BIOLOGI ONLINE

blog pendidikan biologi

SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Proses pencernaan pada manusia dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

1. Pencernaan mekanik, adalah proses pengubahan makanan dari bentuk kasar menjadi bentuk kecil atau halus. Proses ini dilakukan dengan menggunakan gigi di dalam mulut.

2. Pencernaan kimiawi, adalah proses perubahan makanan dari zat yang kompleks menjadi zat-zat yang lebih sederhana dengan enzim, yang terjadi mulai dari mulut, lambung, dan usus. Enzim adalah zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh yang berfungsi mempercepat reaksi-reaksi kimia dalam tubuh.

Proses pencernaan makanan pada manusia melibatkan alat-alat pencernaan makanan. Alat-alat pencernaan makanan pada manusia adalah organorgan tubuh yang berfungsi mencerna makanan yang kita makan. Alat pencernaan makanan dibedakan atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan

A. Mulut

Makanan masuk ke dalam tubuh pertama kali melewati rongga mulut. Oleh karena itu, proses pencernaan makanan secara mekanik dan kimiawi sudah dimulai pada bagian ini. Pada rongga mulut terdapat beberapa bagian yang berperan dalam proses pencernaan yakni gigi, lidah, dan kelenjar ludah.

  1. Gigi

Terdapat empat macam gigi, yaitu gigi seri (insisor = I) , gigi taring (caninus =C), geraham depan (premolar = Pm), dan geraham belakang (molar = M). Makanan dipotong dengan gigi seri, dirobek gigi dengan taring dan dikunyah dengan gigi geraham. Pada orang dewasa, gigi yang lengkap terdiri atas 32 buah.

Gigi memiliki tiga bagian utama meliputi:

1. mahkota gigi yang terletak menonjol di atas tulang;

2. leher gigi;

3. akar gigi, tertanam di dalam tulang rahang.

Sebagian besar gigi tersusun atas tetapi mahkota gigi dilapisi email yang sangat keras. Rongga pada gigi (pulpa) berisi pembuluh darah dan pembuluh saraf. Bagian yang menutup dan mengelilingi leher gigi disebut gusi.

  1. Lidah

Lidah sebagian besar terdiri atas otot. Pada permukaan atas lidah banyak terdapat ribuan tonjolan kecil yang disebut dengan papilla, yang banyak terdapat rangkaian kompleks saraf yang membentuk alat indra pengecap dan peraba. Pada permukaan atas papilla terdapat selaput lendir. Lidah seseorang berbentuk bulat memanjang. Dalam keadaan tertentu, lidah dapat dijulurkan memanjang.

Lidah berfungsi untuk mengaduk makanan di dalam rongga mulut dan membantu mendorong makanan (proses penelanan) serta menghasilkan kelenjar ludah. Selain itu, lidah juga berfungsi sebagai alat pengecap yang dapat merasakan manis, asin, pahit, dan asam.

  1. Kelenjar Ludah

Kelenjar ludah menghasilkan ludah atau air liur ( saliva). Kelenjar ludah dalam mulut ada tiga pasang, yaitu:

1) Kelenjar parotis, terletak di bawah telinga. Kelenjar parotis menghasilkan ludah yang berbentuk cair.

2) Kelenjar submandibularis, terletak di rahang bawah.

3) Kelenjar sublingualis, terletak di bawah lidah. Kelenjar submandibularis dan kelenjar sublingualis menghasilkan getah yang mengandung air dan lendir.

Ludah berfungsi untuk memudahkan penelanan makanan, membasahi, dan melumasi makanan sehingga mudah ditelan. Selain itu, ludah juga melindungi selaput mulut terhadap panas, asam, dan basa.

Di dalam ludah terdapat enzim ptialin ( amilase) yang berfungsi mengubah makanan dalam mulut yang mengandung zat karbohidrat ( amilum) menjadi gula sederhana jenis maltosa. Enzim ptialin bekerja dengan baik pada pH antara 6.8 – 7 dan suhu 37 °C.

B. Kerongkongan

Setelah makanan kita kunyah dalam mulut, makanan akan masuk menuju kerongkongan. Sebelum ke kerongkongan, pada pangkal tenggorokan (laring) terdapat bagian yang memiliki katup dinamakan epiglotis. Epiglotis berfungsi mengatur masuknya makanan dan udara ke dalam tubuh.

Saat kita menelan makanan, laring bergerak ke atas sehingga tertutup oleh epiglotis dan tidak ada makanan yang masuk ke dalam batang tenggorokan (trakea). Namun, terkadang partikel kecil makanan atau air dapat masuk ke dalam laring atau trakea. Akibatnya, secara otomatis kita akan mengalami batuk atau tersedak.

Kerongkongan merupakan organ yang berperan sebagai tempat jalannya makanan menuju lambung. Panjangnya sekitar 25 cm dan berbentuk tabung dengan diameter 2 cm. Dinding kerongkongan tersusun atas epitelium berlapis pipih.

Selain itu, pada kerongkongan terdapat pula beberapa otot, yakni otot melingkar dan otot

longitudinal. Apabila otot tersebut berkontraksi, kerongkongan akan bergerak. Gerakan demikian

disebut gerak peris taltik. Gerak peristaltik pada kerongkongan ialah gerakan mendorong dan mere mas-remas makanan menuju lambung. Gerak an ini terdiri atas fase kontraksi dan relaksasi.

C. Lambung

Makanan dari kerongkongan terdorong ke dalam lambung, akibat gerakan peristaltik seperti yang sudah dijelaskan di atas. Lambung diibaratkan seperti lumbung yang bertugas untuk menyimpan makanan yang telah ditelan untuk sementara waktu.

Lambung berukuran sekepal tangan dan terletak di dalam rongga perut sebelah kiri, di bawah sekat rongga badan. Dinding lambung sifatnya lentur, dapat mengembang apabila berisi makanan dan mengempis apabila kosong. Muatan di dalam lambung dapat menampung hingga 1,5 liter makanan. Dinding lambung tersebut berwarna merah muda dan mengkilap.

Otot penyusun lambung terdiri atas otot memanjang yang terletak di bagian luar, otot melingkar yang terletak di bagian tengah, dan otot miring yang terletak di bagian dalam. Pada bagian atas terdapat otot lingkaran yang disebut sfinkter kardial yang tetap menutup kecuali bila ada makanan yang mendekatinya. Di dekat pilorus terdapat sfinkter yang disebut sfinkter pilori. Otot ini merupakan otot-otot polos, sehingga bekerja tanpa disadari. Otot-otot lambung bekerja dengan cara berkontraksi sehingga dapat menekan dan memeras makanan dalam lambung dan mencampurnya dengan getah pencernaan dalam lambung.

Lambung terdiri atas tiga bagian berikut.

a. Kardiaks, merupakan bagian atas sebagai pintu masuk makanan dari kerongkongan.

b. Fundus, adalah bagian tengah lambung, tempat makanan ditampung dan mengalami perlakuan kimiawi.

c. Pilorus, merupakan bagian bawah lambung sebagai pintu keluar makanan dan berhubungan langsung dengan usus dua belas jari. Pilorus ini bekerja atas pengaruh pH makanan. Apabila pH makanan asam, maka otot-otot pilorus mengendor sehingga menyebabkan pintu pilorus terbuka dan sebaliknya jika makanan basa, maka otot-otot pylorus akan berkontraksi yang menyebabkan pilorus menutup.

Waktu mencerna berbeda-beda untuk setiap makanan atau minuman. Makanan yang padat akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada zat cair (minuman) sehingga menurut ilmu kesehatan dianjurkan mengunyah makanan 32 kali agar makanan menjadi lebih lembut, sehingga akan meringankan beban lambung untuk melumatkan makanan tersebut.

Semakin lumat makanan yang masuk lambung, maka semakin cepat melintasi lambung. Jenis makanan lemak dan sayuran hijau akan lebih lama berada di dalam lambung sehingga orang akan merasa kenyang lebih lama. Makanan yang masuk pada lambung bertahan selama 2-5 jam. Makanan dalam lambung mengalami serangkaian proses kimiawi oleh getah lambung, sekitar 1 – 2 liter yang dihasilkan oleh 35 juta kelenjar, antara lain HCl, enzim pepsin, enzim renin, lipase, mukus (lendir), dan faktor intrinsik.

Enzim pepsin akan memecah molekul protein menjadi peptida, enzim renin akan mencerna protein susu menjadi kasein, sedangkan enzim lipase akan mengemulsikan lemak dalam makanan. Jadi, perlakuan kimiawi protein pertama kali dilakukan di dalam lambung. Selain mendapat perlakuan kimiawi, makanan oleh enzim-enzim tersebut juga ada HCl yang membantu dalam proses-proses pencernaan.

Fungsi HCl, antara lain:

a. membunuh kuman pada makanan yang dimakan;

b. mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin;.

c. mempercepat reaksi antara air, protein, dan pepsin;

d. mengendorkan pilorus, karena HCl bersifat asam dengan pH kurang lebih 1-3

Mukus (lendir) berfungsi sebagai lapisan pelindung yang dapat melindungi lambung dari asam lambung. Sedangkan faktor intrinsik berfungsi untuk menghasilkan vitamin B12 yang diperlukan untuk membentuk sel-sel darah dan membantu saraf berfungsi dengan baik. Dengan adanya faktor intrinsik ini pula, maka vitamin B12 di dalam lambung dilindungi dari asam lambung sehingga tidak rusak. Khim ini bersifat asam, dan menjadi netral ketika masuk ke dalam usus 12 jari, karena dinetralkan oleh getah basa yang dihasilkan kelenjar pankreas yang terdapat di dalam usus dua belas jari.

Setelah mendapatkan perlakuan tersebut, makanan kemudian bercampur dengan getah lambung membentuk khim seperti bubur yang lembut. Kemudian khim sedikit demi sedikit dikeluarkan menuju usus dua belas jari. Otot pylorus berelaksasi karena rangsangan asam dari makanan tiba di pilorus depan, menyebabkan pintu pilorus terbuka sehingga makanan keluar menuju usus dua belas jari. Apabila makanan asam menyentuh pilorus bagian belakang, maka pilorus akan menutup kembali. Demikianlah prosesnya. Setelah makanan sampai di usus dua belas jari, maka makanan yang sifatnya asam akan merangsang usus dua belas jari mensekresikan hormone sekretin yang dapat memacu pankreas mengeluarkan getah pankreas yang bersifat basa sehingga mengakibatkan pilorus menutup. Lambung yang dijelaskan di atas dapat juga bermasalah di antaranya adalah penyakit maag dan kanker lambung. Penyakit maag ini dapat timbul karena kelebihan HCl. Produksi HCl ini dapat dipicu oleh makanan dan minuman, misalnya makanan pedas, alkohol, kopi, dan nikotin. Selain itu, juga dapat dipicu oleh tekanan pikiran (stress). Asam lambung yang berlebihan ini dapat mengikis dinding lambung, gejala penyakit ini biasanya nyeri di bagian dada

D. Hati

Hati adalah alat yang besar, terletak di bawah sekat rongga badan dan mengisi sebagian besar bagian atas rongga perut sebelah kanan. Hati membuat empedu yang terkumpul dalam kantung empedu. Empedu tersebut menjadi kental karena airnya diserap kembali oleh dinding kantung empedu. Pada waktu tertentu, empedu dipompakan ke dalam usus dua belas jari melalui pipa empedu.

Dalam metabolisme karbohidrat, hati berfungsi untuk:

– Menyimpan glikogen.

– Mengubah galaktosa dan fruktosa menjadi glukosa.

– Glukoneogenesis (pengubahan molekul-molekul lemak, protein, dan laktat menjadi glukosa).

– Membentuk senyawa kimia penting dari hasil perantara metabolism karbohidrat.

Hati berfungsi sangat penting terutama untuk mempertahankan konsentrasi gula dalam darah. Pada metabolisme protein, hati berfungsi untuk:

– Pembentukan sebagian besar lipoprotein.

– Pembentuk sejumlah besar kolesterol dan fosfolipid.

– Mengubah sejumlah besar karbohidrat dan protein menjadi lemak. Pada metabolisme protein, hati berfungsi untuk:

– Deaminasi asam amino, yaitu pengurangan gugus amin (-NH2) pada asam amino.

– Pembentukan urea, untuk mengeluarkan amonia dari cairan tubuh.

– Pembentukan plasma protein.

– Interkonversi di antara asam amino yang berbeda untuk proses metabolisme tubuh.

Hati mempunyai kecenderungan untuk menyimpan vitamin. Vitamin yang disimpan di hati adalah A, D, dan Vitamin B12.

E. Kelenjar Pankreas

Prakreas berada dalam lipatan duodenum, berbentuk huruf U yang rebah. Pada pankreas terdapat dua macam kelenjar, yaitu kelenjar endokrin menghasilkan hormon insulin, sedangkan kelenjar eksokrin menghasilkan getah pankreas (duktus pankreatikus) 1,5 liter per hari melalui dua saluran, yaitu duktus pankreatikus utama dan tambahan. Kedua saluran ini bermuara ke duodenum.

Getah pankreas memiliki pH 8, berfungsi menetralkan chymus yang bersifat asam dari lambung, serta mengandung NaHCO3 (bersifat basa) dan enzim-enzim. Enzim tersebut adalah lipase pankreas, amilopsin, nuklease, disakarase, enterokinase, dan tripsin. Tiap-tiap enzim bekerja sebagai berikut:

F. Usus Halus

Usus halus terbagi atas 3 bagian, yaitu:

a. Duodenum (usus 12 jari) karena panjangnya sekitar 12 jari orang dewasa yang disejajarkan.

b. Jejenum (usus kosong) karena pada orang yang telah meninggal bagian usus tersebut kosong.

c. Ileum (usus penyerapan) karena pada bagian inilah zat-zat makanan diserap oleh tubuh.

Pencernaan di dalam intestinum juga dibantu oleh pankreas. Organ ini dapat berperan sebagai kelenjar endokrin dengan menghasilkan hormone insulin dan sebagai kelenjar eksokrin dengan menghasilkan getah pencernaan berupa tripsin, amilase, dan lipase.

a. Insulin berfungsi untuk mempertahankan kestabilan kadar gula darah.

b. Tripsin berfungsi memecah protein menjadi pepton.

c. Amilase berfungsi mengubah amilum menjadi maltosa.

d. Lipase berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

D. Usus Besar

Usus besar pada umumnya terdiri atas usus besar ascending (menaik), transvers (melintang), descending (menurun), dan berakhir pada rektum, yaitu bagian berotot yang mengeluarkan kotoran melalui anus.

Usus besar tidak memiliki villi sehingga tidak terjadi penyerapan sarisari makanan, tetapi terjadi penyerapan air sehingga feses menjadi lebih padat. Pada kolon juga terjadi proses pembusukan sisa pencernaan (yang tidak dapat diserap usus halus) oleh bakteri Escherichia coli yang menghasilkan gas H2S, NH4, indole, skatole, dan vitamin K (berperan dalam proses pembekuan darah).

F. Anus

Feses yang terkumpul dalam rektum dikeluarkan melalui saluran pengeluaran yang dinamakan anus. Proses pengeluaran feses lewat anus ini disebut proses defi kasi. Pada anus terdapat otot sfi ngter anus yang berupa otot polos dan otot lurik. Masing-masing otot ini berturut-turut berada di dalam dan bagian luar lubang anus. Saat feses menyentuh dinding rektum, otot lurik terangsang melakukan proses defi kasi. Akibatnya, secara sadar kita akan melakukan mengejan (berkontraksi). Tindakan kita ini akan menjadikan otot polos mengendur, sehingga feses keluar dari tubuh.

IKLAN

CV ZAIF ILMIAH (BIRO JASA PEMBUATAN PTK, KARYA ILMIAH, PPT PEMBELAJARAN, RPP, SILABUS, DLL))

Ingin membuat PTK tapi merasa sulit???? Ingin membuat Karya Ilmiah tetapi kesusahan??? Ingin membuat presentasi powerpoint untu pembelajaran merasa sulit dan gaptek????? Ingin membuat RPP dan silabus serta perangkat pembelajaran tetapi susah????? Kini tidak usah bingung lagi ada Pak Zaif yang siap membantu berbagai kesulitan dan kesusahan yang anda hadapi di bidang pendidikan di CV Zaif Ilmiah semua masalah anda di bidang pendidikan akan dibantu, ingin membuat PTK saya bantu, membuat Karya Ilmiah saya bantu, membuat berbagai perangkat pembelajaran saya bantu untuk info lebih lanjut hubungi Contact Person 081938633462 INSYA ALLAH semua kesulitan dan kesusahan anda akan ada solusinya jangan lupa hubungi Pak Zaif di nomer 081938633462 ATAU lewat E-mail di zaifbio@gmail.com. DIJAMIN PTK ATAU KARYA ILMIAHNYA BARU LANGSUNG DIBIKINKAN BUKAN STOK LAMA ATAU COPY PASTE SEHINGGA DIJAMIN ORIGINALITASNYA TERIMA KASIH DAN SALAM GURU SUKSES PAK ZAIF

IKLAN

Ingin kaos bertema PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN?, bosan dengan kaos yang ada?, ingin mengedukasi keluarga atau murid dengan pembelajaran. HANYA KAMI SATU-SATUNYA DI INDONESIA PERTAMA KALI KAOS BERTEMA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN COCOK DIPAKAI UNTUK SEMUA KALANGAN DAN MEMBERI KESAN EDUKASI DAN PEMBELAJARAN DALAM SETIAP PEMAKAIAANYA

Jangan lupa kunjungi web kami di http://os-kaos.com/ untuk melihat berbagai koleksi kaos pendidikan dan pembelajaran dari kami like juga FP kami di https://www.facebook.com/oskaos1745

Fast Respon CP : 081938633462 dan 082331864747

ee9f2fe2-288a-4081-829e-cac8538debd6wallpaper

About these ads

01/13/2010 - Posted by | ANFISMAN

57 Komentar »

  1. Arigatou gozaimasu atas artikelnya, sangat membantu. tapi kalau bisa lebih lengkap lagi yaach… makasih…

    Komentar oleh kartika | 06/06/2010

  2. klo mau download Power point presentasi “sistem pencernaan pada hewan” di mna ya..???

    Komentar oleh rizal | 03/22/2011

  3. Materinya sudah bagus tinggal dilengkapi lagi,,,,,,,

    Komentar oleh Frangky Mangundap | 04/13/2011

  4. trimakasih tas mteri ni…
    v lau bsa di buat secara bagan-bagan.

    Komentar oleh zulhah | 05/02/2011

  5. Mau tanya, apa yg dmksud dgn asam lambung dlm pnrpan ilmu biologii ??

    Sekian trimksh …

    Komentar oleh Anisah | 09/10/2011

  6. THANKS YOUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU

    Komentar oleh DEWI GAYATRI | 09/13/2011

  7. PENGEEN NANYA APA SIH FUNGSI KATUP EPIGLOTIS ?/?????????????????????????/ PLEASEEEEEEEEEEE JAAAAAAAAAWAABBBB YAAAAAAAAAA ADMIN 1

    Komentar oleh DEWI GAYATRI | 09/13/2011

  8. bgmn mekanisme mBuka n mNutup.x katup glotis…

    Komentar oleh fikri | 10/03/2011

  9. Dimana pencernaan secara kimiawi berakhir ?
    Jawab yah…
    Besok Ulangan…

    Komentar oleh Steffi Kurnia Sugiarto | 10/04/2011

  10. wed ini sangat membantu loh ada pr jadi selesai dah gitu Rm nya susuh lagi .. hhehehehe :) :) :) :)

    Komentar oleh lutfi andani | 10/06/2011

  11. thanks banget ya, ini sangat membantu. moga aja dengan ini aq bisa lebih pintar……………………..

    Komentar oleh eka ningsih | 10/09/2011

  12. makasih materinya :D

    Komentar oleh uluphy | 10/16/2011

  13. kunugi blog saya juga di “dedybron.blogsphot.com”

    Komentar oleh dedy | 10/28/2011

  14. . akhir ea dapat ugha perbedaan mekanik dan kimiawi???
    (^^^)
    (^^^)
    (^^^)
    (^^^)

    Komentar oleh indri | 10/28/2011

  15. artikel ini membantu saya dalam mengerjakan tugas saya..terimakasih :D

    Komentar oleh kuran | 11/04/2011

  16. mkasih sblumbnya klo bisa yg lngkap lg yaa… :)

    Komentar oleh annisa imout | 11/04/2011

  17. loq bca d lengkapi ge ya

    Komentar oleh yuli | 11/07/2011

  18. Bagus bener blog ΪϞϊ tâÞi aq ♏ªǚ nanya nih a̲̅þª saja faktor yg memperngaruhi kebutuhan makanan yg Ќi†a perlukan tolong ya? (Tugas sekolah)

    Komentar oleh satrio | 11/08/2011

  19. berapa sih PH yG ada dilambung,diusus halus,diusus halus bagian atas,usus halus bagian bawah,air seni,air mata,darah,air liur…,,tlong d’jwb scept’a y…soal’a nee wat PR bsok…..

    Komentar oleh dyan rizqi | 01/19/2012

  20. Artikelnx tTg anus d’bkin yg lbih lengkap lg ..???

    Komentar oleh HQ | 01/25/2012

  21. nanya donk..
    apa hubungan antara usus kosong dengan enzim erepsin.?
    dan mana yg benar, apakah di usus kosong terjadi metabolisme protein?
    thank’s before.

    my fb Chrisanti Simbolon

    Komentar oleh Chrisanti Simbolon | 01/27/2012

  22. maaf,,, pada sistim pencernaan mekaniknya kurang lengkap tuuhhh… :)

    Komentar oleh chrisanti | 02/23/2012

  23. THANKS BROOOOOO

    Komentar oleh EKA | 04/23/2012

  24. kalau boleh tau, deasaminasi asam amino itu, apa ya min?

    Komentar oleh dinda | 06/09/2012

  25. Perbedaan enzim amilase dengan enzim ptyalin itu apa, gan??? Pleasa Jawabbbb!!!

    Komentar oleh Fina Yare | 07/01/2012

  26. jawabbbb aja sendiri hhhhhhhhhhhhhhaaaaaaaaaaaaa soryyyyyy deh udah ngomong kaya gitu hye hye hye hye hye hye hye hye hye hye hye tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

    Komentar oleh shinka adelya putri | 08/06/2012

  27. kok gk ada gambarnya sih ???

    Komentar oleh aditya | 08/10/2012

  28. web ini membantu untuk mencari artiker thannnks….

    Komentar oleh dika | 08/28/2012

  29. mana Presentasinya?

    Komentar oleh Aarkand | 09/08/2012

  30. trimakasih artikelnya, sayang nggak ada gambarnya….

    Komentar oleh Roby Binur | 09/08/2012

  31. ternyata belajar ipa itu menyenangkan yah !! tapi agak ruwet ruwet gimana gitu hehehe :D
    makasih yang buat blok ini!!! sangatt membantu pengertiannya!!!!

    Komentar oleh stevanny ayu greceva | 09/13/2012

  32. ternyata belajar ipa itu menyenangkan yah !! tapi agak ruwet ruwet gimana gitu hehehe
    makasih yang buat blok ini!!! sangatt membantu pengertiannya!!!!

    Komentar oleh Stefanny Ayu Greceva | 09/13/2012

  33. terima kasih ya, ini cukup membantu tugas saya :D :) :D

    Komentar oleh adistya | 09/22/2012

  34. Thanks..
    Membantu banget!!
    Jdi bisa mbedain kimiawi ama mekanik,.

    Komentar oleh Bhima | 09/27/2012

  35. Sngat membatU.!

    Komentar oleh Keke | 10/03/2012

  36. lol
    hahahaha
    ipa emang seru
    hahahahahahahhaa by
    nurul
    dah…………………………!!!!

    Komentar oleh nurul | 10/06/2012

  37. Memang biologi asyik..

    Komentar oleh hasyim | 10/25/2012

  38. materi udh bagus cman kok ada yg kurang lengkap

    Komentar oleh revipasha | 10/30/2012

  39. artikelnya cukup untuk tugas nieh ASeeekkkkk………

    Komentar oleh revipasha | 10/30/2012

  40. thank’s

    Komentar oleh naufal | 11/07/2012

  41. du apa tukarah kabbi mayuh satiah

    Komentar oleh aoleng | 11/11/2012

  42. DI LENKAPI LAGI SAMA GAMBAR NYA YA.. BIAR MANTAP.. OKKK
    GOOD LUCK

    Komentar oleh Edhy Phutera | 12/01/2012

  43. di lengkapi lagi

    Komentar oleh edhyphutera | 12/01/2012

  44. makasi ya,,
    karna iny aq bisa nyelesain pr aq..,

    Good Luck broww..,

    Komentar oleh Hidayatsyah yusri | 12/07/2012

  45. kok kurang lengkap yah tentang enzim pencernaannya
    tugas ku banyak nee :(

    Komentar oleh yeniie wongcai niang | 01/22/2013

  46. materri’a bagus…. tapi kurang lengkap terutama d bagian usus halus….

    Komentar oleh dear_m1 | 02/14/2013

  47. Makasih y
    dengan artikel nie aq lebih mengerti tentang sistem pencernaan

    sekali lg makasih y

    Komentar oleh nuri | 02/17/2013

  48. sekat epiglotisakan mengatup ketika terjadinya……
    kog gak lengkap y

    Komentar oleh sandra | 09/05/2013

  49. kurang lengkap kk
    :p

    Komentar oleh dagenji | 09/09/2013

  50. thank’s,artikel ini sudah menambah wawasan saya tentang sistem pencernaan.

    Komentar oleh sukirno | 10/30/2013

  51. materinya kurang lengkap kak

    Komentar oleh uchy | 10/31/2013

  52. terima kasih atas informasinya

    Komentar oleh salsabila ivanka | 11/03/2013

  53. ada ulangan ini membantu saya untuk pintar

    Komentar oleh ibnu | 11/28/2013

  54. Terimakasih,sangat membantu..

    Komentar oleh Puput | 01/26/2014

  55. sangat membntu menyelesaikan PR

    Komentar oleh revhan xzemby | 01/31/2014

  56. thank you!

    Komentar oleh saddam azy | 02/05/2014

  57. thank you! hehehe

    Komentar oleh saddam azy | 02/05/2014


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 946 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: