BIOLOGI ONLINE

blog pendidikan biologi

SISTEM HORMON MANUSIA

Sehabis berolahraga, tenggorokan kita akan terasa kering dan kehausan. Ini terjadi karena tubuh banyak mengeluarkan keringat, sehingga air dalam tubuh juga banyak yang keluar. Keadaan demikian membuattubuh segera mengeluarkan zat yang menghentikan pengeluaran cairan tersebut. Zat yang dimaksud dinamakan hormon. Apabila kita minum air, segera hormon yang dikeluarkan tubuh tersebut akan berhenti.

Asal kata hormon dari bahasa Yunani yakni hormaen yang berarti menggerakkan. Hormon merupakan suatu zat yang dihasilkan oleh suatu bagian dalam tubuh. Organ yang berperan dalam sekresi hormon dinamakan kelenjar endokrin. Disebut demikian karena hormon yang disekresikan diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah dan tanpa melewati saluran khusus. Di pihak lain, terdapat pula kelenjar eksokrin yang mengedarkan hasil sekresinya melalui saluran khusus.

Walaupun jumlah yang diperlukan sedikit, namun keberadaan hormon dalam tubuh sangatlah penting. Ini dapat diketahui dari fungsinya yang berperan antara lain dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh, proses reproduksi, metabolisme zat, dan lain sebagainya.

Hormon akan dikeluarkan oleh kelenjar endokrin bila ada rangsangan (stimulus). Hormon tersebut akan diangkut oleh darah menuju kelenjar yang sesuai. Akibatnya, bagian tubuh tertentu yang sesuai akan meresponnya. Sebagai contoh, hormone insulin disekresikan pankreas saat ada rangsangan gula darah yang tinggi, hormon adrenalin disekresikan medula adrenal oleh stimulasi saraf simpatik, dan lain-lain.

Di dalam tubuh manusia ada beberapa jenis kelenjar endokrin, yakni kelenjar hipofisis, tiroid, paratiroid, timus, pankreas, adrenal, ovarium, testis, dan kelenjar pencernaan. Simak dan pahami uraian berikut.

1. Kelenjar Hipofi sis (Pituitari)

Kelenjar hipofi sis terletak pada dasar otak dan di bawah kendali hipotalamus. Di dalam tubuh, ukurannya lebih kurang sebesar kacang ercis. Kelenjar ini seringkali disebut pula sebagai master of gland, sebab hormone yang dihasilkan dapat memengaruhi fungsi endokrin yang lain.

Berdasarkan strukturnya, kelenjar hipofi sis terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian depan (lobus anterior), bagian tengah (intermediet), dan bagian belakang (posterior). Bagian tengahnya hanya dimiliki oleh bayi, sementara pada orang dewasa telah hilang atau tinggal sisanya saja.  Oleh karena itu, pada orang dewasa, kelenjar hipofi sis hanya tersusundua bagian saja yakni bagian depan dan bagian belakang. Berikut dibahas dua bagian kelenjar hipofi sis tersebut.

a. Kelenjar Hipofisis Anterior

Kelenjar hipofisis anterior berkembang dari lipatan langit-langit mulut yang tubuh ke arah otak. Lipatan tersebut akhirnya kehilangan persambung an dengan saluran pencernaan. Bagian depan kelenjar hiposifis ini menghasilkan banyak hormon. Selain itu, berpengaruh juga terhadap berbagai macam organ

Di dalam tubuh, berbagai hormon yang disekresikan kelenjar hipofi sis anterior ini hanya digunakan dengan jumlah tertentu saja. Apabila terlalu berlebihan atau justru kekurangan dapat memberikandampak yang tidak baik bagi tubuh. Misalnya saja, kelebihan hormone somatotrof (hormon pertumbuhan) dapat menyebabkan pertumbuhan raksasa (gigantisme). Selanjutnya, bila kelebihan tersebut terjadi pada waktu dewasa dapat menyebabkan pertumbuhan yang tidak seimbang (akromegali), seperti tulang muka, jari-jari tangan, dan kaki yang membesar. Sebaliknya, bila sekresi hormon pertumbuhan kurang, akibatnya adalah pertumbuhan terhambat atau kekerdilan (kretinisme).

b. Kelenjar Hipofi sis Posterior

Kelenjar hipofi sis posterior merupakan hasil dari perluasan otak. Tepatnya berasal dari perkembangan tonjolan hipotalamus ke arah bawah, ke arah lipatan mulut yang membentuk bagian anterior hipofisis. Hormon yang dihasilkan kelenjar ini ada tiga, yakni vasopresin

(antidiuretic hormone = ADH), pretesin, dan oksitosin. Vasopresin dan pretesin berfungsi mengurangi jumlah air yang hilang dari ginjal saat keluar sebagai urine. Selain itu, kedua hormon tersebut berfungsi menaikkan tekanan darah dengan mengecilkan arteriol. Sementara, oksitosin berperan dalam membantu proses kelahiran dengan kontraksi uterus. Oksitosin juga membantu sekresi susu dari payudara ibu.

2. Kelenjar Tiroid (Kelenjar Gondok)

Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang terletak pada leher, tepatnya pada laring. Kelenjar ini terdiri atas dua lobus yakni sebelah kanan dan kiri laring. Beratnya sekitar 25 g dan kaya akan darah. Hormon terpenting yang disekresikan kelenjar tiroid adalah tiroksin. Hormon tiroksin terbentuk dari asam amino yang mengandung yodium. Bagi tubuh, hormon ini berpengaruh dalam proses metabolisme sel. Selain itu, hormon tersebut juga memengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan diferensiasi jaringan tubuh.

Beberapa penyakit manusia ada yang disebabkan oleh kelenjar tiroid. Kondisi kelebihan hormon tiroid (hipertiroid) dapat menimbulkan gejala hipermetabolisme (morbus basedowi), dengan tanda-tanda meningkatnya detak jantung sehingga muncul gugup, napas cepat dan tidak teratur, mulut menganga, dan mata melebar. Sementara itu, apabila seseorang sebelum dewasa kekurangan hormon tiroid (hipotiroid), tubuhnya dapat mengalami kretinisme (kerdil). Kretenisme ditandai dengan fi sik dan mental penderita yang tumbuh tidak normal.

Pada orang dewasa, kondisi hipotiroid dapat menyebabkan miksedema. Gejala penyakit ini, adalah laju metabolisme rendah, berat badan bertambah, bentuk badan menjadi besar, kulit kasar, dan rambutmudah rontok. Selain penyakit-penyakit tersebut, seseorang juga dapat mengalami pembengkakan kelenjar tiroid karena kekurangan makanan yang mengandung yodium. Penyakit pembengkakan demikian dinamakan gondok.

3. Kelenjar Paratiroid (Anak Gondok)

Kelenjar paratiroid terdiri atas empat struktur kecil yang terdapat pada permukaan kelenjar tiroid. Hormon yang disekresikan kelenjar ini disebut parathormon (PTH). Hormon parathormon berperan dalam pengaturan pemakaian ion kalsium (Ca2+) dan fosfat (PO43+) pada jaringan.

Manusia jarang mengalami hipoparathormon (kondisi kekurangan hormon parathormon). Kalaupun mengalaminya, seseorang dapat kejang otot atau tetani. Sedangkan hiperparathormon (kondisi kelebihan hormon parathormon) dapat menimbulkan berba gai gejala seperti tulang menjadi rapuh, lemah, dan berbentuk abnormal. Selain itu, kadar ion Ca2+ yang berlebihan dalam darah dapat masuk ke air seni dan mengendap bersama ion fosfat. Endapan ini dapat membentuk batu ginjal sehingga menyumbat saluran air seni.

4. Kelenjar Timus

Kelenjar timus merupakan kelenjar hasil penimbunan hormon somatotrof atau hormon pertumbuhan. Pada orang dewasa, kelenjar ini tidak digunakan kembali.

5. Kelenjar Adrenal (Anak Ginjal)

Kelenjar adrenal (glandula adrenal) pada manusia berbentuk sepasang struktur kecil yang terletak di ujung anterior ginjal dan kaya akan darah. Masing-masing struktur kelenjar ini memiliki dua bagian, yakni bagian luar (korteks) dan bagian dalam (medula).

Bagian korteks kelenjar adrenal menghasilkan hormon adrenalin (epinefrin) yang berpengaruh dalam penyempitan pembuluh darah sehingga tekanan darah dan denyut jantung meningkat. Hormon ini juga berperan mengubah glikogen (gula otot) menjadi glukosa (gula darah). Selain itu, hormon adrenalin bersama hormon insulin memengaruhi proses pengaturan kadar gula dalam darah.

Sementara itu, bagian korteks (bagian luar) adre nal mengeluarkan hormon kortin yang tersusun atas kortison dan deoksikortison. Hormon kortin dapat memudahkan perubahan protein menjadi karbohidrat, kemudian juga mengatur metabolisme garam dan air.

Penyakit manusia yang disebabkan oleh kurangnya sekresi hormon ini adalah penyakit Addison. Gejala yang timbul pada penderita penyakit ini antara lain tekanan darah rendah, kelemahan otot, gangguan pencernaan, peningkatan retensi kalium dalam cairan tubuh dan sel, kulit kecoklatan, dan nafsu makan hilang. Penderitanya dapat diobati dengan pemberian hormon kortin melalui mulut atau intramuskular.

6. Kelenjar Pankreas

Kelenjar prankeas dinamakan juga kelenjar Langerhans atau pulau Langerhans. Pulau Langerhans merupakan sekelompok kecil yang tersebar di seluruh pankreas. Sel-sel pulau Langerhans tak terkait dengan saluran pembawa getah pankreas yang menuju duodenum. Namun, sel-sel kelenjar ini sangat kaya akan pembuluh darah.

Sekresi yang dihasilkan dari kelenjar Langerhans yakni hormone insulin, sebuah hormon berbentuk protein yang ditemukan oleh Dr. Frederick Banting pada tahun 1922. Hormon insulin berperan saat proses pengubahan gula darah (glukosa) menjadi gula otot (glikogen) di dalam hati. Sehingga, oleh hormon tersebut, kadar gula darah menjadi turun. Kekurangan hormon insulin pada seseorang dapat menyebabkan penyakit diabetes melitus atau penyakit ken cing manis. Gejala penyakit kencing manis ditandai dengan tingginya glukosa dalam darah yang tinggi. Glukosa yang ada dalam tubuh penderita tidak diubah menjadi glikogen dan lemak, justru sebaliknya glikogen dan lemak yang diubah menjadi glukosa.

Selain hormon insulin, kelenjar Langerhans juga memproduksi hormon guklagon. Hormon guklagon hormon yang berperan dalam mengubah glikogen menjadi glukosa.

7. Kelenjar Kelamin

Kelenjar kelamin disebut pula dengan gonad. Meskipun fungsi utamanya adalah memproduksi sel-sel kelamin, namun kelenjar kelamin juga memproduksi hormon. Kelenjar kelamin laki-laki terdapat pada testis, sementara kelenjar kelamin perempuan berada pada ovarium.

Di dalam testis terdapat sel Leydig yang menghasilkan hormone testosteron atau androgen. Hormon testosteron sangat berpengaruh terhadap proses spermatogenesis (proses pembentukan sperma) dan pertumbuhan sekunder pada laki-laki. Pertumbuhan sekunder pada anak laki-laki ditandai dengan suara menjadi besar, bahu dan dada bertambah bidang, dan tumbuh rambut pada bagian tubuh tertentu misalnya kumis, janggut, cambang, ketiak, dan sekitar kemaluan.

Sementara itu, hormon estrogen dan progesteron disekresikan oleh ovarium. Estrogen dihasilkan oleh folikel de Graff dan dirangsang oleh hormon FSH. Hormon estrogen berfungsi saat pembentukan kelamin sekunder wanita, seperti bahu mulai berisi, tumbuhnya payudara, pinggul menjadi lebar, dan rambut mulai tumbuh di ketiak dan kemaluan. Di samping itu, hormon enstrogen juga membantu dalam pembentukan lapisan endometrium.

Bagi wanita, hormon progesteron berfungsi menjaga penebalan endometrium, menghambat produksi hormon FSH, dan memperlan-car produksi laktogen (susu). Hormon ini dihasilkan oleh korpus luteum dan dirangsang oleh LH.

8. Kelenjar Pencernaan

Kelenjar pencernaan merupakan kelenjar yang terdapat pada sa luran pencernaan. Misalnya saja kelenjar pada lambung dan usus. Pada lambung, kelenjar mensekresikan hormon gastrin, yaitu hormone yang berperan dalam sekresi getah lambung. Sementara hormone sekretin dan hormon kolsistokinin disekresikan oleh kelenjar pada usus. Ma sing-masing fungsi hormon ini adalah merangsang sekresi getah pankreas dan getah empedu.

IKLAN

CV ZAIF ILMIAH (BIRO JASA PEMBUATAN PTK, KARYA ILMIAH, PPT PEMBELAJARAN, RPP, SILABUS, DLL))

Ingin membuat PTK tapi merasa sulit???? Ingin membuat Karya Ilmiah tetapi kesusahan??? Ingin membuat presentasi powerpoint untu pembelajaran merasa sulit dan gaptek????? Ingin membuat RPP dan silabus serta perangkat pembelajaran tetapi susah????? Kini tidak usah bingung lagi ada Pak Zaif yang siap membantu berbagai kesulitan dan kesusahan yang anda hadapi di bidang pendidikan di CV Zaif Ilmiah semua masalah anda di bidang pendidikan akan dibantu, ingin membuat PTK saya bantu, membuat Karya Ilmiah saya bantu, membuat berbagai perangkat pembelajaran saya bantu untuk info lebih lanjut hubungi Contact Person 081938633462 INSYA ALLAH semua kesulitan dan kesusahan anda akan ada solusinya jangan lupa hubungi Pak Zaif di nomer 081938633462 ATAU lewat E-mail di zaifbio@gmail.com. DIJAMIN PTK ATAU KARYA ILMIAHNYA BARU LANGSUNG DIBIKINKAN BUKAN STOK LAMA ATAU COPY PASTE SEHINGGA DIJAMIN ORIGINALITASNYA TERIMA KASIH DAN SALAM GURU SUKSES PAK ZAIF

IKLAN

Ingin kaos bertema PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN?, bosan dengan kaos yang ada?, ingin mengedukasi keluarga atau murid dengan pembelajaran. HANYA KAMI SATU-SATUNYA DI INDONESIA PERTAMA KALI KAOS BERTEMA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN COCOK DIPAKAI UNTUK SEMUA KALANGAN DAN MEMBERI KESAN EDUKASI DAN PEMBELAJARAN DALAM SETIAP PEMAKAIAANYA

Jangan lupa kunjungi web kami di http://os-kaos.com/ untuk melihat berbagai koleksi kaos pendidikan dan pembelajaran dari kami like juga FP kami di https://www.facebook.com/oskaos1745

Fast Respon CP : 081938633462 dan 082331864747

ee9f2fe2-288a-4081-829e-cac8538debd6wallpaper

About these ads

01/13/2010 - Posted by | ANFISMAN

61 Komentar »

  1. hormon tiroksin dibuat dr apa ya. apakah hormon tsb ada dijual bebas dipasaran, harganya berapa kira2 ?
    thanx’s….

    Komentar oleh zaldi | 04/10/2010

  2. hemh…lmyan wat tgs Q nich…He..he… mksh

    Komentar oleh rara | 04/24/2010

  3. Ckp memudahkn bwt ngrj tgs nie..
    Thank’s iy!!

    Komentar oleh Venni | 05/03/2010

  4. makasih brooo :) akhirnya Q bisa ngerjain PENJAS hhohoo

    Komentar oleh uzzam | 05/30/2010

  5. sngadd membantu buatt ngerjaindd tugass…
    hhe

    thankx beratttt

    Komentar oleh anitt | 07/13/2010

  6. bleh jg bwat ngerjain tgs…

    Komentar oleh Jeff | 07/19/2010

  7. thxx..
    akhirnya aqq menegerti ttg hormon..

    Komentar oleh ndha_wed | 09/13/2010

  8. sngt membntu s’x bwt ngerjain tgs biologi

    Komentar oleh yulianti steviani | 10/15/2010

  9. buku biologinya kurang lengkap,,!!kalau bisa dlengkapin lagi donk….!!!!!!!!!!!cause,,aku lagi butuh bnget niiich…and biar lebih semangat lagi belajarx because I LIKE BIOLOGY

    Komentar oleh andra | 11/14/2010

  10. apa sih yag di maksud hormon pertumbuhan ???
    q pusing ni ada tugas ,,,, bisa bantui n gax !!!

    Komentar oleh faqih robs | 07/22/2011

  11. hormon tuhh apa sihh

    Komentar oleh erlin | 07/29/2011

  12. membantu banget buat ngerjain tugas…

    kalau letak hormon tiroksin itu apakah sama dengan letak kelenjar tiroid???
    thanks sebelumnya..:))

    Komentar oleh Mullynanda Pontiaka | 10/23/2011

  13. saya nyari tentang hormon secara keseluruhan…. reply

    Komentar oleh lisndari | 11/13/2011

  14. sangat membantu untuk mencari tugas. makasih ya!

    Komentar oleh @maureensabila | 11/13/2011

  15. yach mantap…..

    Komentar oleh zheb | 11/16/2011

  16. bgmn caranya agar dpt memahami dgn cpat hormon2 yg t’dpt dlm tbuh qt..??

    Komentar oleh Rizka Puspitasari | 12/01/2011

  17. akhirnya,,
    bhan Tgas Q ktmu uG dsnii,,
    mkasiih,,,

    Komentar oleh Mala R'Villa Rangkuti | 12/17/2011

  18. Makasi iaa . .
    , karna dgn membuka situs ne saia jd bnyak tau .. :)

    Komentar oleh Riea Anifa | 02/22/2012

  19. . .sbenernya bgus gak kalo hormon dlam tbuh kita keluar?.
    . .berapa % hormon yang ada dlm tbuh kita?

    Komentar oleh Deani | 02/29/2012

  20. . . .Sbnernya hormon itu bgus gak bwat pertmbhan dan perkembngn manusia?
    Terus berap persen sih hormon yg ada dlm tbuh manusia? . .

    Komentar oleh Deani | 02/29/2012

  21. trim’s info.y
    saya jadi ada pengetahuan tambahan

    Komentar oleh Ghina Draemon Kikkukikuk | 03/16/2012

  22. aq mW nNx,,
    khan pda hormon ovarium dan testis sseorg hrus bsa mmpunyai hormon yg normal tugh,, nagh prtax z apa segh yang mnyebabkan shingga ad sseorg yg mmpunyai hormon yg brlebihan dan ada jg yg mmiliki hormon yg sdikit???????????? shingga mrangsang drix mnjadi tdk normal…

    Komentar oleh ekhy | 04/01/2012

  23. sangat membantu gan, thanks….

    Komentar oleh Garai | 04/22/2012

  24. Suksma infonya

    Komentar oleh wicaksana | 04/23/2012

  25. makasih gan, ngebantu banget nih

    Komentar oleh rifqi | 05/02/2012

  26. Mkch ia udh bntu bwt tgs Qu..snank bgt dch rsa’y..:-D

    Komentar oleh Seprina riska hanggraini | 05/15/2012

  27. Thx ya
    dgn s2s ini saya bz nyelesain tgs bio

    Komentar oleh Juan | 05/19/2012

  28. istilah biologi tentang hormon apa sii

    Komentar oleh fachryyy | 05/21/2012

  29. terimakasih

    Komentar oleh jul | 05/24/2012

  30. CARA JITU CEPAT LULUS TES TPA Oto BAPPENAS, PSIKOTES, TOEFL UJIAN SARINGAN MASUK CPNS/BUMN, S2 (PASCA SARJANA) UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN, UI INTERNATIONAL (PASTI BISA)
    SPESIALIS PELATIHAN TPA/PSIKOTES/ TOEFL UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN,UI INTERNATIONAL
    Ijin no:3789/PLSM/ I-133/VII/ 1995

    CARA JITU, CEPAT LULUS TES TPA, PSIKOTES &TOEFL (PASTI BISA)!
    Kami adalah Spesialis pelatihan TPA (Test Potensi Akademik)/PSIKOTES dan TOEFL memberikan pelayanan jasa pelatihan TPA dan TOEFL. Adapun pelatihan TPA, PSIKOTES dan TOEFL merupakan persyaratan Mutlak bagi Bapak/Ibu guna untuk mengikuti:
    – Tes Kenaikan Jabatan / Pangkat untuk CPNS dan BUMN
    – Tes untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang S1,Pasca Sarjana S2 untuk UMUM.
    – MEMBANTU REKAN-REKAN MAHASISWA/UMUM AGAR LULUS PSIKOTES DAN WAWANCARA KE PERUSAHAAN OIL AND GAS, BANK- BANK,CPNS, SERTA PERUSAHAAN MULTI NASIONAL LAINNYA DI SELURUH INDONESIA(SUDAH TERBUKTI).
    Note:
    – Biaya Belajar di Bayar di Muka

    HUBUNGI KAMI di:
    LYSSA,ST,MM / 021.71136838/ 0813 1879 2677
    Wisma Metropolitan 2,World Trade Centre, Jl. Jendral Sudirman,Jakarta

    Komentar oleh lyssa, ST,MM | 07/01/2012

  31. mskie ea… bgi sya pnjelasn ini sngt membntu..

    Komentar oleh wulan purnama | 08/12/2012

  32. kalo jenis-jenis hormon pada manusia ada apa aja sih.?sama terjemahan nya.

    makasiih

    Komentar oleh chintya nabilla | 08/27/2012

  33. thanks ya..
    benr” membantu,,

    Komentar oleh fenny | 08/28/2012

  34. terma kasih ilmu.y !!

    Komentar oleh Dany | 08/31/2012

  35. kurang lengkap…:)

    Komentar oleh cuplis sie aselole | 08/31/2012

  36. makasih yaa udah bantuin tugas aku ;) sangat membantu deh

    Komentar oleh Dyanra Salsabilla Maharani | 09/02/2012

  37. makasih ya udah bantu ngerjain tugas …. :)

    Komentar oleh shala sabila | 09/02/2012

  38. Pengertian’a lengkap

    Komentar oleh Nia damayanti | 09/13/2012

  39. thks, sekarang tugas ku sudah selesai

    Komentar oleh yurian | 09/22/2012

  40. thanks mmbntu mngrjkn tgas.,

    Komentar oleh fanira | 10/07/2012

  41. tx y. tgas gue dh selesai

    Komentar oleh inten | 10/13/2012

  42. mau tinggi liat di sini

    Komentar oleh AriLeeMinHoo | 10/28/2012

  43. 1. hormon apa saja yang dibentuk oleh hormo hipofise?
    2. hormon apa saja yang terdapat di tubuh manusia?

    Komentar oleh Reko cristiano | 11/10/2012

  44. Lumayan Buat ngerjain Tugas IPA !!! :D

    Komentar oleh Brantita Rudhias Wandira | 11/10/2012

  45. makasih infonya berguna banget. di blog ini mudah dimengerti dan ringkas pengulasannya :)

    Komentar oleh elsyifa98 | 11/11/2012

  46. Makasih atas infonya ini berguan banget buat saya :D

    Komentar oleh Authorize.Net | 11/18/2012

  47. thank’s sangat membantu..^_^

    Komentar oleh Tn.J. Nato | 12/05/2012

  48. thank

    Komentar oleh wahyu ms | 12/17/2012

  49. [...] dan besi. Pada kelompok pertama dan kedua, semua anak diberi 200 mg oral iodine dalam minyak. TSH (thyroid Stimulation Hormon, IU (iodine concentration), T4, dan volume kelenjar thyroid diambil [...]

    Ping balik oleh Interaksi Yodium dengan Zat gizi lain | SherlyWulan | 01/06/2013

  50. Mantab Cooyyy….
    Sangat membantu!
    Makasih ya, semoga menjadi amal ibadah penjelasannya.
    Amiiiin.

    Komentar oleh Azzam Habib Alfath | 03/29/2013

  51. Klu kelebihan hormon bikin kita jerawatan terus , tu hormon ap

    Komentar oleh Ericha | 03/31/2013

  52. sangat manfaat

    Komentar oleh abdus sani | 07/09/2013

  53. bermanfaat benget deh…

    dpt ilmu….
    tgs jg udh kelar..
    THX ya….

    Komentar oleh keny | 07/22/2013

  54. apa sih nama dari penyakit kelebihan hormon dan kekurangan hormon?

    Komentar oleh Rebecca Fredericca .S. | 08/18/2013

  55. kurang lengkap.
    tapi lumayan buat nambahi tugas.thx y

    Komentar oleh silvia | 08/29/2013

  56. terimakasih pelajarannya, berguna untuk tugas dari guru saya :D

    Komentar oleh ririn8park | 09/06/2013

  57. tugas q selesai deh . Ok lanjut postingnya

    Komentar oleh Nicko | 09/30/2013

  58. thank’z ats informasinya..

    Komentar oleh Adityabiie | 10/05/2013

  59. Makasih kka, akhir nya tugas Biologi saya s’lesai juga ;)

    Komentar oleh Kartika | 10/08/2013

  60. penyakit / kelainan yang diakibatkan kelebihan hormon vasopresin ???

    Komentar oleh oppy123 | 10/21/2013

  61. kelenjar hipotalamus ntu apa sih.?
    hrm0n yg dhsilkan apa?
    dan fngsinya apa?
    tlong dbntu ya..

    Komentar oleh fikryy | 11/08/2013


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 944 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: