhnya tanaman selalu ke arah datangnya sinar matahari, dan bunga matahari yang selalu menghadap matahari. Gerakan pada tumbuhan disebabkan karena ada rangsangan dari luar.

  1. Makan

Seluruh makhluk hidup membutuhkan makanan. Makanan yang  dimakan harus mengandung zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya, karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Karbohidrat sangat diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Zat makanan ini terdapat dalam umbi-umbian seperti singkong, kentang, dan ketela. Selain itu, terdapat dalam biji-bijian, seperti jagung, beras, gandum, dan tepung terigu. Lemak berfungsi sebagai cadangan makanan bagi tubuh. Lemak memiliki kalori paling tinggi dibandingkan zat makanan lainnya. Zat makanan ini terdapat dalam susu dan mentega.

Protein berfungsi untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Protein dibagi menjadi dua macam, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan, contohnya: telur, daging, susu, dan ikan. Sedangkan, protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuhan, contohnya: kacangkacangan, dan buah-buahan.

Vitamin dan mineral diperlukan tubuh kita untuk mengatur proses kegiatan tubuh. Vitamin dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayursayuran, seperti: wortel, sayur bayam, kangkung, jeruk, alpukat, apel, dan sebagainya.

  1. Iritabilitas

Salah satu c iri makhluk hidup adalah respons terhadap rangsangan. Kemampuan makhluk hidup memberi tanggapan terhadap rangsangan disebut iritabilitas.  Hewan memiliki sistem saraf dalam menanggapi adanya rangsangan, sedangkan tumbuhan tidak. Rangsangan dapat disebabkan oleh faktor luar tubuh. Contohnya, mata kita akan mengedip bila terkena cahaya yang silau. Contoh reaksi rangsangan yang diterima hewan adalah anjing akan menegakkan telinga bila mendengar suara yang asing dan sekelompok rusa akan berlari bila ada pemangsa yang mengintai.

Ge rak pada tumbuhan terjadi karena adanya rangsangan zat kimia, gaya gravitasi bumi, cahaya, air, dan sentuhan. Contohnya, daun putri malu akan menutup bila disentuh, akar tumbuhan menjalar ke tempat banyak air, tumbuhnya batang tumbuhan ke arah sinar matahari, dan akar tumbuhan yang selalu tumbuh ke arah pusat bumi.

  1. Tumbuh

Makhluk hidup m engalami pertumbuhan dan perkembangan. Contohnya, jika kamu menanam biji akan tumbuh menjadi kecambah, kemudian menjadi tanaman kecil. Jika tanaman tersebut kamu siram setiap hari, maka akan tumbuh menjadi tanaman yang besar.

Pertumbuhan merupakan pertambahan sel-sel tubuh, sehingga ukuran tubuh bertambah dan tidak bisa mengecil kembali. Bagaimana dengan pertumbuhan hewan dan tumbuhan? Hewan dan tumbuhan juga mengalami pertumbuhan seperti manusia, yaitu ukuran tubuhnya makin besar. Pertumbuhan ini dapat diukur.

  1. Berkembang Biak

Coba kamu amati pohon pisang di sekitar tempat tinggalmu? Biasanya, di sekitar pohon pisang terdapat tunas-tunas baru. Hal ini merupakan contoh perkembangbiakan pada tumbuhan. Berkembang biak atau reproduksi adalah kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan. Perkembangbiakan ini berguna untuk melestarikan jenisnya.Cara perkembangbiakan pada hewan dibagi menjadi dua macam, yaitu secara generatif (kawin) dan secara vegetatif (tak kawin). Pada hewan tingkat tinggi umumnya berkembang biak secara kawin, sedangkan pada hewan tingkat rendah berkembang biak dengan vegetatif (tak kawin).

Bagaimana perkembangbiakan pada tumbuhan? Tumbuhan tidak hanya berkembang biak dengan biji, tetapi juga dapat berkembang biak secara vegetatif atau tidak kawin. Contoh perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan, di antaranya stek, cangkok, dan tunas.

About these ads

02/11/2010 - Posted by | Biologi Umum

128 Komentar »

  1. bagus menambah wawasan bangssa^_^

    Komentar oleh sophie | 03/01/2010

  2. hebaaatttttttttttttttt

    Komentar oleh sophie | 03/01/2010

  3. pelajaran kelas berapa tuh ????????????????/
    kelas empat ya ????????
    hahahaha

    Komentar oleh lombok | 07/11/2010

  4. Wawasan yg luas… :)

    Komentar oleh Candra Devie | 07/19/2010

  5. thanks bro

    Komentar oleh sujud | 07/22/2010

  6. bgus…bgus…mdah di phami n di mengerti…galazta

    Komentar oleh thary | 07/24/2010

  7. hmmmm…..
    kaiagnya ada yang kurang..
    ciri” pertumbuhan ama perkembangannya mana ya??

    Komentar oleh adnexa | 07/25/2010

  8. cheeese…….

    Komentar oleh ayu | 07/30/2010

  9. good

    Komentar oleh sity | 08/08/2010

  10. menambah wwasan

    Komentar oleh sity | 08/08/2010

  11. ahh g lengkapp,,
    lengkapiin att :D

    Komentar oleh neng | 08/22/2010

  12. ihhh g lengkap,,
    te seru ahhh,,:)

    Komentar oleh sos | 08/22/2010

  13. aduhh lapar,, :P

    Komentar oleh nyet | 08/22/2010

  14. good,good,
    i am fine

    Komentar oleh cHrIzTiEn nAtAlIa sAnDa | 08/26/2010

  15. pakai bhs inggis, donk

    Komentar oleh elvin | 09/08/2010

  16. nih pelajaran diulang kelas 3 smp 1 keluar lagi hahahahahahahahaha…. capedeh

    Komentar oleh steve | 09/18/2010

  17. Bagus untuk mencari tugas lebih mudah

    Komentar oleh HENNYE | 10/05/2010

  18. ^_^ I Like It ….. ^_^

    teruss kembangkan …. :)
    semogha bissa lebih berguNa N brmanfaat ……. ;p

    Komentar oleh Rannie | 11/01/2010

  19. Bagus . Bagus . Bagus

    Komentar oleh Sinta | 11/02/2010

  20. klo jagung bergeraknya gimana???

    Komentar oleh Ravinda | 11/06/2010

  21. Wah…kayakx ada yg kurang tuh!ciri” tumbuh ‘n berkembangbiakx mana…?

    Komentar oleh Akbar | 11/08/2010

  22. i like it

    Komentar oleh amanda | 12/10/2010

  23. :D :)

    Komentar oleh fridza | 01/18/2011

  24. amazing

    Komentar oleh candra | 01/23/2011

  25. thanks

    Komentar oleh shucy rahmayani | 02/18/2011

  26. kasih gambar donk biar keuren

    Komentar oleh lupi | 02/18/2011

  27. BARCA MENJADI JUARA LIGA CHAMPIONS

    Komentar oleh dhika | 02/19/2011

  28. Wah. . . . Bsa menambah wawasan nich !!

    Komentar oleh Kurang lengkap sich! Tpi bgus jga kok , menambh wawasan .OLEH INHA . On 09/03/2011 | 03/08/2011

  29. bagus sangat membantu , dan tambahlagi materinya

    Komentar oleh soton | 04/10/2011

  30. TERUZ KEMBANGKAN, BROOO…..
    BAGI YANG KOMEN DENGAN NADA “SOK TAUUU”, ITU MEMPERLIHATKAN KALO MEREKA ITU MASIH BODOHHHHH.

    Komentar oleh ROY | 07/14/2011

  31. nice,i like it

    Komentar oleh M Ãlisiraj Fačhrezã | 07/15/2011

  32. dh cuma segitu doank

    Komentar oleh gigih | 07/17/2011

  33. dk lngkaap..!!

    Komentar oleh deddy | 07/18/2011

  34. lammaaaaa

    Komentar oleh deddy | 07/18/2011

  35. Kok pengertiannya agk krg yach!!

    Komentar oleh Shella imut imut imutttt | 07/27/2011

  36. kalo bica tambain lg ya pengertiannya!! :)

    Komentar oleh Shella imut imut imutttt | 07/27/2011

  37. MALAH KRG BGTT!!!!!!
    KYKX KRG 6 DEH CIRI” NYA……

    Komentar oleh Shella imut imut imutttt | 07/27/2011

  38. like it

    Komentar oleh rykha ... | 09/06/2011

  39. tolong di bantu cari sebanyak” pengertian dan ciri” makhluk dihudp ..

    makasih …

    Komentar oleh rykha ...natalia yuliana nigrum | 09/06/2011

  40. emm kalo biji itu termasuk makhluk hidup bukan ya ?? trus kalo makhluk hidup yg uda mati termasuk komponen biotik ato abiotik ?? makasi… emmp tlg jwbn.nya di kirim di fb.ku ya..
    tatha_tha@ymail.com
    makasi sblm.nya…

    Komentar oleh tatha_tha | 09/15/2011

  41. i like this

    Komentar oleh nio koplak | 09/18/2011

  42. kok cuma 6 dowang ,kan biasanya 9/10..??

    Komentar oleh vickhrul mitsuko slalu | 09/19/2011

  43. good good i like it :D ^__^

    Komentar oleh Rahar | 09/22/2011

  44. hem kurang lengkap. gimana mau nambah wawasan
    tiwas tak simpen ekh rx lengkap malesi

    Komentar oleh hanny | 09/25/2011

  45. ajhshhhhhhhhh

    Komentar oleh reza | 09/27/2011

  46. Bagaimana dengan rumus kimia dalam pelajaran biologi ???? Seperti co2 o2 dan lain sebagainya saya minta kasih tahu

    Terima kasih,

    Stefani

    Komentar oleh stefani | 09/30/2011

  47. dalam arti lain…segala yang bernafas adalah makhluk hidup..

    Komentar oleh Dea bianglala | 10/02/2011

  48. heheheheh………
    kurang jlz K ……

    Komentar oleh irzhan | 10/07/2011

  49. Facebook

    Komentar oleh Azhar | 10/10/2011

  50. Bisa ad gambarnya gx ya

    Komentar oleh Azhar | 10/10/2011

  51. tolongdibagi pengetahuana biar aku ngerti.

    Komentar oleh Wayan Berning | 10/15/2011

  52. keren tapi kok ga ada yang eksresinya yaa…

    Komentar oleh azhar rafa ghaida.. | 10/24/2011

  53. walaupun saya olimpiade biologi tapi saya sangat senag dengan adanya biologi online ini

    Komentar oleh yosafat | 11/01/2011

  54. Wah, makasih infonya.. Kebetulan nih lagi bikin PR biologi (:

    Komentar oleh Joe | 11/01/2011

  55. thanks ya…..0 0

    bagus-
    bagus-
    bagus

    Komentar oleh mia | 11/17/2011

  56. makasihhh yha infonya
    soalnya aku sekarang lagi ngerjain pr ipa biologi yg tntng ciri2 makhluk hidup :)

    Komentar oleh putri syafiila | 12/06/2011

  57. thank yah, infonya sangat membantu dlm menyelesaikan tugas
    ^_^, thank’s k’Zaif

    Komentar oleh muliana gh | 01/09/2012

  58. like this :)

    Komentar oleh athaa | 01/16/2012

  59. makasih………..:)

    Komentar oleh frida | 01/22/2012

  60. Apa,an t2, gak lengkap. . . ‘gak xambung bgtz

    Komentar oleh Deeyuna dewi | 01/22/2012

  61. menambah wawasan banget………..

    Komentar oleh Fenti | 02/10/2012

  62. I LIKE IT

    Komentar oleh Fenti | 02/10/2012

  63. HEBAAAAAAAAAAAAAATTTTTTTTTTTTT BRRRRRRROOOOOOOOOOOOOOOOO

    Komentar oleh die | 02/18/2012

  64. THANKS

    Komentar oleh REZA | 02/18/2012

  65. Keren yaaahhh… wawasan nya luas mdah di mengerti lgi. Top dah… Bkin lgi dunks… tentang dunia IPA. I LOVE Biologi

    Komentar oleh rinjani | 03/02/2012

  66. Wah tambahan info yang bagus

    Komentar oleh Biologi SMP | 03/03/2012

  67. bagus! Jd lebih singkat dari pada yg ada dalam buku!

    Komentar oleh 'Aafin | 03/13/2012

  68. BAGUZ
    BIKIN Q BERTMBH ILMU BANYAK NECH…:)8)

    Komentar oleh senyum | 06/13/2012

  69. EEMMHH…:.:
    BAGUZ JUGA UTK MENAMBAH ILMU Q UTK SEKRNK NECH :.:

    Komentar oleh senyum | 06/13/2012

  70. BAGUZ X
    PENGERTIAN CIR2 MAKHLUK HIDUPX Q SKA
    I LIKE IT…?

    Komentar oleh senyum | 06/13/2012

  71. bagus…………..pelajaran kls brp tuhh kls 4 yyyy hehehehehehehe

    Komentar oleh elsa | 06/21/2012

  72. bagaimana dgn tempat tinggal yg disebut membutuhkan habitat

    Komentar oleh samuel | 07/16/2012

  73. trimz:)

    Komentar oleh andi | 07/16/2012

  74. kenapa sih setiap a mencari informasi dari google dan gak pernah q dapat informasi nya dgn bagus

    Komentar oleh pagepertama | 07/28/2012

  75. bagusnya.

    Komentar oleh 197384265 | 07/29/2012

  76. Good ,,

    Komentar oleh Malaikat cinta | 07/31/2012

  77. Sangat bermanfaat

    Komentar oleh Malaikat cinta | 07/31/2012

  78. kls 9 jga di ajarin :)

    Komentar oleh jisroh hisnah | 08/01/2012

  79. kurang keren ceritanya

    Komentar oleh nadila | 08/03/2012

  80. t’rima kasih atas berita’nya

    Komentar oleh icha | 08/03/2012

  81. Sangat membantu (-_-)

    Komentar oleh Rifqi | 08/13/2012

  82. bagus banget..

    Komentar oleh adinda | 08/15/2012

  83. aku mau bikin makalah tentang ciri-ciri makhluk hidup
    tlg dibantu..

    Komentar oleh malaikat cantik | 08/15/2012

  84. makasih. .:)

    skrg jdi tau smua nya. . :)

    Komentar oleh fitri akmilunnisa | 08/25/2012

  85. kurang lengkap nihhh !

    Komentar oleh kultsum | 08/26/2012

  86. wkwkwk semoga sukses

    Komentar oleh dida | 08/28/2012

  87. bermnfaat

    Komentar oleh bela nurita ambarwati | 09/06/2012

  88. wkwkwk kurang lengkap tapi bagus juga ya Keren :D

    Komentar oleh wahyu | 09/07/2012

  89. mkasih ya atas semua informasinya,akhirnya pr biologiku selesai tntng makhluk hidup :)

    Komentar oleh nanda | 09/09/2012

  90. aku ingin super junior kemakkasar

    Komentar oleh ika elf terakhir | 09/10/2012

  91. thaks infonya ya!

    Komentar oleh amin | 09/10/2012

  92. makasyih ya guru biologi smoga ilmu anda bermnfaat bagi saya!!!!!!

    Komentar oleh muhammad syahra dharma | 09/17/2012

  93. makasihh atas informasnya :)

    Komentar oleh ucy l3st4ri (@UcyLestari) | 09/20/2012

  94. trims utk info nya

    Komentar oleh Krisna Cllalue Cyank Dya | 09/24/2012

  95. makasih ya
    I love IPA

    Komentar oleh Pradhikta Naufal Irfanda | 09/28/2012

  96. Apa karateristik filum hewan tingkat rendah?

    Komentar oleh Yartinuzai | 09/30/2012

  97. pahpoh

    Komentar oleh asdasd | 09/30/2012

  98. aku mau tw dong ciri2 makhluk hidup yg tidak dapat melestrikan jenis.a

    Komentar oleh Kalianda Lampung Selatan | 10/01/2012

  99. Thanks bro

    Komentar oleh farhan nazara | 10/09/2012

  100. materinya uda pas banget buat bahan ajar,tinggal menambah dikit mkasi yaw,,,,

    Komentar oleh zubaidah basri | 10/10/2012

  101. baguuus ,,,smgat simgkat n jlas

    Komentar oleh ardlim | 10/12/2012

  102. kuraangg hruss.aa ada 9 .. :P

    Komentar oleh jihan | 10/22/2012

  103. kurang lengkap,peka terhadap rangsangan gaada. trus juga kalo bisa harus ada contohnya,dari hewan apa, dari tumbuhan apa:-) hehe

    Komentar oleh tiffanny | 10/22/2012

  104. ga lengkap (n)

    Komentar oleh .......... | 10/30/2012

  105. gk lengkap ihh…

    Komentar oleh .......... | 10/30/2012

  106. hebat, kasih gambarnya dong biar sedap dipandang

    Komentar oleh hepriyadi | 10/31/2012

  107. Bagus , menambah wawasan :D

    Komentar oleh Gerha | 11/11/2012

  108. bagus,lengkap lagi
    thank you!

    Komentar oleh izza nazalia | 11/20/2012

  109. thank’s sangat membantu

    Komentar oleh Vianney Glorvina | 12/05/2012

  110. bagus

    Komentar oleh nadia | 01/05/2013

  111. seep (y)

    Komentar oleh amalia soekar putri | 01/14/2013

  112. yang laennya mana ? seperti tumbuh dan berkembang , peka trrhadap rangsang , dll

    Komentar oleh ratih | 02/13/2013

  113. bagus2,

    Komentar oleh vioo, | 02/16/2013

  114. Hm,bAguss .

    Komentar oleh Nadya Chycy | 03/20/2013

  115. goods

    Komentar oleh sry lesthary hoethabarat | 04/22/2013

  116. terimakasih,,, anda telah membantu saya,,, :)

    Komentar oleh yuniadamn23 | 06/21/2013

  117. assalamu’alaikum..
    terimakasih sahabat telah membantu saya …

    Komentar oleh ana | 08/09/2013

  118. lagi nyari tugas nih…
    sangat membantu sihh,,, tapi sayang kok Ekskresi sama beradaptasi nya kok gk ada,,,? :(

    Komentar oleh ♕˚° ✽ Rizqita ✽ °˚♕ (@rizqitaa_) | 08/25/2013

  119. Thhhhhhhhhhhhhhaaaaaaaaaaannkkkkk yyyyyyyyoooooooouuuuuu,,,

    Komentar oleh Nael | 09/04/2013

  120. mantaaaap :)

    Komentar oleh BJ | 09/15/2013

  121. tdk kumpelit ah

    Komentar oleh jakarta indonesia | 11/11/2013

  122. lumayan jg nih buat nambah wawasan

    Komentar oleh adhlani | 12/11/2013

  123. gak komplit,

    Komentar oleh sheline | 01/03/2014

  124. apa ni??? gak komplit -_-

    Komentar oleh salsabiila_uyee | 02/02/2014

  125. ,.kurang pahamm gueee ….. ….. !!!!!!!
    ,.kurang lengkap. .

    Komentar oleh santy unyill | 02/18/2014

  126. Gen mau brtanya nih..
    Sebutkan contoh benda atau makhluk tak hidup yang mengalami ciri-ciri makhluk hidup

    Komentar oleh Adjhy Kabaena | 05/01/2014

  127. Hmmmmm

    Komentar oleh Adjhy Kabaena | 05/01/2014

  128. i need eight of them……

    Komentar oleh arifadillah | 08/11/2014


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 929 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: