BIOLOGI ONLINE

blog pendidikan biologi

Sistem Respirasi Manusia

Sistem Respirasi Manusia

Istilah bernapas, seringkali diartikan dengan respirasi, walaupun secara harfiah sebenarnya kedua istilah tersebut berbeda. Pernapasan (breathing) artinya menghirup dan menghembuskan napas. Oleh karena itu, bernapas diartikan sebagai proses memasukkan udara dari lingkungan luar ke dalam tubuh dan mengeluarkan udara sisa dari dalam tubuh ke lingkungan. Sementara, respirasi (respiration) berarti suatu proses pembakaran (oksidasi) senyawa organik (bahan makanan) di dalam sel sehingga diperoleh energi.

Energi yang dihasilkan dari respirasi sangat menunjang sekali untuk melakukan beberapa aktifitas. Misalnya saja, mengatur suhu tubuh, pergerakan, pertumbuhan dan reproduksi. Oleh karena itu, kegiatan pernapasan dan respirasi sebenarnya saling berhubungan.

1. Struktur Pernafasan Manusia

a. Hidung

Hidung merupakan alat pernapasan yang terletak di luar dan tersusun atas tulang rawan. Pada bagian ujung dan pangkal hidung ditunjang oleh tulang nasalis. Rongga hidung dibagi menjadi dua bagian oleh septum nasalis, yaitu bagian kiri dan kanan. Bagian depan septum

ditunjang oleh tulang rawan, sedangkan bagian belakang ditunjang oleh tulang vomer dan tonjolan tulang ethmoid.

Bagian bawah rongga hidung dibatasi oleh tulang palatum, dan maksila. Bagian atas dibatasi oleh

ethmoid, bagian samping oleh tulang maksila, konka nasalis inferior, dan ethomoid sedangkan bagian tengah dibatasi oleh septum nasalis.

Pada dinding lateral terdapat tiga tonjolan yang disebut konka nasalis superior, konka media dan konka inferior. Melalui celah-celah pada ketiga tonjolan ini udara inspirasi akan dipanaskan oleh darah di dalam kapiler dan dilembapkan oleh lendir yang disekresikan oleh sel goblet. Lendir juga dapat membersihkan udara pernapasan dari debu. Bagian atas dari rongga hidung terdapat daerah olfaktorius, yang mengandung sel-sel pembau. Sel-sel ini berhubungan dengan saraf otak pertama (nervus olfaktorius). Panjangnya sekitar 10 cm. Udara yang akan masuk ke dalam paru-paru pertama kali akan masuk melalui hidung terlebih dahulu. Sekitar 15.000 liter udara setiap hari akan melewati hidung.

b. Faring

udara dan makanan. Faring merupakan percabangan 2 saluran, yaitu saluran pernapasan (nasofaring) pada bagian depan dan saluran pencernaan (orofaring) pada bagian belakang. Udara dari rongga hidung masuk ke faring. Faring berbentuk seperti tabung corong, terletak di belakang rongga hidung dan mulut, dan tersusun dari otot rangka. Faring berfungsi sebagai jalannya udara dan makanan. Faring merupakan percabangan 2 saluran, yaitu saluran pernapasan (nasofaring) pada bagian depan dan saluran pencernaan (orofaring) pada bagian belakang.

c. Laring

Dari faring, udara pernapasan akan menuju pangkal tenggorokan atau disebut juga laring. Laring tersusun atas kepingan tulang rawan yang membentuk jakun. Jakun tersebut tersusun oleh tulang lidah, katup tulang rawan, perisai tulang rawan, piala tulang rawan, dan gelang tulang rawan.

Pangkal tenggorokan dapat ditutup oleh katup pangkal tenggorokan (epiglotis). Jika udara menuju tenggorokan, anak tekak melipat ke bawah, dan ketemu dengan katup pangkal tenggorokan sehingga membuka jalan udara ke tenggorokan. Saat menelan makanan, katup tersebut menutupi pangkal tenggorokan dan saat bernapas katup tersebut akan membuka.

Pada pangkal tenggorokan terdapat pita suara yang bergetar bila ada udara melaluinya. Misalnya saja saat kita berbicara.

d. Trakea

Tenggorokan berupa pipa yang panjangnya ± 10 cm, terletak sebagian di leher dan sebagian di rongga dada. Dinding tenggorokan tipis dan kaku, dikelilingi oleh cincin tulang rawan, dan pada bagian dalam rongga bersilia. Silia-silia ini berfungsi menyaring benda-benda asing yang masuk ke saluran pernapasan.

e. Bronkus

Bronkus tersusun atas percabangan, yaitu bronkus kanan dan kiri. Letak bronkus kanan dan kiri agak berbeda. Bronkus kanan lebih vertikal daripada kiri. Karena strukturnya ini, sehingga bronkus kanan akan mudah kemasukan benda asing. Itulah sebabnya paru-paru kanan

seseorang lebih mudah terserang penyakit bronkhitis.

Pada seseorang yang menderita asma bagian otot-otot bronkus ini berkontraksi sehingga akan menyempit. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya lebih banyak benda asing yang menimbulkan reaksi alergi. Akibatnya penderita akan mengalami sesak napas. Sedangkan pada penderita bronkitis, bagian bronkus ini akan tersumbat oleh lendir. Bronkus kemudian bercabang lagi sebanyak 20–25 kali percabangan membentuk bronkiolus. Pada ujung bronkiolus inilah tersusun alveolus yang berbentuk seperti buah anggur.

f. Paru-paru

Organ yang berperan penting dalam proses pernapasan adalah paru-paru. Paru-paru merupakan organ tubuh yang terletak pada rongga dada, tepatnya di atas sekat diafragma. Diafragma adalah sekat rongga badan yang membatasi rongga dada dan rongga perut. Paru-paru terdiri atas dua bagian, paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan memiliki tiga gelambir yang berukuran lebih besar daripada paru-paru sebelah kiri yang memiliki dua gelambir.

Paru-paru dibungkus oleh dua lapis selaput paru-paru yang disebut pleura. Semakin ke dalam, di dalam paru-paru akan ditemui gelembung halus kecil yang disebut alveolus. Jumlah alveolus pada paru-paru kurang lebih 300 juta buah. Adanya alveolus ini menjadikan permukaan paru-paru lebih luas. Diperkirakan, luas permukaan paruparu sekitar 160 m2. Dengan kata lain, paru-paru memiliki luas permukaan sekitar 100 kali lebih luas daripada luas permukaan tubuh.

Dinding alveolus mengandung kapiler darah. Oksigen yang terdapat pada alveolus berdifusi menembus dinding alveolus, lalu menem bus dinding kapiler darah yang mengelilingi alveolus. Setelah itu, masuk ke dalam pembuluh darah dan diikat oleh hemoglobin yang terdapat di dalam sel darah merah sehingga terbentuk oksihemoglobin (HbO2). Akhirnya, oksigen diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh. Setelah sampai ke dalam sel-sel tubuh, oksigen dilepaskan sehingga oksihemoglobin kembali menjadi hemoglobin. Oksigen ini digunakan untuk oksidasi.

Karbon dioksida yang dihasilkan dari respirasi sel diangkut oleh plasma darah melalui pembuluh darah menuju ke paru-paru. Sesampai di alveolus, CO2 menembus dinding pembuluh darah dan din ding

alveolus. Dari alveolus, karbondioksida akan disalurkan menuju hidung untuk dikeluarkan. Jadi proses pertukaran gas sebenarnya berlangsung di alveolus.

2. Mekanisme Pernafasan Manusia

Pernapasan adalah suatu proses yang terjadi secara otomatis walau dalam keadaan tertidur sekalipun, karena sistem pernapasan dipengaruhi oleh susunan saraf otonom. Menurut tempat terjadinya pertukaran gas maka pernapasan dapat dibedakan atas 2 jenis, yaitu pernapasan luar dan pernapasan dalam.

Pernapasan luar adalah pertukaran udara yang terjadi antara udara dalam alveolus dengan

darah dalam kapiler. Pernapasan dalam adalah pernapasan yang terjadi antara darah dalam kapiler dengan sel-sel tubuh. Masuk keluarnya udara dalam paru-paru dipengaruhi oleh perbedaan tekanan udara dalam rongga dada dengan tekanan udara di luar tubuh. Jika tekanan di luar rongga dada lebih besar, maka udara akan masuk. Sebaliknya, apabila tekanan dalam rongga dada lebih besar maka udara akan keluar.

Sehubungan dengan organ yang terlibat dalam pemasukkan udara ( inspirasi) dan pengeluaran udara ( ekspirasi) maka mekanisme pernapasan dibedakan atas dua macam, yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut. Pernapasan dada dan perut terjadi secara bersamaan.

1. Pernafasan Dada

Apabila kita menghirup dan menghempaskan udara menggunakan pernapasan dada, otot yang digunakan yaitu otot antartulang rusuk. Otot ini terbagi dalam dua bentuk, yakni otot antartulang rusuk luar dan otot antartulang rusuk dalam.

Saat terjadi inspirasi, otot antartulang rusuk luar berkontraksi, sehingga tulang rusuk menjadi terangkat. Akibatnya, volume rongga dada membesar. Membesarnya volume rongga dada menjadikan tekanan udara dalam rongga dada menjadi kecil/berkurang, padahal tekanan udara bebas tetap. Dengan demikian, udara bebas akan mengalir menuju paru-paru melewati saluran pernapasan.

Sementara saat terjadi ekspirasi, otot antartulang rusuk dalam berkontraksi (mengkerut/mengendur), sehingga tulang rusuk dan tulang dada ke posisi semula. Akibatnya, rongga dada mengecil. Oleh karena rongga dada mengecil, tekanan dalam rongga dada menjadi

meningkat, sedangkan tekanan udara di luar tetap. Dengan demikian, udara yang berada dalam rongga paru-paru menjadi terdorong keluar.

2. Pernafasan Perut

Pada proses pernapasan ini, fase inspirasi terjadi apabila otot diafragma (sekat rongga dada) mendatar dan volume rongga dada membesar, sehingga tekanan udara di dalam rongga dada lebih kecil daripada udara di luar, akibatnya udara masuk. Adapun fase ekspirasi terjadi apabila otot-otot diafragma mengkerut (berkontraksi) dan volume rongga dada mengecil, sehingga tekanan udara di dalam rongga dada lebih besar daripada udara di luar. Akibatnya udara dari dalam terdorong ke luar.

3. Mekanisme Pertukaran Gas Oksigen (02)dan Karbondioksida (CO2)

Udara lingkungan dapat dihirup masuk ke dalam tubuh makhluk hidup melalui dua cara, yakni pernapasan secara langsung dan pernapasan tak langsung. Pengambilan udara secara langsung dapat dilakukan oleh permukaan tubuh lewat proses difusi. Sementara udara yang dimasukan ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan dinamakan pernapasan tidak langsung.

Saat kita bernapas, udara diambil dan dikeluarkan melalui paruparu. Dengan lain kata, kita melakukan pernapasan secara tidak langsung lewat paru-paru. Walaupun begitu, proses difusi pada pernapasan langsung tetap terjadi pada paru-paru. Bagian paru-paru yang meng alami

proses difusi dengan udara yaitu gelembung halus kecil atau alveolus.

Oleh karena itu, berdasarkan proses terjadinya pernapasan, manusia mempunyai dua tahap mekanisme pertukaran gas. Pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida yang dimaksud yakni mekanisme pernapasan eksternal dan internal.

a. Pernafasan Eksternal

Ketika kita menghirup udara dari lingkungan luar, udara tersebut akan masuk ke dalam paru-paru. Udara masuk yang mengandung oksigen tersebut akan diikat darah lewat difusi. Pada saat yang sama, darah yang mengandung karbondioksida akan dilepaskan. Proses pertukaran oksigen (O2) dan karbondioksida (CO2) antara udara dan darah dalam paru-paru dinamakan pernapasan eksternal.

Saat sel darah merah (eritrosit) masuk ke dalam kapiler paru-paru, sebagian besar CO2 yang diangkut berbentuk ion bikarbonat (HCO- 3) . Dengan bantuan enzim karbonat anhidrase, karbondioksida (CO2) air (H2O) yang tinggal sedikit dalam darah akan segera berdifusi keluar. Persamaan reaksinya adalah sebagai berikut.

Seketika itu juga, hemoglobin tereduksi (yang disimbolkan HHb) melepaskan ion-ion hidrogen (H+) sehingga hemoglobin (Hb)-nya juga ikut terlepas. Kemudian, hemoglobin akan berikatan dengan oksigen (O2) menjadi oksihemoglobin (disingkat HbO2).

Proses difusi dapat terjadi pada paru-paru (alveolus), karena adaperbedaan tekanan parsial antara udara dan darah dalam alveolus. Tekanan parsial membuat konsentrasi oksigen dan karbondioksida pada darah dan udara berbeda.

Tekanan parsial oksigen yang kita hirup akan lebih besar dibandingkan tekanan parsial oksigen pada alveolus paru-paru. Dengan kata lain, konsentrasi oksigen pada udara lebih tinggi daripada konsentrasi oksigen pada darah. Oleh karena itu, oksigen dari udara akan berdifusi menuju darah pada alveolus paru-paru.

Sementara itu, tekanan parsial karbondioksida dalam darah lebih besar dibandingkan tekanan parsial karbondioksida pada udara. Sehingga, konsentrasi karbondioksida pada darah akan lebih kecil di bandingkan konsentrasi karbondioksida pada udara. Akibatnya, karbondioksida pada darah berdifusi menuju udara dan akan dibawa keluar tubuh lewat hidung.

b. Pernafasan Internal

Berbeda dengan pernapasan eksternal, proses terjadinya pertukaran gas pada pernapasan internal berlangsung di dalam jaringan tubuh. Proses pertukaran oksigen dalam darah dan karbondioksida tersebut berlangsung dalam respirasi seluler.

Setelah oksihemoglobin (HbO2) dalam paru-paru terbentuk, oksigen akan lepas, dan selanjutnya menuju cairan jaringan tubuh. Oksigen tersebut akan digunakan dalam proses metabolisme sel. Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut.

Proses masuknya oksigen ke dalam cairan jaringan tubuh juga melalui proses difusi. Proses difusi ini terjadi karena adanya perbedaan tekanan parsial oksigen dan karbondioksida antara darah dan cairan jaringan. Tekanan parsial oksigen dalam cairan jaringan, lebih rendah dibandingkan oksigen yang berada dalam darah. Artinya konsentrasi oksigen dalam cairan jaringan lebih rendah. Oleh karena itu, oksigen dalam darah mengalir menuju cairan jaringan.

Sementara itu, tekanan karbondioksida pada darah lebih rendah daripada cairan jaringan. Akibatnya, karbondioksida yang terkandung dalam sel-sel tubuh berdifusi ke dalam darah. Karbondioksida yang diangkut oleh darah, sebagian kecilnya akan berikatan bersama hemoglobin membentuk karboksi hemoglobin (HbCO2). Reaksinya sebagai berikut.

Namun, sebagian besar karbondioksida tersebut masuk ke dalam plasma darah dan bergabung dengan air menjadi asam karbonat (H2CO3). Oleh enzim anhidrase, asam karbonat akan segera terurai menjadi dua ion, yakni ion hidrogen (H+) dan ion bikarbonat (HCO- Persamaan reaksinya sebagai berikut.

CO2 yang diangkut darah ini tidak semuanya dibebaskan ke luar tubuh oleh paru-paru, akan tetapi hanya 10%-nya saja. Sisanya yang berupa ion-ion bikarbonat yang tetap berada dalam darah. Ion-ion bikarbonat di dalam darah berfungsi sebagai bu. er atau larutan penyangga.\ Lebih tepatnya, ion tersebut berperan penting dalam menjaga stabilitas pH (derajat keasaman) darah.

IKLAN

CV ZAIF ILMIAH (BIRO JASA PEMBUATAN PTK, KARYA ILMIAH, PPT PEMBELAJARAN, RPP, SILABUS, DLL))

Ingin membuat PTK tapi merasa sulit???? Ingin membuat Karya Ilmiah tetapi kesusahan??? Ingin membuat presentasi powerpoint untu pembelajaran merasa sulit dan gaptek????? Ingin membuat RPP dan silabus serta perangkat pembelajaran tetapi susah????? Kini tidak usah bingung lagi ada Pak Zaif yang siap membantu berbagai kesulitan dan kesusahan yang anda hadapi di bidang pendidikan di CV Zaif Ilmiah semua masalah anda di bidang pendidikan akan dibantu, ingin membuat PTK saya bantu, membuat Karya Ilmiah saya bantu, membuat berbagai perangkat pembelajaran saya bantu untuk info lebih lanjut hubungi Contact Person 081938633462 INSYA ALLAH semua kesulitan dan kesusahan anda akan ada solusinya jangan lupa hubungi Pak Zaif di nomer 081938633462 ATAU lewat E-mail di zaifbio@gmail.com. DIJAMIN PTK ATAU KARYA ILMIAHNYA BARU LANGSUNG DIBIKINKAN BUKAN STOK LAMA ATAU COPY PASTE SEHINGGA DIJAMIN ORIGINALITASNYA TERIMA KASIH DAN SALAM GURU SUKSES PAK ZAIF

IKLAN

Ingin kaos bertema PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN?, bosan dengan kaos yang ada?, ingin mengedukasi keluarga atau murid dengan pembelajaran. HANYA KAMI SATU-SATUNYA DI INDONESIA PERTAMA KALI KAOS BERTEMA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN COCOK DIPAKAI UNTUK SEMUA KALANGAN DAN MEMBERI KESAN EDUKASI DAN PEMBELAJARAN DALAM SETIAP PEMAKAIAANYA

Jangan lupa kunjungi web kami di http://os-kaos.com/ untuk melihat berbagai koleksi kaos pendidikan dan pembelajaran dari kami like juga FP kami di https://www.facebook.com/oskaos1745

Fast Respon CP : 081938633462 dan 082331864747

ee9f2fe2-288a-4081-829e-cac8538debd6wallpaper

About these ads

01/13/2010 - Posted by | ANFISMAN

85 Komentar »

  1. Mengapa oksigen di udara bebas dapat diserap oleh sel – sel tubuh, sementara karbon dioksida sisa metabolisme tubuh di dalam sel dapat keluar ke atmosfer?
    Dijawab, ya..
    Thx, Gbu

    Komentar oleh Cicely | 02/22/2010

  2. apakah oksigen dalam alveolus hanya diikat oleh hemoglobin ??? adanya zat lain yang dapat mengikat.nya gk??
    djawab yaw….cz pengen tw banget nich.
    Thanks 4 all

    Komentar oleh ndhriL | 03/02/2010

  3. mksi………………..

    Komentar oleh cipikai | 03/09/2010

  4. mas,, gimana caranya tubuh ngeluarin benda asing yang masuk ke sistem pernapasan? mohon dijawab yah…. thanks

    Komentar oleh bima | 03/14/2010

  5. mas tanya…
    Darah akan masuk ke dalam kapiler paru-paru dan mcngangkut sebagian besar ion bikarbonat…………………………. dan………………………..
    mohon bantuannya…

    Komentar oleh wattikcwek | 03/23/2010

  6. bro, sekedar saran:
    1. lebih mantab lagi di kasih gambar…
    2. ditambah permasalahan sistem pernapasan misal penyakit, dll

    tanya:
    1. gimana tentang ruang mati???

    Komentar oleh T.T | 04/04/2010

  7. Thank u so much,
    tulisannya sgt bermanfaat :)

    Komentar oleh gyna | 12/18/2010

  8. Tolong dperjelas mengapa paru” kanan lebih mudah kena pnyakit dri pd yg kiri???

    Komentar oleh Atmaja | 12/21/2010

  9. kurang terperinci…

    Komentar oleh Midun | 01/28/2011

  10. assalamualaikum wr.wb…………..
    mas pembahasan tentang fase inspirasi kurang banyak, mohon di tambah…dan bahasanya komunikatif ya….hehehehe

    Komentar oleh hery | 02/03/2011

  11. Apa perbedaan pernapasan dada dan pernapasan perut?
    Blz ya! Makasih.

    Komentar oleh Bryanteguh | 02/28/2011

  12. mas aku Tnya
    knapa saat kita makan kdang makanany itu kok bisa masuk ke Hidung aku
    mohon di jwab ya mas
    maksih artikelny dah ckup buat aku

    Komentar oleh Ardi banGilan | 03/01/2011

  13. mohon gambarnya biar langsung ngerti

    Komentar oleh edo ardo tirta | 03/12/2011

  14. terimakasih sudah posting materi ini :)

    Komentar oleh meta | 03/15/2011

  15. knapa gk ada gambar nya?????????/

    Komentar oleh tata | 04/03/2011

  16. Mau menanyakan
    1. Apakah fungsi dari respirasi bagin tubuh?
    2. Apa yang dimaksud dengan ruang mati dalam respirassi?
    Terima kasih

    Komentar oleh heriyanto | 04/22/2011

  17. maksih banyakk ya :)

    Komentar oleh hachoe | 04/28/2011

  18. Mas ..
    mau tnya’ donk .. gmn sih mekanisme oksigen dlm darah bisa masuk ke dalam sel – sel tubuh ??
    mksii :))

    Komentar oleh Novi | 05/05/2011

  19. […] 6, 2011 at 8:26 am (Respiratory Mechanism)          Breathing is taking respiratory air from free air to enter into the lung and discharge of waste gas from lung to free air. The […]

    Ping balik oleh Respiratory Mechanism (Mekanisme Pernapasan) « Respiratory's Zone | 07/11/2011

  20. […] 16, 2011 at 4:01 pm (Respiratory Mechanism)          Breathing is taking respiratory air from free air to enter into the lung and discharge of waste gas from lung to free air. The […]

    Ping balik oleh Respiratory Mechanism (Mekanisme Pernapasan) « Respiratory Zone | 07/16/2011

  21. Bagaimanakah epithelium squamous tissue berfungsi dlm proses difusi dalam salur darah arteri..?

    Komentar oleh Ammy | 08/30/2011

  22. mo tnya,,pneumoni,,bronkopneumoni,,hemaptoe,,dan empisema ini artiny apa y??

    Komentar oleh zhiezha | 09/06/2011

  23. referensinya dari mana nih??
    buku apa??

    Komentar oleh Astri Wijayanti | 09/22/2011

  24. saat kita mengalami panas, akan terjadi peningkatan pernafasan, bagaimana mekanisme dari masalah tersebut? apa yang menyebabkan peningkatan pernafasan saat suhu tinggi..?
    terima kasihh

    Komentar oleh Vieka | 09/30/2011

  25. yang di maksud dengan inspirasi dan expirasi pada manusia tuh apa ya?

    Komentar oleh Hǻñîf Ÿôgã A | 10/02/2011

  26. glambir paru-paru kanan sama kiri apa ya?? :)

    Komentar oleh nadia | 10/26/2011

  27. nama gelambir kanan sama kiri itu apa ?? :)

    Komentar oleh nadia | 10/26/2011

  28. apa perbedaan dari paru2 kanan dan paru2 kiri????

    Komentar oleh dika | 10/31/2011

  29. bagus,,jika kita terhirup udara beracun,apakah dapat dikeluarkan,jka bisa mhon alasan’a,dan jika tdak bgaimana alasan’a.

    Komentar oleh Ikhsan putra | 11/02/2011

  30. is ap tu pernafasan internal

    Komentar oleh azzuhara faradiba | 11/07/2011

  31. Thank’s tulisannya sangat membantu menambah kekayaan pengetahuan….

    Komentar oleh Arif Isnandar | 11/17/2011

  32. tuliskan tahap proses pernapasan manusia

    Komentar oleh nurul | 11/18/2011

  33. Saya tak faham macam mana proses gas carbon dioxide akan disingkirkan dari darah (macam mana ya) tolong jeaskan

    Komentar oleh Ain | 12/02/2011

  34. dimana tempat pertukaran o2 dan co2 selain d dlam alveolus ?

    Komentar oleh Hardiyanty | 12/04/2011

  35. apa sih tujuan pernapasan dalam arti luas?????????????

    Komentar oleh Ulfi | 12/07/2011

  36. kok gak ada inspirasi sama ekspirasinya sih ??

    Komentar oleh nidya anggi envirolova | 12/08/2011

  37. Kurang lengkap………….,,,,,,,,,,,

    Komentar oleh Atrilianto zagoto | 12/27/2011

  38. IY KURANG LENGKAP ADA LG GK LANJUTAN YA

    Komentar oleh niswatul fuadah | 01/03/2012

  39. kalau boleh tanya apa letak, bentuk, dan ukuran dari organ2 sistem respirasi???trims.

    Komentar oleh decely vanessa gani | 01/04/2012

  40. Bgus bgtt blog nya…. Ngebantu nyelesein tgs sklh yg buat pening abiss.. Thankss yaa…. Oh iya, mau nanya nih! Pernyataaan yang benar mengenai tahapan pernapasan itu apaa yaah??? Pliiissss jawab:D:)

    Komentar oleh Uccianaryadonna | 01/16/2012

  41. thank atas informasi nya bang

    Komentar oleh Masro purba | 01/26/2012

  42. bolehhh
    lebihhh lengkap lagiii bang

    Komentar oleh Masro purba | 01/26/2012

  43. mau nanya dong!
    apa yang terjadi pada gas-gas selain oksigen ketika kita bernafas?
    thankyou!

    Komentar oleh dina | 01/28/2012

  44. mas kalau proses pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh gmna yah ???..

    Komentar oleh tuty | 02/06/2012

  45. p penyebabnya paru” knan lbih bsr?

    Komentar oleh chintya | 02/07/2012

  46. bagus bnget neh buat pengetahuan seseorang yang belum tau tentang BIOLOGI..

    Komentar oleh HafizhCiibontot Persibholick Cikarangtimoerbekasi II | 02/10/2012

  47. mas mau tanya..
    mengapa tekanan udara dari paru-paru sampai jaringan tubuh makin kecil??

    Komentar oleh aat | 02/11/2012

  48. mksh ya atas informasinya pak tpi n klw bleh nanya! sistem pertukaran o2 dan co2 d alveolus gmana t pak n trimakasih sblumnya

    Komentar oleh subadri hafandi | 02/13/2012

  49. Mas,,
    pnjlasan’x krang lengkap,,
    tlong d jlasan ttg pertukaran co2 dan o2 di jaringan tbuh,,dan di alveolus

    Komentar oleh Hendri | 02/14/2012

  50. thanks its verry helpful :)

    Komentar oleh park cheonsa | 03/04/2012

  51. mw txa donkk… mengapa proses bernafas dikatakan menghirup oksigen sedangkan pada saat bernafas(mengambil udara) otomatis bukan hanya oksigen yang dihirup karna masih bxk zat zat lain yang ada diudara yang bisa msuk kedalam tubuh bersama oksigen, misalnya nitrogen dsb????

    Komentar oleh Eka Lulinda Sari | 03/04/2012

  52. thanksss ini sngtmmbntu sya dlm belajar

    Komentar oleh farah | 03/06/2012

  53. terimakasih atas bantuannyaa

    Komentar oleh Whenny | 03/08/2012

  54. Istilah pentingnya dong?

    Komentar oleh Viaw | 03/10/2012

  55. Hem, gambarnya ditambah, supaya lebih dimengerti.

    Komentar oleh Mimi or Yumi | 03/29/2012

  56. kalau dinding alveolus nya yang mengecil ????
    nama nya penyakit apa ????

    Komentar oleh aan | 04/08/2012

  57. ‘…………luas permukaan paruparu sekitar 160 m2. Dengan kata lain, paru-paru memiliki luas permukaan sekitar 100 kali lebih luas daripada luas permukaan tubuh…..(160 m2 = 100 xpermukaan bumi ngga salah ngitung nih)

    Komentar oleh imam | 04/23/2012

  58. bagaimana mekanisme mereka yang tenggelam,,kok bisa masuknya air ke paru2 dan bisa menyebabkan obstruksi jalan nafas /?

    Komentar oleh mayy rhita | 04/28/2012

  59. CARA JITU CEPAT LULUS TES TPA Oto BAPPENAS, PSIKOTES, TOEFL UJIAN SARINGAN MASUK CPNS/BUMN, S2 (PASCA SARJANA) UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN, UI INTERNATIONAL (PASTI BISA)
    SPESIALIS PELATIHAN TPA/PSIKOTES/ TOEFL UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN,UI INTERNATIONAL
    Ijin no:3789/PLSM/ I-133/VII/ 1995

    CARA JITU, CEPAT LULUS TES TPA, PSIKOTES &TOEFL (PASTI BISA)!
    Kami adalah Spesialis pelatihan TPA (Test Potensi Akademik)/PSIKOTES dan TOEFL memberikan pelayanan jasa pelatihan TPA dan TOEFL. Adapun pelatihan TPA, PSIKOTES dan TOEFL merupakan persyaratan Mutlak bagi Bapak/Ibu guna untuk mengikuti:
    – Tes Kenaikan Jabatan / Pangkat untuk CPNS dan BUMN
    – Tes untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang S1,Pasca Sarjana S2 untuk UMUM.
    – MEMBANTU REKAN-REKAN MAHASISWA/UMUM AGAR LULUS PSIKOTES DAN WAWANCARA KE PERUSAHAAN OIL AND GAS, BANK- BANK,CPNS, SERTA PERUSAHAAN MULTI NASIONAL LAINNYA DI SELURUH INDONESIA(SUDAH TERBUKTI).
    Note:
    – Biaya Belajar di Bayar di Muka

    HUBUNGI KAMI di:
    LYSSA,ST,MM / 021.71136838/ 0813 1879 2677
    Wisma Metropolitan 2,World Trade Centre, Jl. Jendral Sudirman,Jakarta

    Komentar oleh lyssa, ST,MM | 07/01/2012

  60. contoh metabolisme intraseluler dan ekstraseluler apa ya? tolong dijawab ya :-) thankyou before.

    Komentar oleh theressa | 08/04/2012

  61. mas tanya udara yang di keluarkanpada waktu pernfasan normalsebanyak 0,5 dinamakan ?

    Komentar oleh ivan | 08/26/2012

  62. ttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttthhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyoooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooouuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    Komentar oleh ivan | 08/26/2012

  63. otot yang membatasi rongga perut dan rongga dada disebut apa sih?????
    makasih atas jawabannya :) :D

    Komentar oleh Heni Fitriani | 09/08/2012

  64. letak bronkus,bronkiolus,dan alveolus dimana ya???????????? :) :D :P :O

    Komentar oleh DJULYA IMELDA AMALYAH | 09/10/2012

  65. terima kasih atas informasinya, itu sangat membantu saya menyelesaikan tugas saya.

    Komentar oleh chacha | 10/04/2012

  66. terima kasih banyak atas informasinya,yg sangat membantu saya dalm mengerjakan tugas dari guru,,,,,

    Komentar oleh Ersan Sabiyl | 10/19/2012

  67. ko’ sdkit yg kluar . . .

    lgi donk . .

    Komentar oleh awin | 11/11/2012

  68. Bisa tolong bantu membuat skema kayak gimana masuknya O2 dari cavum nasalis sampai masuk ke dalam sel-sel?
    terimakasih.

    Komentar oleh Annisa | 11/28/2012

  69. wah sudah bagus ni sangat membantu kita semua.

    Komentar oleh Ahid Anker Anax Xeren | 12/08/2012

  70. terimakasih, sangat membantu :)

    Komentar oleh widi | 02/04/2013

  71. mas bisa tambahin nilai tekanan tekanan oksigen sma karbon dioksida :D biar tmbah lengkap. makasih

    Komentar oleh Andriana | 03/12/2013

  72. thank’s

    Komentar oleh restu | 05/20/2013

  73. TERRRRRRRRRRRRRRIMAAAAAAAAAAA KAAAAAAASSSSSSSSSSIIIIIIIIIHHHHHHHHHHH :))

    Komentar oleh dina | 08/21/2013

  74. makasih:)

    Komentar oleh fasha | 08/29/2013

  75. kenapa yaa sistem pernafasan berada di dedapan sistem pencernaan ?tolong info nya yaa

    Komentar oleh Humairah | 09/09/2013

  76. Bagaimana tentang Imunopatologi sistem pernapasan ?

    Komentar oleh Hosana Siska | 09/12/2013

  77. sebutkan dan jelaskan peran penting gas oksigen dalam proses respirasi?

    Komentar oleh dian widi utami | 09/14/2013

  78. 2 cara pengangkutan oksigen ke sel sel tubuh apa aja? dan
    3 tahap pengangkutan gas karbondioksida menuju paru paru?
    mohon dijawab

    Komentar oleh manda | 09/20/2013

  79. bagaimana proses perjalanan oksigen dari linkungan hingga masuk kedalam tubuh dan sampai ke kapiler darah????:-\mohon penjelasanya

    Komentar oleh try canthika | 10/01/2013

  80. hakikat proses pernapasan yang berlangsung di dalam sel sebenarnya?

    Komentar oleh indah fitri yani | 10/12/2013

  81. mengapa orang yg tnggelam dapat mninggal…???!!

    Komentar oleh Nurul Cicwe Comate Iiannkclallusejathii | 10/27/2013

  82. Aku pengen tahu bagaimana skema dari kontrol neural (saraf) terhadap pernapasan????

    Komentar oleh Ge' | 10/30/2013

  83. apa akibat jika sel darah masuk ke dalam paru paru ?

    Komentar oleh farel | 07/13/2014

  84. tolong jelaskan proses pembentukan CO2 sebagai sisa proses pernapasan

    Komentar oleh tesa islami | 08/25/2014


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 954 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: